Raja Norwegia Dirawat di Rumah Sakit Selama Liburan di Malaysia: Penyebab dan Kabar Terbaru

indotim.net (Rabu, 28 Februari 2024) – Raja Norwegia, Harald V, harus dilarikan ke rumah sakit saat sedang berlibur di Malaysia. Tindakan ini diambil karena Raja Harald dilaporkan mengalami infeksi yang memerlukan perawatan medis segera.

Informasi terbaru dari Kerajaan Norwegia menyebutkan bahwa Raja Norwegia harus dirawat di rumah sakit saat sedang berlibur di Malaysia. “Raja dirawat dengan baik oleh petugas medis Malaysia dan Norwegia,” demikian bunyi keterangan resmi yang dilansir oleh AFP pada Rabu (28/2/2024).

Raja Harald Norwegia, yang saat ini berusia 87 tahun, mengalami masalah kesehatan saat sedang berlibur di Malaysia bulan Februari ini. Beliau merupakan raja tertua yang masih memegang kekuasaan di Eropa.

Raja Harald tercatat menderita sejumlah masalah kesehatan beberapa waktu terakhir. Dia pernah menjalani operasi jantung dan mengalami masalah pernapasan serta infeksi.

Saat berlibur di Malaysia bulan lalu, Harald, Raja Norwegia, mengambil cuti dari tugasnya. Ia dilaporkan menderita sakit infeksi saluran pernapasan yang membuatnya harus dirawat di rumah sakit.

Isu terkait kemungkinan Raja Harald turun tahta mulai mencuat di tengah masyarakat. Spekulasi ini semakin santer menyusul pengumuman dari Ratu Margrethe II di Denmark yang merupakan sepupu jauh Harald, bahwa beliau akan mengundurkan diri pada akhir tahun sebelumnya.

Meski sedang berjuang melawan sejumlah penyakit, Raja Harald tetap kukuh memegang jabatannya. Beliau telah dengan tegas menyatakan komitmen untuk terus menjalankan tugasnya sebagai Raja Norwegia selama sisa hidupnya.

Saat sedang berlibur di Malaysia, Raja Norwegia tiba-tiba harus masuk rumah sakit. Hal ini mengejutkan banyak pihak, terutama bagi warga Norwegia yang khawatir dengan kondisi kesehatan sang Raja.

“Saya berpegang pada apa yang selalu saya katakan, bahwa saya bersumpah kepada Storting (parlemen) dan itu seumur hidup,” ungkap Harald seperti yang dilansir oleh media Norwegia.

READ  Strategi Terbaru AHY untuk Memenangkan Prabowo dalam Satu Putaran

Setelah menjalani perawatan di Malaysia, Raja Norwegia, Harald V, harus dirawat di rumah sakit di tengah liburannya. Kondisi kesehatannya belum dijelaskan secara detail.

Selama Harald V mendapat perawatan, tugas sebagai Raja Norwegia akan diemban oleh Putra Mahkota, Haakon, yang saat ini berusia 50 tahun. Keputusan tersebut diambil agar pemerintahan tetap berjalan lancar meskipun sang Raja sedang sakit.

Kesimpulan

Raja Norwegia, Harald V, harus dirawat di rumah sakit saat berlibur di Malaysia karena infeksi yang memerlukan perawatan medis. Meskipun spekulasi turun tahtanya muncul, Harald tetap komitmen memegang jabatan. Putra Mahkota Haakon mengemban tugas Raja selama Harald mendapat perawatan.