Prabowo Terima Pangkat Jenderal TNI Yang Istimewa dan Menarik Perhatian

indotim.net (Rabu, 28 Februari 2024) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan pangkat istimewa Jenderal TNI (HOR) kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Prabowo merespons penghargaan tersebut dengan mengatakan bahwa amanah tersebut terasa berat baginya.

Prabowo, dengan tatapan serius, mengungkapkan pikirannya, “Kayaknya berat ya,” usai menghadiri acara Rapim TNI Polri 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu (28/2/2024). Dengan tegas, Prabowo menunjuk pangkat bintang 4 yang tersemat di pundaknya.

Upacara penyerahan pangkat istimewa berlangsung di Gor Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu (28/2). Prabowo Subianto menerima penghargaan langsung dari Presiden Joko Widodo dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri 2024.

“Terakhir, dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin sampaikan penganugerahan kenaikan pangkat istimewa berupa Jenderal TNI kehormatan kepada Bapak Prabowo Subianto,” ujar Jokowi di akhir sambutannya.

“Penganugerahan ini merupakan bentuk penghargaan yang luar biasa. Penghargaan ini sekaligus sebagai peneguhan atas komitmen saya untuk melayani dengan sepenuh hati rakyat, bangsa, dan negara. Saya mengucapkan selamat kepada Jenderal Prabowo Subianto,” tambahnya dengan penuh rasa hormat.

Setelah Jokowi menanggalkan pangkat Prabowo sebelumnya, ia memberikan pangkat baru kepada Prabowo. Keduanya kemudian saling memberi hormat.

Kehadiran Prabowo Subianto dalam upacara pengukuhan pangkatnya menjadi Jenderal TNI (HOR) menimbulkan kehebohan. Ia secara resmi dinaikkan pangkatnya sesuai dengan Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024 yang membahas Penganugerahan Pangkat Secara Istimewa Berupa Jenderal TNI Kehormatan.

Dalam Rapim TNI-Polri tersebut, turut hadir KSP Moeldoko, Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Tak ketinggalan pula hadir Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Mohammad Ali, serta Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

READ  {Kenali Perbedaan Jalur dan Lajur di Jalan, Penting untuk Keselamatan!}

Kesimpulan

Presiden Joko Widodo memberikan pangkat istimewa Jenderal TNI (HOR) kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang disambut dengan rasa berat dan tanggung jawab oleh Prabowo. Pengukuhan tersebut terjadi dalam Rapim TNI-Polri 2024 yang dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, seperti KSP Moeldoko dan Panglima TNI. Kehadiran Prabowo dalam acara tersebut menarik perhatian dan menjadi bahan pembicaraan, menandai momen bersejarah dalam kariernya.