Update Terkini Banjir 11 Ruas Jalan di DKI Jakarta, Termasuk Kelapa Gading-Yos Sudarso

indotim.net (Kamis, 29 Februari 2024) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah mengupdate data terbaru terkait ruas jalan yang mengalami genangan akibat hujan. Sebanyak 11 ruas jalan dilaporkan tergenang di daerah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, termasuk di antaranya wilayah Kelapa Gading.

Data tersebut berasal dari pembaruan Kamis (29/2/2024) pada pukul 07.00 WIB yang diterima dari Pusat Data Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta. Daerah genangan air mengalami peningkatan dari 5 ruas jalan menjadi 11 ruas jalan.

“Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Kamis (29/02), sejumlah ruas jalan di ibu kota tergenang. Informasi yang dihimpun dari BPBD menunjukkan bahwa saat ini terdapat 11 ruas jalan yang mengalami genangan di DKI Jakarta,” ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji.

Pada pagi hari ini, terdapat genangan air di sejumlah wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara dengan ketinggian mencapai 10-40 cm. Berikut adalah data mengenai wilayah yang terdampak:

1. Jalan Percetakan Negara II, Johar Baru, Jakarta Pusat, ketinggian: 10 cm

2. Jalan Cempaka Putih Raya (Rumah Makan Shukaku), Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat, ketinggian: 40 cm

3. Jalan Letjen Suprapto, Cempaka Baru, Jakarta Pusat, ketinggian: 30 cm

4. Jalan Cempaka Putih Tengah, Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, ketinggian: 40 cm

5. Jalan Yos Sudarso, Sunter Jaya, Jakarta Utara, ketinggian: 20 cm

6. Jalan Danau Indah Raya, Sunter Jaya, Jakarta Utara, ketinggian: 20 cm

7. Jalan Raya MOI, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, ketinggian: 15 cm

8. Jalan Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, ketinggian: 25 cm

READ  Mobil BMW Terbakar di Mal Jakpus karena Mesin Overheat, Kini Padam Setelah Aksi Pemadam Kebakaran

9. Jalan Kelapa Hibrida, Pegangsaan Dua, Jakarta Utara, ketinggian: 25 cm

10. Jalan Boulevard Raya (Depan MKG), Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, ketinggian: 25 cm

11. Jalan Biru Laut, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, ketinggian: 15 cm

Pasca hujan deras yang mengguyur Jakarta, BPBD DKI telah mengambil langkah dengan mengerahkan personelnya guna memantau kondisi genangan air di berbagai ruas jalan, termasuk di antaranya adalah daerah Kelapa Gading-Yos Sudarso. Upaya ini melibatkan koordinasi dari berbagai unsur, seperti Dinas SDA, Dinas Bina Marga, dan Dinas Gulkarmat, untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan aliran air lancar. Para lurah, camat, serta masyarakat setempat juga turut berperan dalam memastikan kelancaran proses penanganan genangan ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi genangan air. Apabila dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon darurat 112. Layanan tersebut tersedia 24 jam nonstop dan tidak dikenakan biaya.

Saksikan siaran langsung DetikPagi untuk mendapatkan informasi terkini mengenai banjir di DKI Jakarta.

Lihat juga Video: Arus Lalin Pantura Demak-Kudus Lumpuh Total gegara Banjir

Kesimpulan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah melaporkan terjadinya genangan air di 11 ruas jalan di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, termasuk Kelapa Gading-Yos Sudarso, akibat hujan deras. Ketinggian genangan mencapai 10-40 cm, dan BPBD DKI Jakarta telah melakukan langkah penanganan dengan mengerahkan personel dan koordinasi antarinstansi. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi genangan air dan dapat menghubungi nomor darurat 112 dalam keadaan darurat. Di samping itu, saksikan DetikPagi untuk informasi terkini mengenai situasi banjir di DKI Jakarta.

READ  5 Ruas Jalan Jakarta Tergenang, Air Mencapai 25 Cm, Situasi Kritis!