Mutasi Polri: AKBP Ihram Dipromosikan Menjadi Kapolres Mojokerto, AKBP Wahyudi Menjadi Wakapolres Jakarta Utara

indotim.net (Kamis, 29 Februari 2024) – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi jabatan beberapa perwira menengah. Salah satunya adalah AKBP Ihram Kustarto yang kini resmi diangkat sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Mojokerto di lingkungan Polda Jawa Timur.

Mutasi tersebut diumumkan melalui surat telegram Kapolri dengan nomor ST/429/II/KEP/2024 pada Kamis (29/2/2024). Surat tersebut ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Agus Andrianto atas nama Kapolri.

AKBP Ihram resmi menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Mojokerto menggantikan AKBP Wahyudi yang kini menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Jakarta Utara.

Sebelum penugasannya di Mojokerto, AKBP Ihram sebelumnya bertugas sebagai Kepala Urusan 5 Subdirektorat I Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri.

Sementara itu, AKBP Wiraga Dimas Tata sebelumnya menjabat sebagai Wakapolres Jakut. Kini, AKBP Wiraga menduduki jabatan baru sebagai Asesor SDM Kepolisian Madya Tingkat III SSDM Polri.

Selain itu, terjadi rotasi jabatan di jajaran perwira tinggi Polri. Salah satunya adalah Brigjen Pudji Prasetijanto Hadi yang telah dipercayakan untuk menjabat Kapolda Gorontalo.

Brigjen Pudji kini menduduki posisi Kapolda Gorontalo menggantikan Irjen Angesta Romano Yoyol yang beralih tugas sebagai rangka pensiun. Sebelumnya, Brigjen Pudji menjabat sebagai Wakapolda Gorontalo.

Posisi yang sebelumnya ditempati oleh Brigjen Pudji kini dipegang oleh Brigjen Simson Zet Ringu. Brigjen Simson sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Intelijen Densus 88 Antiteror Polri.

Brigjen Tubagus Ami Prindani sekarang menempati posisi yang sebelumnya dipegang oleh Brigjen Simson. Sebelumnya, Brigjen Tubagus menjabat sebagai Dircegah Densus 88 Antiteror Polri, dan kini posisinya digantikan oleh Kombes John Weynart Hutagulung.

Selain itu, Irjen Jan de Fretes, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sulut, akhirnya dimutasi karena sudah memasuki masa pensiun. Dalam posisi yang ditinggalkan Irjen Jan, kini diisi oleh Brigjen Bahagia Dachi.

READ  Potret Massa Protes di Depan Gedung DPR Siang Hari Ini

Kesimpulan

Sejumlah perwira Polri mengalami mutasi jabatan, termasuk AKBP Ihram yang dipromosikan menjadi Kapolres Mojokerto dan AKBP Wahyudi yang menjadi Wakapolres Jakarta Utara. Rotasi jabatan ini merupakan bagian dari upaya Kapolri untuk menyusun struktur organisasi yang lebih efektif dalam menjalankan tugas kepolisian di berbagai daerah di Indonesia.