4 Fakta Menarik Tentang Kebakaran Kapal Pesiar di Raja Ampat

indotim.net (Sabtu, 02 Maret 2024) – Kapal pesiar yang mengangkut 23 penumpang terbakar di Perairan Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya. Beruntung, seluruh penumpang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Di antara puluhan penumpang tersebut, terdapat 9 orang yang merupakan wisatawan asing.

Lalu, bagaimana kebakaran kapal pesiar di Raja Ampat ini bermula? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Kronologi Kebakaran Kapal Pesiar di Raja Ampat

Menurut informasi dari sumber terpercaya, kapal pesiar The Oceanic yang membawa 23 penumpang mengalami insiden kebakaran di perairan antara Arborek dan Pulau Mansuar, Kabupaten Raja Ampat pada Jumat (1/3/2024) sekitar pukul 13.10 WIT. Ke-23 wisatawan telah dievakuasi dan saat ini dalam kondisi selamat.

“Iya benar (Kapal Oceanic terbakar),” ungkap Kepala Basarnas Sorong, Amiruddin, pada Jumat (1/3/2024).

Pada kesempatan tersebut, Ahok menjelaskan bahwa “Semua penumpang kapal pesiar yang terlibat dalam kebakaran telah dievakuasi dengan selamat oleh masyarakat setempat ke pulau Arborek,”

Amiruddin memaparkan informasi bahwa dugaan sementara menyebutkan api berasal dari kamar mesin kapal pesiar.

“Peristiwa kebakaran kapal pesiar di Raja Ampat bermula dari kamar mesin,” ungkap Amiruddin, nakhoda kapal, saat memberikan informasi dari lapangan.

2. Penyebab Kebakaran Masih Dalam Penyelidikan

Kepala Basarnas Sorong, Amiruddin, menyatakan bahwa hingga saat ini penyebab kebakaran di kamar mesin belum diketahui. Pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan terhadap insiden tersebut.

“Penyebab kebakaran tersebut akan diselidiki lebih lanjut oleh pihak yang berwenang untuk memastikan asal muasalnya. Namun, yang pasti api berasal dari kamar mesin,” ungkap narasumber.

READ  10 Ide Tanaman Indoor yang Kreatif

Selain itu, Amiruddin memastikan bahwa sejumlah ruangan kapal sudah hangus terbakar. Saat ini, tim gabungan masih melakukan penyelidikan di kapal pesiar tersebut.

“Kondisi kapal informasi yang kami dengar sudah setengah terbakar mulai dari anjungan, dek atas sampai ke kamar mesin sudah habis terbakar. Tim kami masih di lokasi dengan beberapa unsur,” ungkapnya.

3. Terdapat 9 Turis Asing

Informasi dari Basarnas mengungkapkan bahwa Kapal Pesiar The Oceanic mengalami kebakaran di Raja Ampat, Papua Barat Daya. Data dari Basarnas Sorong menunjukkan bahwa terdapat 9 turis asing yang terlibat, dimana 5 di antaranya berasal dari Amerika Serikat, 3 dari Spanyol, dan 1 dari Australia.

“Iya, jumlah turisnya hanya 9 orang, sesuai dengan data manifes dari kapal,” ungkap Kepala Basarnas Sorong, Amiruddin, pada Jumat (1/3/2024).

Mengutip sumber terkait, terdapat 8 orang yang merupakan awak kapal, termasuk juga penumpang yang sekaligus bertindak sebagai pemandu wisatawan.

“Jadi awak kapalnya terdiri dari 8 orang, 1 cruis master, 3 orang dive master, dan 2 guide,” jelasnya.

4. Informasi Mengenai 23 Penumpang

Menurut data yang diperoleh dari Basarnas Sorong, tercatat terdapat 23 penumpang di Kapal Pesiar The Oceanic yang mengalami kebakaran di perairan Raja Ampat. Berikut adalah identitas mereka.

– Memiliki Penumpang Turis Asing

  1. Valerie Gilbert (Amerika)
  2. Phil Janasz asal (Amerika)
  3. Megan Lunquist (Amerika)
  4. Laura Lundy (Amerika)
  5. Tahnee Gul (Australia)
  6. Anna Fernandez Sabio (Spanyol)
  7. Heidi Daugherty (Amerika)
  8. Juan Redondo Marchena (Spanyol)
  9. Nuria Gonzalez Sanchez (Spanyol)

– Cruisemaster

  1. Angel Martin Lopez (Spanyol)

– Angel merupakan seorang Divemaster yang berpengalaman dalam menyelam di perairan Raja Ampat. Keahliannya dalam mengatur keselamatan selama menyelam menjadi nilai tambah yang sangat berharga bagi para turis yang menyukai diving di wilayah tersebut.

  1. Danang Priambodo (Indonesia)
  2. Sudirman (Indonesia)
  3. Ivandly Bermalan (Indonesia)
READ  Airlangga Ajak Rakyat NTT Dukung Jokowi dan Golkar, Sukses Pilkada NTT

– Pemandu

Dalam kejadian tragis yang melibatkan kebakaran kapal pesiar di Raja Ampat, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui. Berikut adalah 2 dari 4 nama awak kapal yang telah diidentifikasi, yaitu:

  1. Diki Riski Luas (Indonesia)
  2. Ardialang HR (Indonesia)

Informasi ini tentu saja menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi keluarga dan kerabat mereka.

Pasca kebakaran di kapal pesiar di Raja Ampat, terungkap 8 nama kru penyelamat yang sangat berjasa dalam evakuasi penumpang. Mereka adalah:

  1. Mustaning (Nakhoda)
  2. Sampe
  3. Salahuddin
  4. Deni A. Purba
  5. Arismamanto
  6. Junaedi
  7. Danang
  8. Johanes A. Ratno

Kesimpulan

Insiden kebakaran kapal pesiar di Raja Ampat yang melibatkan kapal pesiar The Oceanic yang membawa 23 penumpang, termasuk 9 turis asing, berhasil dievakuasi dengan selamat. Kronologi kebakaran kapal masih dalam penyelidikan, dimana api dugaan berasal dari kamar mesin kapal. Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti dan tim penyelidik sedang berusaha menemukan akar permasalahan. Data penumpang dan awak kapal pun telah diidentifikasi, memicu keprihatinan bagi keluarga dan kerabat mereka serta mengapresiasi kru penyelamat yang berperan dalam evakuasi.