Program MAN Insan Cendekia Segera Hadir di Sumedang, Daftar Mulai Juni 2024

indotim.net (Senin, 04 Maret 2024) – Kementerian Agama (Kemenag) merencanakan pembukaan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) di Sumedang, Jawa Barat. Upaya akselerasi telah dilakukan guna memastikan sekolah ini siap membuka pendaftaran pada tahun ini.

MAN Insan Cendekia adalah madrasah unggulan di bawah Kemenag dengan kurikulum integrasi Kemendikbudristek, Kemenag, pesantren, dan Saintek. Memberikan persiapan lulusan yang berlandaskan Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), sekolah ini juga mendorong siswa untuk menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Sekarang, terdapat 24 MAN IC yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia seperti Banten, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, dan Sumatera Selatan namun belum hadir di Jawa Barat.

Kesiapan langkah strategis percepatan pendidikan MAN IC Sumedang Jawa Barat tahun 2024 telah disiapkan. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Muchamad Sidik Sisdiyanto, menyampaikan hal ini dalam laman Kemenag pada Senin (4/3/2024).

Menurut Sidik, Direktorat KSKK Madrasah telah menggelar rapat koordinasi dengan Direktorat GTK Madrasah dan Kanwil Kemenag Jawa Barat pada Januari 2024. Rapat tersebut bertujuan membahas langkah strategis untuk mewujudkan MAN IC Sumedang dengan cepat.

“Kami telah menyurvei kesiapan tiga lokasi kampus darurat sementara untuk pelaksanaan MAN IC Sumedang Jawa Barat di tahun pertama,” jelas Sidik.

Tiga lokasi itu adalah Yayasan Nurul Budiman Majalengka, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) PUI Center, dan Balai Diklat Bandung.

“Hasil komunikasi awal, tempat yang representatif adalah Balai Diklat Bandung. Rencana penggunaannya juga sudah disetujui oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag,” sebut Sidik.

PPDB Dibuka Juni 2024

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) akan dibuka pada Juni 2024 melalui skema khusus. Saat ini, Kemenag akan membuka pendaftaran guru dan tenaga pendidik pada Maret 2024.

READ  Ketentuan KUA untuk Pencatatan Nikah Multireligi, HNW: Hindarkan Potensi Konflik

“Kami juga akan melaksanakan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Khusus untuk MAN IC Sumedang Jabar dengan skema khusus. Rencananya, penerimaan siswa baru akan dibuka pada bulan Juni 2024,” ujar Sidik.

Langkah selanjutnya adalah proses pengolahan lahan untuk pembangunan. Menurut Sidik, proses sertifikasi tanah atas nama Pemda Jabar telah dimulai. Tahapan selanjutnya akan melibatkan sertifikasi tanah atas nama Kemenag yang diharapkan selesai pada bulan Maret 2024.

Menindaklanjuti rencana tersebut, Sidik menyatakan, “Jika semua sudah beres, kita segera ajukan pengajuan Pendirian MAN IC Sumedang Jabar ke Kemenpan RB pada April 2024.”

“Pembangunan gedung belajar MAN IC Sumedang menggunakan dana sebesar Rupiah Murni dengan target dimulai pada bulan Juli 2024,” jelasnya.

Kesimpulan

Program pembukaan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) di Sumedang, Jawa Barat oleh Kementerian Agama (Kemenag) telah mencapai tahapan akselerasi yang menjanjikan. Dengan kurikulum integrasi yang menekankan Keimanan dan Ketakwaan serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sekolah unggulan ini segera membuka pendaftaran untuk siswa baru pada bulan Juni 2024 melalui skema khusus. Langkah-langkah strategis telah dipersiapkan, termasuk proses sertifikasi lahan dan pengajuan pendirian, dengan pembangunan gedung belajar yang dijadwalkan dimulai pada bulan Juli 2024.