Brantas Abipraya Mempercepat Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Bagian 3

indotim.net (Senin, 04 Maret 2024) – PT Brantas Abipraya (Persero) sedang mempercepat pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 di Provinsi Jambi. Proyek ini telah dimulai sejak Mei 2023 dan diproyeksikan selesai pada bulan Juni 2024.

Jalan Tol sepanjang 15.40 kilometer ini merupakan bagian vital dari Jalan Tol Trans Sumatera, yang menjadi jalur penting penghubung Pulau Sumatera. Ruas jalan tol ini menjadi komponen utama dalam upaya mengurangi durasi perjalanan antara Jambi dan Lampung, sehingga percepatan pembangunan menjadi hal yang sangat diperlukan.

“Melalui proyek ini, Brantas Abipraya berupaya berkontribusi penuh dalam peningkatan infrastruktur jalan tol di Indonesia, khususnya di Sumatera. Kami optimis pengerjaan tol ini dapat tuntas tepat waktu, tentunya dengan menerapkan K3 di lingkungan proyek,” ujar Direktur Utama Brantas Abipraya Sugeng Rochadi dalam keterangan tertulis, Senin (4/3/2024).

Sugeng berharap bahwa kehadiran Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 di Provinsi Jambi dapat secara signifikan meningkatkan konektivitas antara Sumatera Selatan dan Jambi. Selain itu, tol ini diharapkan mampu mengurangi biaya logistik, memperpendek waktu perjalanan hingga 50%, serta merangsang pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah.

Sementara itu, Direktur Operasi I Brantas Abipraya Muhammad Toha Fauzi menambahkan dalam pelaksanaan proyek jalan tol Betung-Tempino-Jambi Seksi 3 ini, Brantas Abipraya bekerja sama dengan dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Konstruksi lainnya.

Pada bagian sebelumnya, telah dijelaskan tentang rencana pekerjaan dalam proyek Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3. Kini, fokus pekerjaan tertuju pada Seksi 3 yang mencakup berbagai aspek pembangunan infrastruktur jalan.

Lingkup pekerjaan pada Seksi 3 tersebut termasuk pembangunan jalan utama dengan panjang 14,693 kilometer, pembangunan jalan akses (exit tol) sepanjang 1,800 kilometer, pembangunan pile slab sejauh 3,2 kilometer, perencanaan dan pembangunan interchange di satu lokasi, pengadaan Overpass di dua lokasi berbeda, serta pembangunan underpass juga di dua lokasi berbeda.

READ  Makin Agresif Serangan AS Terhadap Houthi di Yaman

Brantas Abipraya berkomitmen untuk mempercepat proyek Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3. Selain itu, perusahaan ini juga turut mendorong implementasi percepatan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).

Usaha ini tak hanya fokus pada proyek jalan tol, namun juga memajukan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) serta optimalisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam setiap tahapan pengerjaan proyek tersebut.

Brantas Abipraya akan terus mendukung dan berkontribusi penuh untuk mempercepat peningkatan PDN. Hal ini dibuktikan melalui konsistensi dalam peningkatan pemanfaatan proyek dalam negeri, dengan mengoptimalisasi TKDN di proyek Tol Betung-Tempino-Jambi Seksi 3 sebesar 88.43%,” pungkas Sugeng.

Kesimpulan

PT Brantas Abipraya terus mempercepat pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 di Provinsi Jambi sebagai bagian penting dari Jalan Tol Trans Sumatera. Dengan komitmen penuh dalam meningkatkan infrastruktur jalan tol di Indonesia, Brantas Abipraya optimis proyek ini akan selesai tepat waktu pada bulan Juni 2024. Peningkatan konektivitas antara Sumatera Selatan dan Jambi serta upaya mengurangi biaya logistik dan memperpendek waktu perjalanan menjadi tujuan utama proyek ini, dengan memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN). Usaha ini juga membawa dampak positif dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) serta optimalisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam pembangunan jalan tol tersebut.