Pabrik Gemuk Shell Terbesar Ketiga di Dunia Akan Dibangun di Bekasi

indotim.net (Senin, 04 Maret 2024) – Shell Indonesia mengumumkan rencana pembangunan pabrik gemuk atau Grease Manufacturing Plant (GMP) pertama di Indonesia. Mereka mengklaim fasilitas produksi tersebut akan menjadi yang terbesar ketiga di dunia.

Pabrik gemuk Shell akan dibangun di Marunda, Bekasi, Jawa Barat untuk melengkapi pabrik pelumas atau Lubricants Oil Blending Plant (LOBP) milik Shell.

Jason Wong selaku Global Executive Vice President Shell Lubricants mengungkapkan, “Kebutuhan konsumen Indonesia akan pelumas terus tumbuh dari waktu ke waktu, termasuk gemuk atau grease. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kami memutuskan untuk mendirikan pabrik di Tanah Air.”

Investasi Shell di Indonesia menegaskan komitmen mereka untuk menjadikan kebutuhan pelanggan sebagai fokus utama bisnis. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat semakin menekankan pentingnya produk pelumas, termasuk gemuk (grease), untuk mendukung perkembangan berbagai sektor industri,” ujar Jason Wong di Jakarta, Senin (4/3).

“Sebagai bagian dari komitmen Shell untuk menjaga kualitas produk dan pelayanan, pabrik gemuk terbesar ketiga di dunia ini akan menjaga keberlangsungan pasokan bagi pelanggan kami,” ungkap perwakilan Shell.

Dengan memastikan ketersediaan produk yang konsisten, efisien, dan berkelanjutan, proyek ini dirancang untuk memastikan keberlanjutan operasional Shell di masa depan.

Shell bangun pabrik gemuk di Indonesia. Foto: Septian Farhan Nurhuda

Setelah tahapan pembangunan selesai, pabrik terbaru milik Shell di Indonesia direncanakan akan memiliki kapasitas produksi hingga 12 juta liter gemuk per tahun. Langkah ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan produk gemuk kelas premium yang terus meningkat di pasar Indonesia.

Pabrik tersebut juga akan menerapkan penggunaan teknologi mutakhir, termasuk contact reactor untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi produksi. Sementara produk gemuk yang akan diproduksi merupakan merek Shell Gadus yang kerap dipakai untuk bearing dan roda gigi.

READ  Menantang Kecepatan Di Lomba Powerboat Toba

Shell bangun pabrik gemuk di Indonesia. Foto: Septian Farhan Nurhuda

Pabrik tersebut akan memiliki kemampuan untuk memproduksi produk gemuk dalam berbagai jenis kemasan seperti drum, ember (pail), dan kantung cairan (fluid bag) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dari berbagai industri termasuk manufaktur umum, pulp dan kertas, baja, peleburan, listrik, armada, konstruksi, dan pertambangan.

Sayangnya, ketika ditanya kapan pabrik tersebut mulai beroperasi, pihak Shell belum bisa menjawabnya dengan pasti. Mereka hanya memastikan, pengumuman operasional pabrik akan disampaikan dalam waktu dekat.

Kesimpulan

Shell Indonesia mengumumkan rencana pembangunan pabrik gemuk terbesar ketiga di dunia di Bekasi, Jawa Barat. Dibangun untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia akan pelumas, pabrik gemuk ini akan memiliki kapasitas produksi hingga 12 juta liter per tahun dan menggunakan teknologi mutakhir. Proyek ini menegaskan komitmen Shell untuk menjaga kualitas produk dan pelayanan sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi serta keberlanjutan operasional perusahaan di masa depan.