Kenali Motor Ngejim dan Cara Cegah Piston Macet

indotim.net (Senin, 04 Maret 2024) – Motor ngejim merupakan istilah untuk kondisi piston macet pada sepeda motor. Keadaan ini dapat membuat para pengendara menjadi kebingungan karena sepeda motornya menjadi macet dan seringkali sulit atau bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Pernahkah Anda mendengar istilah “motor ngejim” namun tidak tahu apa artinya? Di dalam artikel ini, kita akan membahas apa sebenarnya motor ngejim dan bagaimana cara mencegah agar piston tidak macet.

Apa Itu Motor Ngejim?

Motor ngejim sebenarnya berasal dari kata bahasa Inggris ‘jam’ yang artinya macet. Jadi, istilah motor ngejim merujuk pada kondisi motor yang macet. Ketika kita mengatakan motor ngejim, seringkali merujuk pada situasi ketika piston macet sehingga kendaraan tidak dapat dinyalakan.

Kondisi ini sering mengagetkan pengendara karena mungkin sebelumnya tidak mengalami tanda kerusakan, namun tiba-tiba motornya macet. Kondisi ini bisa terjadi pada kendaraan apa saja, terutama sepeda motor 2-tak.

Penyebab Motor Ngejim

Salah satu penyebab umum motor ngejim adalah permasalahan terkait oli. Baik itu karena kehabisan oli, kualitas oli yang kurang baik, atau distribusi oli yang tidak optimal. Kondisi ini dapat menyebabkan gesekan antar komponen di dalam mesin.

Dilansir dari affmotor.com, oli yang bermasalah bisa menyebabkan macet pada bagian piston, pen piston, silinder, serta head yang juga dapat mengalami kerusakan.

Pada motor 2-tak, motor ngejim sering terjadi akibat masalah oli samping yang kurang atau berkualitas rendah. Saat dipercepat di kecepatan tinggi, kekurangan bensin dan pelumasan bisa membuat motor ngejim.

Cara Mencegah Motor Ngejim

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah motor ngejim berdasarkan saran dari channel YouTube Vintage Sentinel:

  1. Gunakan takaran oli samping yang pas. Untuk motor baru, standar pabrikan adalah 20 cc per 1 liter. Untuk motor tua, gunakan minimal 25 cc hingga 35 cc per 1 liternya. Ingat untuk tidak kelebihan karena busi cepat menghitam dan motor brebet.
  2. Gunakan oli berkualitas dan jangan sampai kehabisan. Untuk motor 2-tak lebih penting untuk diperhatikan oli sampingnya. Berbeda dengan motor 4-tak yang hanya menggunakan oli mesin.
  3. Lakukan pencampuran oli mesin yang tepat. Taruh dan masukkan oli samping dulu di dalam tangki BBM sebanyak takaran bensin yang akan dimasukkan, baru kemudian masukkan bensin ke tangki.
  4. Pastikan pompa oli samping dan peralatan yang terkait dengan alat tersebut tidak bermasalah.
  5. Cek seal pengunci yang berhubungan dengan oli dalam kondisi prima dan tidak aus agar oli tidak masuk ke ruang yang tidak semestinya.
  6. Pastikan piston dan ring piston normal, tidak aus atau tidak ada goresan.
  7. Hindari menggeber motor pada top speed.
READ  Air Mata Ibu-ibu Gaza: Kisah Pilu yang Membuat Hati Menetes

Nah, itulah tadi telah kita ketahui apa itu motor ngejim yang berarti motor macet, lengkap dengan penyebab dan pencegahannya.

Kesimpulan

Motor ngejim merupakan istilah yang merujuk pada kondisi piston macet pada sepeda motor, yang dapat menyebabkan kendaraan sulit atau tidak bisa dihidupkan. Penyebab umumnya adalah masalah terkait oli yang dapat menyebabkan gesekan antar komponen di dalam mesin. Untuk mencegah motor ngejim, langkah pencegahan seperti menggunakan takaran oli samping yang tepat, menggunakan oli berkualitas, dan memastikan kondisi piston dan peralatan terkait dalam keadaan baik dapat dilakukan.