Mulai Nabung dengan 5 Tips Menarik

indotim.net (Selasa, 05 Maret 2024) – Menabung merupakan langkah penting dalam mengelola keuangan dengan bijak. Akan tetapi, bagi sebagian mahasiswa, menabung bisa menjadi tantangan tersendiri apalagi ketika hanya mengandalkan uang saku dari orang tua.

Menurut Financial Planner Nadia Harsya, manusia memiliki beragam kebutuhan namun sumber penghasilannya terbatas. Oleh karena itu, Nadia menganggap penting bagi setiap orang untuk mengelola uang dengan baik.

Sebelum mulai menabung, ada tiga hal yang perlu diperhatikan menurut Nadia. Pertama, belajarlah untuk mendapatkan sumber penghasilan.

“Kalau mau mulai nabung, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, proses menghasilkan uang tidak bisa dilewatkan. Jika belum bekerja, uang bisa didapatkan dari uang saku atau orang tua,” ungkap Nadia.

Selain itu, Nadia menekankan pentingnya untuk juga memperhatikan sumber pendapatan tambahan. Khususnya di era modern saat ini, mendapatkan penghasilan ekstra menjadi lebih mudah.

Selain menentukan jumlah untuk ditabung setiap bulannya, penting juga untuk berbelanja secara bijak. Menurut Ahli Keuangan, cara belanja yang tepat akan membantu kita mengelola keuangan dengan lebih baik, sehingga bisa mencapai tujuan tabungan dengan lebih cepat.

Sebelum memulai untuk menabung, penting sekali untuk bisa membedakan antara kebutuhan yang harus diprioritaskan dan keinginan yang mungkin bisa ditunda.

“Nah jadi menurutku aku membedakan antara mana yang sifatnya kebutuhan mana yang sifatnya keinginan, memang harus pintar-pintar menelaah apakah aku butuh atau ingin,” jelasnya.

Kesimpulan

Menabung merupakan langkah penting dalam mengelola keuangan dengan bijak, terutama bagi mahasiswa yang menghadapi tantangan finansial. Mengutip saran dari Financial Planner Nadia Harsya, langkah pertama adalah memastikan memiliki sumber penghasilan sebelum mulai menabung. Selain itu, penting untuk belanja secara bijak dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan agar dapat mencapai tujuan tabungan dengan lebih efektif.

READ  Ramainya Acara Khalid Basalamah di Makassar Dipindah, Danny Pomanto Ungkap Alasan Kedatangan