Dishub DKI Jakarta Menyambut Kendaraan Ramah Lingkungan dengan 5 Motor Listrik

indotim.net (Kamis, 07 Maret 2024) – Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta tengah melaksanakan program pengadaan kendaraan listrik baru. Sejumlah lima unit motor listrik telah disetujui untuk dibeli dengan nilai total mencapai Rp 6,3 miliar.

Informasi ini dapat ditemukan di situs resmi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Dishub DKI Jakarta mengajukan paket pengadaan kendaraan dinas operasional lapangan khusus sepeda motor listrik pembawa pengawal pimpinan VVIP.

Total terdapat lima unit motor listrik yang dibeli untuk pengawalan VVIP. Pembelian motor listrik ini menggunakan dana dari APBD. Nilai total pengeluarannya mencapai Rp 6.354.750.000 (6,3 miliar).

Paket pembelian motor listrik oleh Dishub DKI Jakarta yang terdaftar di LKPP tidak mencantumkan jenis motor listrik secara spesifik. Namun, pada bulan September 2023, salah satu varian moge listrik yang menggunakan livery Dishub DKI Jakarta sempat dipajang di Silang Monas, Jakarta Pusat.

Motor listrik tersebut terlihat memiliki tampilan berkelir putih berdasarkan foto yang disediakan. Tampaknya, motor listrik ini telah dilengkapi dengan stiker Dishub baik di bagian tangki maupun pada bagian shroud motor. Secara desain, motor tersebut mirip dengan Harley-Davidson Livewire.

“Kami membeli motor listrik ini untuk kebutuhan patroli dan pengawalan, khususnya motor patwal listrik,” ujar Syafrin setelah acara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023 di Silang Monas, Jakarta Pusat, pada Senin (18/9/2023) seperti dilansir dari detikNews.

Secara resmi, Harley-Davidson belum meluncurkan Livewire di Indonesia. Namun, motor listrik dari Harley-Davidson ini bisa dibeli melalui importir umum. Salah satunya lewat dealer Two Wheelers dari Glamour Auto Boutique.

Kini, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memutuskan untuk mengganti armada kendaraan dinas berbahan bakar konvensional dengan motor listrik demi mendukung keberlanjutan lingkungan. Penetapan ini diumumkan langsung oleh Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

READ  Charger Motor Listrik Subsidi dengan Daya 900 Watt: Solusi Hemat dan Efisien!

Harley-Davidson telah merancang motor listrik dengan dinamo yang sangat powerful. Motor listrik ini diklaim mampu membuat LiveWire melaju dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 3 detik.

Motor listriknya memiliki tenaga sebesar 105 HP dan torsi 117 Nm. Tenaga tersebut dialirkan ke roda belakang dengan bantuan belt khas motor Harley-Davidson.

Baterai yang dibawa oleh motor listrik ini adalah baterai Lithium-Ion berkapasitas 15,5 kWh. Dengan sekali pengisian penuh, motor ini dapat menempuh jarak hingga 200-an km.

Dishub DKI Jakarta telah memutuskan untuk membeli 5 motor listrik untuk keperluan dinas. Total biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 6,3 miliar.

Pembelian dilakukan dari dealer resmi yang menjual Harley-Davidson LiveWire. Setiap unit motor listrik ini dijual dengan harga Rp 1,5 miliar dalam status off the road.

Kesimpulan

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta telah mengambil langkah positif dengan mengadopsi kendaraan ramah lingkungan, yaitu motor listrik, untuk kebutuhan patroli dan pengawalan. Melalui program pengadaan lima unit motor listrik dengan nilai total Rp 6,3 miliar, Dishub DKI Jakarta menunjukkan komitmen untuk mendukung keberlanjutan lingkungan serta mengganti armada kendaraan konvensional dengan solusi ramah lingkungan.