Otorita Sebut BCA Tertarik Bangun Kantor di IKN, Terus Mencari Lahan Ideal

indotim.net (Kamis, 07 Maret 2024) – Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan rencana PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk mendirikan kantor di Ibu Kota Negara (IKN). Meskipun demikian, hingga saat ini rencana tersebut belum dapat terealisasi karena masih dalam tahap pencarian lahan yang sesuai.

“Lokasi yang tepat belum ditemukan, namun minat untuk proyek tersebut sudah ada, semua dokumen telah disiapkan, yang perlu dilakukan hanya mencari lokasi yang sesuai. Jadi, pertanyaan untuk membeli lahan pasti harus memperoleh lokasi yang sesuai,” ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono setelah mengikuti acara penjajakan Proyek KPBU IKN Sektor Perumahan di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta Pusat, pada Kamis (7/3/2024).

Meskipun demikian, pihak Otorita sudah melakukan pertemuan dengan pimpinan BCA terkait rencana pembangunan kantor di IKN. “Ya namanya jualan lahan harus sesuai dengan lokasi yang kita ikuti. Kemarin saya ikut ke lapangan, direktur saya bertemu dengan direktur BCA,” jelasnya.

Agung menyatakan bahwa pihak BCA masih belum dapat dipastikan kapan akan memulai pembangunan kantor di IKN. “Kita akan melihat perkembangannya nanti, namun saat ini fokus utama kami masih pada bidang pendidikan,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pembangunan kantor bank di IKN Kalimantan Timur yakni BPD Bank Kaltimtara. Sebelumnya rombongan Himbara, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI.

Usai peresmian, Jokowi menjelaskan bahwa konsep perbankan di IKN akan berkembang menjadi full digital banking, di mana semua bank harus beralih ke ranah digital. Menurutnya, hal ini merupakan langkah transformasi ekonomi baru di ibu kota Indonesia.

“Itu memang yang kita konsepkan bahwa di sini akan menjadi ekonomi baru, akan menjadi transformasi ekonomi Indonesia sehingga semuanya harus terintegrasi dengan digital banking dan saya sangat senang pagi ini saat akan dimulai peletakan batu pertama Bank Kaltimtara,” ujar Jokowi dalam sambutannya, Jumat (1/3/2024).

READ  Otorita Berupaya Cari Investor untuk Pembangunan Rusun dan Rumah Tapak bagi ASN

Kesimpulan

Meskipun PT Bank Central Asia Tbk (BCA) tertarik untuk membangun kantor di Ibu Kota Negara (IKN), rencana tersebut masih terkendala oleh pencarian lahan yang sesuai. Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), Agung Wicaksono, menyatakan bahwa meskipun dokumen sudah disiapkan, lokasi ideal belum ditemukan. Meskipun demikian, pertemuan antara pihak Otorita dan pimpinan BCA telah dilakukan, namun waktu pembangunan kantor masih belum dipastikan. Fokus utama saat ini tetap pada bidang pendidikan, sementara Presiden Joko Widodo telah meresmikan pembangunan kantor bank lain di IKN, menekankan peran penting full digital banking dalam transformasi ekonomi baru di ibu kota Indonesia.