Sosok Qonata: Kisah Sukses Magang di Jepang dan Rencana Menjadi Dokter di Rusia

indotim.net (Minggu, 10 Maret 2024) – Qonata Putri masih dalam proses pendidikan di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) ketika mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi dengan beasiswa Specialist Degree Kedokteran di Rusia. Video momen penerimaan beasiswa tersebut menyebar luas di platform media sosial TikTok dan memberikan inspirasi bagi banyak pelajar.

Qonata saat ini masih berkuliah di jurusan Keperawatan Unsoed. Mahasiswa angkatan 2020 itu mengaku tidak menyangka video penerimaannya akan viral di media sosialnya @QonataPutri.

Dalam rekaman tersebut, tampak Qonata sedang membuka pengumuman penerimaan beasiswa ke Rusia. Video yang diunggah pada bulan Desember 2023 telah mendapat respons positif dengan 68,2 ribu likes dan banyak komentar dari para penonton.

Prestasi Qonata tidak berhenti di situ. Setelah itu, ia berangkat untuk menjalani program magang di Jepang. Ingin tahu lebih dalam tentang perjalanan dan kisah sukses Qonata? Simak ceritanya di sini!

Raih Beasiswa Spesialis Degree Kedokteran di Rusia

Qonata mengakui bahwa melanjutkan kuliah pascasarjana merupakan cita-citanya. Sejak semester awal, ia aktif mencari informasi mengenai beasiswa di jenjang tersebut.

“Pertama, aku masih berusaha untuk mencari info beasiswa kuliah kedokteran di Indonesia. Karena memang aku merasa bahwa aku mampu kuliah kedokteran melalui beasiswa. Tapi, setelah mencari-cari, akhirnya aku merasa kecil hati karena tidak dapat informasi tentang beasiswa kedokteran yang bisa aku apply pada saat itu,” cerita Qonata.

Tak putus asa, Qonata mulai mencari informasi tentang beasiswa di luar negeri. Di situlah Qonata mengetahui adanya beasiswa dari pemerintah Rusia yang dikenal dengan Russian Government Scholarship.

“Akhirnya aku mengikuti, dan beasiswa ini sebenarnya sudah aku siapkan lebih dari dua tahun lalu. Aku mulai mempersiapkan diri, dan tahun ini aku mendaftar, dan alhamdulillah lolos,” ucapnya.

READ  Arti Bunga Krisan: Lambang Kekaisaran yang Butuh Perlindungan di Bawah Terik Matahari

Dari ribuan pendaftar, Qonata terpilih sebagai penerima beasiswa. Menurutnya, seleksi beasiswa tidak terlalu sulit. Ia cukup mengirimkan berkas dan mengikuti wawancara berbahasa Inggris.

Qonata merasa bersyukur bisa mendapatkan kesempatan magang di Jepang. Pengalamannya di sana membantunya untuk terus belajar dan berkembang.

Setelah dinyatakan diterima, Qonata belum mendapatkan universitas. Ia diminta mengajukan enam universitas pilihan Pemerintah Rusia yang akan memberikan penempatan universitas.

“Nanti ketika kita sudah dinyatakan lolos dari enam universitas itu, kita akan ditempatkan,” ujarnya.

Magang di Jepang

Saat menunggu waktu kelulusan dan berangkat ke Rusia, Qonata memutuskan untuk mengasah keterampilannya melalui magang. Ia tidak hanya mengikuti magang biasa, melainkan magang di Negeri Sakura yang prestisius.

Qonata Putri Foto: Dok. Pribadi Qonata Putri

“Aku tuh sadar kalau semua bentuk beasiswa, walaupun itu beasiswa, pasti butuh modal. Jadi, aku tuh mulai cari-cari dari aku semester keempat kuliah di Keperawatan itu, aku cari-cari info tentang magang mahasiswa. Apa yang bisa aku ikutin supaya aku tuh bisa nabung, kayak gitu. Nah, ternyata aku dapat info bahwa jurusan aku itu dia ada kerjasama dengan nursing home di Jepang,” jelasnya yang juga menabung dengan menjadi asisten dosen dan coaching debat bahasa Indonesia.

Setelah mendaftar, Qonata kembali mendapatkan hasil dari kerja kerasnya. Dia dipilih sebagai salah satu mahasiswa yang akan berangkat magang di Jepang.

Magang yang diikuti Qonata memberikan tunjangan hidup dan kelas pembelajaran bahasa Jepang. Qonata menceritakan bahwa ia sempat mengalami kesulitan dalam beradaptasi hingga pada suatu titik ia ingin kembali pulang ke tanah air.

“Budaya di Jepang itu sangat ketat ya. Ketika bekerja, harus fokus pada pekerjaan tanpa memperdulikan apakah kamu mahasiswa atau punya kebutuhan untuk belajar. Sebagai seorang magang di sini, kamu harus mengikuti alur kerja yang telah ditetapkan,” ujarnya.

READ  9 Tanaman Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui yang Harus Anda Miliki di Rumah

Kesimpulan

Qonata Putri, mahasiswa Unsoed yang sukses meraih beasiswa spesialis degree kedokteran di Rusia, memberikan inspirasi melalui perjuangannya yang penuh semangat dan kerja keras. Dari video viral penerimaan beasiswa hingga menjalani magang di Jepang, Qonata membuktikan bahwa impian bisa diwujudkan dengan tekad dan usaha yang sungguh-sungguh.