Menilik Alasan Menag Yaqut Mengundang Prabowo dalam Acara Natal Kementerian BUMN

indotim.net (Senin, 15 Januari 2024) – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan calon presiden (capres) nomor urut 2 sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, turut hadir dalam perayaan Natal bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diadakan di JCC, Senayan, Jakarta Pusat. Yaqut mengungkap bahwa Prabowo sempat bertanya alasan mengapa ia diundang dalam acara Natal BUMN tersebut.

“Yang saya cintai yang saya banggakan kita semua cintai kita semua banggakan, Menhan Bapak Prabowo Subianto. Beliau tadi tanya ke saya, tapi sengaja saya simpan jawabannya supaya semua yang hadir di sini mendengarkan. ‘Apa hubungannya Menhan dengan peringatan Natal bersama?’ Saya tadi belum jawab Pak. Saya akan jawab di sini. Sangat terhubung,” kata Yaqut Cholil dalam pidatonya di acara perayaan Natal BUMN di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024).

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan penjelasan mengenai undangan yang diberikan kepada Prabowo Subianto dalam acara perayaan Natal yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN. Menurut Yaqut, sistem pertahanan negara memiliki sifat yang bersifat semesta. Ia juga menekankan bahwa pertahanan negara haruslah mencerminkan nilai-nilai kerakyatan dan kewilayahan.

“Karena apa? Sistem pertahanan negara kita ini bersifat semesta. Artinya sistem pertahanan yang memiliki ciri-ciri kerakyatan dan kewilayahan,” ujar Menag Yaqut tentang keikutsertaan Prabowo dalam acara Natal Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menurut Menag Yaqut, dalam masyarakat terdapat umat beragama. Hal ini menjadi alasan mengapa Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, diundang untuk hadir dalam perayaan Natal Kementerian BUMN.

“Kalau berbicara kerakyatan di dalamnya ada umat beragama Pak. Jadi sangat signifikan dan sangat terhubung kenapa Menhan harus hadir di antara umat Kristiani yang ada di ruangan ini,” ujarnya.

READ  Dishub DKI Jakarta Menyambut Kendaraan Ramah Lingkungan dengan 5 Motor Listrik

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, mengungkapkan alasan mengapa Prabowo Subianto diundang dalam acara perayaan Natal Kementerian BUMN. Dalam kesempatan tersebut, Menag menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Prabowo. Dia mengungkapkan bahwa perbedaan dalam keyakinan agama tidak akan menghalangi terjalinnya rasa persaudaraan yang baik di antara sesama umat beragama.

“Terima kasih Menhan bersedia hadir. Ini memperkuat atau meringankan tugas saya sebagai Menag karena ada Menhan,” ujar Yaqut.

“Saya muslim Pak Prabowo, Pak Erick Thohir, Pak Kartiko dan sebagian yang hadir di sini muslim, tapi perbedaan ini tidak akan bisa menghalangi persaudaraan di antara kita,” ujarnya.

Kesimpulan

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengundang Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dalam acara perayaan Natal Kementerian BUMN karena sistem pertahanan negara memiliki sifat yang bersifat semesta dengan ciri-ciri kerakyatan dan kewilayahan. Menag Yaqut juga menekankan bahwa perbedaan keyakinan agama tidak akan menghalangi terjalinnya rasa persaudaraan yang baik di antara sesama umat beragama.