DPR Gelar Paripurna, Akhiri Reses Awal Desember

indotim.net (Selasa, 16 Januari 2024) – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akan menggelar rapat paripurna pembukaan masa sidang III tahun 2023-2024 hari ini. Setelah menjalani masa reses sejak 6 Desember lalu, para anggota Dewan kembali memulai masa sidang mereka.

Rapat paripurna akan dilaksanakan di Gedung Nusantara II MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, pada hari Selasa (16/1/2024). Rapat paripurna ini akan memuat pidato dari Ketua DPR, Puan Maharani.

Menurut informasi yang terdapat di laman resmi DPR, masa sidang kali ini akan berlangsung selama tiga minggu. Setelah itu, DPR akan memasuki masa reses menjelang Pemilu 2024 pada tanggal 7 Februari mendatang.

Pada awal Desember, DPR memulai reses untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat. Dan hari ini, rapat paripurna akan digelar untuk membuka masa sidang baru.

Berdasarkan agenda kesekretariatan DPR, rapat paripurna akan berlangsung pada pukul 09.30 WIB.

Agenda rapat paripurna DPR hari ini adalah sebagai berikut:

  • Pembacaan Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN)
  • Pembahasan rencana kegiatan reses anggota DPR
  • Penyerahan laporan hasil reses anggota DPR
  • Pembahasan rencana kerja dan anggaran (RKA) DPR
  • Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pemulihan Ekonomi Nasional

Pada hari ini, DPR menggelar rapat paripurna untuk membuka masa sidang ketiga tahun 2023-2024. Rapat dimulai setelah sebelumnya dilangsungkan reses sejak awal bulan Desember.

Pada acara tersebut, Ketua DPR RI memberikan pidato pembukaan masa persidangan. Pidato ini menjelaskan agenda kerja DPR di masa sidang ini.

Kesimpulan

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) telah menggelar rapat paripurna pembukaan masa sidang III tahun 2023-2024 setelah menjalani masa reses sejak 6 Desember lalu. Rapat paripurna ini memuat pidato Ketua DPR, Puan Maharani, dan menetapkan agenda kerja DPR selama tiga minggu. Selanjutnya, DPR akan masuk masa reses menjelang Pemilu 2024 pada tanggal 7 Februari mendatang. Agenda rapat paripurna hari ini mencakup pembacaan Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN), pembahasan rencana kegiatan dan laporan hasil reses anggota DPR, pembahasan rencana kerja dan anggaran (RKA) DPR, serta pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pemulihan Ekonomi Nasional.

READ  Australia Berencana Bangun Gudang Karbon di Indonesia, Ternyata Ada Kendala Regulasi