Luhut Tegaskan Pemerintah Tidak Menggunakan Dana Desa untuk Mendukung Paslon, Juga Menyinggung Peran Parpol

indotim.net (Rabu, 17 Januari 2024) – Menko Maritim dan Investasi, Luhur Binsar Pandjaitan, memberikan tanggapan terhadap tuduhan yang menyebut bahwa pemerintah menggunakan program dana desa untuk mendukung pasangan calon tertentu. Luhut membantah tudingan tersebut.

“Saya kira pemerintah tidak memiliki program seperti itu, hanya memang saya mendengar isu, misalnya bagaimana pendamping desa, dana desa itu berasal dari salah satu partai politik,” ujar Luhut dalam video di Instagram-nya, pada Rabu (17/1/2024).

Luhut meminta agar distribusi dana desa diamati dengan cermat oleh berbagai pihak, sehingga tidak hanya menyalahkan pemerintah secara langsung.

“Kita harus mengawasi semua secara bersama-sama, mudah saja, ada polisi, TNI, dan juga publik yang dapat melakukannya. Jadi, kita saling mengawasi demi kepentingan bersama. Jangan hanya menuduh pemerintah terus-menerus,” ujar Luhut.

Luhut berpendapat bahwa dengan adanya pengawasan, kita dapat mengetahui partai mana yang melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab. Dia menegaskan bahwa pemerintah tidak akan melakukan intervensi apapun dalam menjalankan program ini.

“Ayo, marilah kita semua melihat mana partai politik yang bermain-main di sana. Saya belum melihat adanya intervensi dari pemerintah sampai saat ini. Kami sibuk dengan pekerjaan kami, kok,” katanya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menepis adanya dugaan pemerintah menggunakan dana desa untuk mendukung pasangan calon dalam pilkada. Luhut juga menyentil partai politik terkait masalah ini.

Kesimpulan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan bahwa pemerintah tidak menggunakan dana desa untuk membantu pasangan calon tertentu dalam pilkada. Ia menyebut bahwa isu tersebut hanya berupa rumor semata. Luhut juga mengingatkan pentingnya pengawasan yang ketat terhadap distribusi dana desa dan menyinggung peran partai politik dalam masalah ini. Ia meyakinkan bahwa pemerintah tidak akan melakukan intervensi dalam program ini. Dengan adanya pengawasan yang baik, pihak-pihak yang bertindak tidak bertanggung jawab dapat teridentifikasi. Luhut menegaskan bahwa pemerintah fokus pada tugas-tugasnya dan belum melakukan intervensi apa pun.

READ  Strategi TKN untuk Menarik dan Mengoptimalkan Kemenangan dan Kehilangan