Rekayasa Lalin Menuju Debat Cawapres 21 Januari di Sekitar Senayan

indotim.net (Minggu, 21 Januari 2024) – Debat cawapres putaran kedua untuk Pilpres 2024 akan digelar malam ini di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Untuk mengantisipasi kemacetan, pihak kepolisian akan menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar lokasi debat.

“Menjamin Keamanan dan Kenyamanan Lalu Lintas bagi warga masyarakat yang akan melintas obyek pada kegiatan debat cawapres 2024. Mewujudkan Lalu Lintas yang kondusif pada saat pelaksanaan kegiatan debat cawapres 2024,” kata Kombes Latif Usman, Dirlantas Polda Metro Jaya, kepada wartawan, Jumat (22/12/2023).

Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Senayan

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, mengungkapkan bahwa rekayasa lalu lintas akan diterapkan menjelang acara debat cawapres dengan prinsip situasional sesuai dengan kondisi di lapangan. Berikut adalah rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan:

  • Arus lalu lintas yang dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi.
  • Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

Cawapres 2024 (Foto: Dok. KPU RI)

Seputar Debat Cawapres 21 Januari

Sebagai informasi, debat Pilpres 2024 putaran keempat atau debat kedua cawapres 2024 akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Acara akan disiarkan secara langsung pada hari Minggu, 21 Januari 2014 mulai pukul 19.00 WIB.

Tema debat calon wakil presiden (cawapres) kedua mengangkat isu-isu Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup, Sumber Daya Alam dan Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa. Debat akan berlangsung selama 120 menit dan dapat disaksikan melalui siaran langsung atau live streaming.

READ  Rosan Ajak Betawi Relawan Pastikan Prabowo Raih Suara Terbanyak di Jakarta

Berdasarkan keterangan KPU, debat cawapres 2024 terdiri dari 6 segmen yang akan berlangsung di sekitar Senayan. Segmen 1 merupakan tahap penyampaian visi-misi dan program kerja. Kemudian, segmen 2, 3, 4, dan 5 akan difokuskan pada pendalaman visi-misi dan program kerja. Moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada para peserta debat, yang kemudian akan saling menanggapi pertanyaan tersebut. Sementara itu, segmen 6 merupakan tahap penutup atau closing statement, di mana setiap peserta debat atau capres akan memberikan pernyataan penutup.

Kesimpulan

Debat cawapres putaran kedua untuk Pilpres 2024 digelar malam ini di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Dalam rangka mengatur lalu lintas di sekitar lokasi debat, pihak kepolisian melaksanakan rekayasa lalu lintas dengan beberapa pengalihan arus. Debat cawapres ini akan mengangkat isu-isu pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. Acara debat ini akan terdiri dari 6 segmen, termasuk segmen penyampaian visi-misi dan program kerja serta tahap penutup. Debat tersebut akan ditonton secara langsung atau melalui live streaming.