Cak Imin: Level Tebak-tebakan Ini, SD-SMP atau Ijazah Palsu?

indotim.net (Minggu, 21 Januari 2024) – Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, menyatakan bahwa debat bukanlah ajang untuk tebak-tebakan singkatan. Cak Imin menjelaskan jika debat hanya berisi pertanyaan-pertanyaan singkatan, itu artinya kita hanya sejajar dengan level pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Sesi tanya jawab itu terjadi di debat kedua cawapres Pilpres 2024 yang digelar di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Tema debat kali ini adalah Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa.

Mulanya, Cak Imin menjawab pertanyaan yang diajukan oleh cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Cak Imin kemudian menyatakan bahwa debat bukanlah ajang untuk tebak-tebakan singkatan, namun telah mencapai level diskusi tentang kebijakan.

“Diskusi kita di sini bukanlah tentang tebak-tebakan definisi atau singkatan, level kita adalah tentang kebijakan dan kebijakan,” ujar Cak Imin.

Cak Imin mengungkapkan bahwa semua kebijakan yang berkaitan dengan produksi dan pengambilan sumber daya alam harus mengacu pada etika lingkungan. Menurut Cak Imin, pihaknya berkomitmen untuk menjaga keseimbangan antara kedudukan manusia dan alam.

“Prinsipnya sederhana, semuanya kembali pada etika Pak Gibran. Etika ini adalah etika lingkungan, apapun kebijakan yang kita ambil dalam hal produksi dan pengambilan sumber daya alam, juga apapun potensi bangsa yang kita gunakan, acuannya adalah etika lingkungan,” kata Cak Imin.

“Komitmen kita, intinya adalah keseimbangan antara meletakkan manusia dan alam,” imbuhnya.

Cak Imin dengan tegas menyatakan bahwa debat bukanlah sekedar tebak-tebakan singkatan belaka. Menurut Cak Imin, jika debat hanya membahas tebak-tebakan semata, hal itu tak berbeda dengan diskusi yang biasa dilakukan oleh siswa SD atau SMP.

READ  Luruskan Debat Pilpres, PSI: Jokowi Fokus pada Kesejahteraan Rakyat dengan Mengurus Tanah

“Sekali lagi, intinya bukan hanya tentang etika di lingkungan tetapi juga tentang etika bahwa forum ini adalah forum kebijakan,” katanya.

“Jika kita membicarakan tebak-tebakan definisi di sini, saya meragukan level pengetahuan kita apakah masih sekolah dasar, sekolah menengah pertama, atau mungkin ijazah kita semua palsu di sini. Hal yang mengejutkan adalah bahwa level pemahaman dalam tebak-tebakan bukanlah di sini,” ujar Cak Imin.

Kesimpulan

Cak Imin, cawapres nomor urut 1, menegaskan dalam debat cawapres Pilpres 2024 bahwa debat bukanlah ajang untuk tebak-tebakan singkatan belaka. Menurutnya, jika debat hanya berisi tebak-tebakan semata, itu berarti kita selaras dengan level pendidikan SD-SMP. Cak Imin juga menyampaikan komitmennya untuk menjaga keseimbangan antara manusia dan alam dalam semua kebijakan terkait sumber daya alam. Dalam diskusi kebijakan, Cak Imin menegaskan pentingnya etika lingkungan sebagai acuan. Debat bukan hanya tentang tebak-tebakan definisi, tetapi tentang forum kebijakan yang melibatkan level pemahaman yang lebih tinggi.