Jokowi Periksa Bantuan Pangan di Salatiga: Ibu-Ibu Bahagia dengan Penyaluran

indotim.net (Senin, 22 Januari 2024) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan terhadap penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) di Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Dalam kunjungan kerjanya, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

“Pada hari ini, kami mulai mendistribusikan bantuan pangan. Apakah semua ibu sudah menerima bantuan sebanyak 10 kilogram?” tanya Jokowi seperti yang dijelaskan dalam keterangan resmi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada Senin (22/1/2024).

Jokowi mengungkapkan bahwa bantuan pangan tersebut akan disalurkan hingga bulan Maret 2024. Namun, pemerintah berupaya untuk melanjutkan bantuan serupa hingga bulan Juni, sesuai dengan kondisi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Kita berdoa bersama semoga APBN kita kuat sehingga bisa terus dilakukan,” kata Presiden Joko Widodo.

Salah satu warga, Ririn, yang sehari-hari berjualan kue, merasa bersyukur atas bantuan tersebut. Meskipun ini kali pertama dia mendapatkannya, Ririn mengatakan bahwa bantuan tersebut sangat membantu dalam mengurangi beban kebutuhan sehari-harinya.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan senang mendapatkan bantuan dari Pak Jokowi. Di tengah kenaikan harga beras yang tinggi saat ini, bantuan ini sangat membantu saya dan anak-anak saya,” ucap Ririn dengan rasa terima kasih.

Seorang petani bernama Juaeni mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. Ia berharap bantuan ini dapat terus diberikan di masa yang akan datang.

“Semoga bantuan ini terus membantu mereka yang membutuhkan, karena hidup di desa begitu sulit. Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari pemerintah,” kata Juaeni.

Sebagai bagian dari peninjauan penyaluran bantuan pangan di Salatiga, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanyakan kepada ibu-ibu penerima manfaat apakah mereka sudah mendapatkan seluruh bantuan yang telah diberikan.

READ  78 Pegawai KPK Minta Maaf Terlibat Pungli di Rutan, Ini Pernyataan Mereka

Salah seorang warga, Harjanti, juga ikut memberikan tanggapannya tentang hal ini. Ia berharap bantuan tersebut dapat terus diteruskan untuk meringankan kebutuhan hidup sehari-hari.

“Baru pertama kali mendapatkan bantuan ini, saya merasa senang karena dapat mencukupi kebutuhan hidup,” ujar Harjanti.

“Ya terus. (Program ini) sangat sangat membantu,” ujar Jokowi.

Jokowi dan Iriana didampingi oleh sejumlah pejabat dalam kegiatan ini, termasuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog Mokhamad Suyanto⁠, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Pj. Wali Kota Salatiga Yasip Khasani.

Kesimpulan

Presiden Jokowi melakukan pengecekan dan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah di Salatiga, Jawa Tengah. Dalam kunjungannya, Jokowi menyampaikan harapannya agar bantuan tersebut dapat terus diberikan untuk membantu meringankan beban masyarakat. Bantuan tersebut direspon positif oleh para penerima manfaat, seperti Ririn yang mengaku sangat terbantu dengan bantuan tersebut dalam mengurangi beban kebutuhan sehari-hari. Jokowi berharap bahwa bantuan ini dapat terus diteruskan di masa yang akan datang. Dalam kunjungan ini, Jokowi juga didampingi oleh sejumlah pejabat pemerintah.