Gibran: Greenflation Sangat Penting. Menuju Transisi Energi Hijau yang Signifikan

indotim.net (Selasa, 23 Januari 2024) – Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming, mengunjungi PT Sri Rejeki Isman (Sritex) di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, dalam kegiatan safari kampanyenya hari ini. Dalam kunjungannya tersebut, Gibran membahas tentang pentingnya transisi menuju energi hijau, termasuk dalam aktivitas pabrik.

Gibran awalnya mengapresiasi peran PT Sritex yang telah memberikan dampak positif dalam kemajuan UMKM lokal.

“Saya juga mengapresiasi PT Sritex ini salah satu perusahaan yang sudah menjalankan Permen Investasi Nomor 1 tahun 2022 gandeng UMKM. Jadi tidak besar sendiri tapi juga ikut melahirkan dan juga ikut membesarkan pengusaha lokal, UMKM lokal, anak-anak muda ini saya kira ini luar biasa sekali,” kata Gibran di PT Sritex, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Gibran kemudian membahas mengenai greenflation atau inflasi hijau yang perlu mendapat perhatian serius dalam rangka melaksanakan transisi energi hijau. Menurutnya, transisi menuju sumber energi yang ramah lingkungan bukanlah perkara yang mudah.

“Saya senang juga tadi Pak, greenflation dibahas. Ini penting, penting banget, karena negara-negara maju yang lain sudah mengalaminya dan transisi menuju energi hijau itu sangat sulit, khususnya dalam penelitian dan pengembangannya (RND) yang tidak mudah,” kata Gibran.

“Penerapannya tidak mudah, dan jangan sampai beban greenflation seluruhnya ditanggung oleh warga. Kita harus menghindari hal tersebut,” tambah Gibran.

Gibran kemudian mengkritik anggapan bahwa isu greenflation dianggap sepele. Menurutnya, setiap pemimpin di tingkat nasional harus memberikan perhatian serius pada isu ini.

“Ini bukan masalah receh. Itu istilah tadi juga bukan karangan saya, ini hasil ngobrol dengan teman-teman pengusaha, KADIN, HIPMI. Ini semua memberikan masukan, ‘Itu Mas pajak karbon, penangkapan karbon, penyimpanan karbon’,” kata Gibran.

READ  TransJ Berencana Memberikan Kesempatan Kepada Sopir Angkot di Daerah Pulogadung dan Jakarta Utara

“Jadi itu bukan pertanyaan yang sembarangan tapi itu sesuatu yang harus kita antisipasi. Jangan dianggap remeh, dianggap receh, dianggap pertanyaan sederhana, dianggap pertanyaan anak SMA, tidak. Ini adalah permasalahan serius dan calon pemimpin harus sadar agar tidak salah langkah,” lanjut dia.

Kesimpulan

Dalam kunjungannya ke PT Sritex, Gibran Rakabuming membahas pentingnya transisi menuju energi hijau, termasuk dalam aktivitas pabrik. Dia mengapresiasi peran PT Sritex dalam kemajuan UMKM lokal dan mengkritik anggapan bahwa isu greenflation dianggap sepele. Gibran menegaskan bahwa transisi energi hijau adalah permasalahan serius yang membutuhkan perhatian serius dari para pemimpin nasional.