Polisi Buru Pelaku yang Buang Bayi di Depan Ruko Jakbar

indotim.net (Minggu, 25 Februari 2024) – Sebuah bayi laki-laki ditemukan di depan area pertokoan di Kelurahan Maphar, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Saat ditemukan, bayi tersebut terbalut kain dan terletak di dalam kardus di depan ruko.

Kanit Reskrim Polsek Taman Sari, AKP Suparmin mengungkapkan bahwa pada Sabtu (24/2) pagi, seorang petugas linmas menemukan bayi dalam kardus di depan sebuah ruko. Petugas linmas tersebut mendengar tangisan bayi yang menggema dari dalam kardus.

Bayi ditemukan sekitar hampir jam 6 pagi di sekitar Jalan SB Pranoto depan ruko mos kopi daerah Kelurahan Mapar, Kecamatan Tamansari. Kejadian ini terjadi ketika seorang petugas linmas sedang melakukan patroli pagi. “Saat itu linmas sedang berjalan pagi, tiba-tiba mereka menemukan sebuah kardus yang terdengar isak tangis bayi di dalamnya. Mereka segera mendekat untuk memeriksanya,” ujar Suparmin pada hari Minggu (25/2/2024).

Suparmin menduga bayi tersebut sengaja ditelantarkan oleh orang tuanya pasca lahiran. Ia mengatakan ari-ari bayi itu sudah tidak ada saat ditemukan.

Informasi terbaru mengungkapkan bahwa bayi yang ditemukan dalam kardus di depan ruko di Jakarta Barat diduga sengaja dibuang. Menurut saksi mata, kejadian tersebut terjadi pada pukul 08.00 pagi kemarin.

“Kayanya sengaja ditaruh. Dibuang oleh emaknya,” ujar salah satu warga yang tidak ingin disebutkan namanya.

“Hitungan hari sih (usia bayi). Soalnya ari-arinya sudah nggak ada. Kayanya sekitar seminggu,” sambungnya.

Hingga kini, bayi tersebut masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Taman Sari. Kepala Polsek Jakbar, Suparmin, mengungkapkan bahwa pihaknya sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa orang tua sekaligus pelaku yang meninggalkan bayi tersebut.

“Kami terus berupaya mencari pelakunya. Semoga segera dapat ditemukan. Saat ini, kami sedang melakukan penyelidikan termasuk melihat rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian,” ungkap petugas kepolisian.

READ  Aliansi Pemuda Aksi Damai di Depan KPU Jatim: Sorotan Pemilu 2024

Kesimpulan

Bayi laki-laki yang ditemukan di depan ruko di Jakarta Barat diduga sengaja dibuang oleh orang tuanya, terlihat dari kondisi bayi yang terbalut kain dan tanpa ari-ari ketika ditemukan. Meskipun saat ini bayi tersebut sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Taman Sari, pihak kepolisian sedang berupaya untuk menemukan pelaku yang meninggalkan bayi tersebut melalui penyelidikan, termasuk melihat rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian.