Tim Ahli Media Indonesia Ungkap Fakta Menarik Video Viral Anies Depan Lukisan Bung Hatta

indotim.net (Senin, 26 Februari 2024) – Di depan lukisan Wakil Presiden RI pertama, Mohammad Hatta (Bung Hatta), Anies Baswedan berbicara tentang kondisi negara. Aksi Anies yang terekam kamera tersebut menjadi viral kembali di media sosial (medsos).

Video yang menampilkan calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, sedang berdialog di depan lukisan Bung Hatta viral di media sosial. Video tersebut sempat menjadi sorotan pada Minggu (25/2/2024). Dalam rekaman tersebut, Anies terlihat mengenakan kaus putih lengkap dengan peci hitamnya.

Pada kesempatan tersebut, Anies Baswedan menyinggung tentang kondisi negara yang sedang tidak baik. Dia menyebut integritas yang ditunjukkan oleh Bung Hatta kini menjadi barang mewah.

“Bung Hatta memberikan kita keteladanan. Insyaallah jadi inspirasi, mudah-mudahan gagasan itu juga menjadi kekuatan untuk melakukan perubahan. Untuk menghadirkan kesetaraan, menghadirkan kebersamaan buat Indonesia kita, Insyaallah,” sambung Anies dalam video itu.

Pada video yang menjadi perbincangan banyak orang, banyak netizen yang meragukan keadaan mental Anies berdasarkan cuplikan video tersebut. Beberapa bahkan menyebut Anies sedang curhat kepada lukisan Bung Hatta setelah pemilu.

Tim AMIN Ungkap Fakta yang Sebenarnya

Video Anies sedang berdialog di depan lukisan Bung Hatta menjadi viral, sampai terdengar oleh Tim AMIN. Tim pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) membongkar fakta sebenarnya.

Juru bicara Timnas AMIN Muhammad Ramli Rahim menyarankan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menilai narasi yang belum terbukti kebenarannya. Menurutnya, di era digital seperti sekarang, penyebaran konten dari individu ke individu lainnya tidak dapat lagi dihentikan.

“Era kini era disrupsi, semua hal bisa dikerjakan dan dilakukan orang, kita pun rasanya sulit untuk melarang mereka. Jadi biarkan itu menjadi hak demokrasi meskipun tetap harus hati-hati dan sebaiknya masyarakat menghindari hoax,” kata Ramli kepada wartawan.

READ  Puan Ikut Ganjar Gelar Kampanye Besar di Sidoarjo Jawa Timur

Menanggapi kontroversi tersebut, tim AMIN memastikan bahwa video viral Anies Baswedan di depan lukisan Bung Hatta ini adalah bagian dari situasi wajar yang terjadi di tengah masyarakat yang semakin terbuka dalam menyampaikan pendapat.

Ramli menjelaskan video itu diambil ketika Anies mengunjungi rumah kelahiran Bung Hatta di Sumatera Barat. Ia menepis anggapan bahwa capres nomor urut 1 tersebut depresi setelah Pemilu 2024.

Saat kunjungan ke rumah kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi, Sumatera Barat pada Kamis, 2 November 2023, tim AMIN memberikan penjelasan menarik terkait video viral yang melibatkan Anies.

Tim Ahok-Maruf mengaku telah mengkaji video yang beredar yang menunjukkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara di depan lukisan Bung Hatta.

“Ya, pastilah (bukan frustasi), iya wong itu jauh sebelum pemilu kok,” tegas anggota tim.

Kesimpulan

Video viral Anies Baswedan berbicara di depan lukisan Bung Hatta memicu kontroversi di media sosial, namun Tim AMIN membongkar fakta sebenarnya bahwa Anies tidak sedang depresi pasca Pemilu 2024 melainkan kunjungan ke rumah kelahiran Bung Hatta di Sumatera Barat. Konten tersebut menggarisbawahi pentingnya kehati-hatian dalam menilai narasi yang belum terbukti kebenarannya dalam era digital saat ini.