Anies Puji Megawati: Konsistensi dalam Mempertahankan Demokrasi, PKB Apresiasi Tanpa Syarat

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memuji sikap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang konsisten dalam menjaga demokrasi. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut pujian yang dilontarkan Anies kepada presiden ke-5 Republik Indonesia ini sebagai tulus dan tidak ada embel-embel.

“Itu adalah pujian tulus dari Pak Anies tanpa ada embel-embel tertentu,” kata Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, kepada wartawan pada Jumat (12/1/2024).”

Asisten Pelatih Timnas AMIN menyatakan bahwa Megawati dengan konsisten menjaga demokrasi. Menurutnya, pengorbanan Megawati dalam melawan rezim otoriter sangat jelas terlihat.

“Setahu saya, ibu Megawati langsung bersikap tegas menolak bila ada yang otak-atik hukum dan konstitusi,” ujar Jazilul.

Anies Puji Megawati

Sebelumnya, Anies Baswedan memuji sikap Megawati Soekarnoputri yang konsisten menjaga demokrasi. Anies kemudian menyebutkan bahwa Megawati menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode.

“Bagi saya, PDIP adalah salah satu partai yang konsisten menjaga demokrasi. Ibu Mega merupakan penjaga demokrasi yang konsisten dan berani,” ujar Anies saat berkunjung di Samarinda.

Menurut Anies, tindakan Ibu Megawati dalam menjaga demokrasi adalah tulus tanpa ada embel-embel. Hal ini telah terbukti dengan konsistensi PDIP sebagai partai yang memperjuangkan nilai-nilai demokrasi di Indonesia.

Dalam kunjungan Anies ke Samarinda, beliau juga berharap agar partai-partai politik yang lain dapat mengikuti jejak PDIP dalam menjaga demokrasi.

Anies memberikan penghargaan kepada sikap Megawati yang tetap menentang wacana presiden 3 periode. Meskipun demikian, menurut Anies, hal ini sebenarnya akan menguntungkan PDIP.

Ketika ada gagasan tiga periode, PDIP artinya bertambah. Namun, beliau mengatakan tidak, kita taat pada konstitusi. Saat ulang tahun beliau, saya sampaikan ucapan selamat dan dorongan untuk terus menjadi penjaga tonggak demokrasi kita,” ujar Anies.

READ  Aturan Puasa dan Pantang Prapaskah Katolik: Panduan Lengkap!

Anies memberikan penghargaan kepada presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati. Dia mengapresiasi sikap Megawati dalam mempertahankan demokrasi dengan teguh.

“Terkait dengan demokrasi, menjaga aturan main, dan menghormati konstitusi adalah nilai yang patut kita junjung,” ujar Anies.

Kesimpulan

Anies Baswedan memuji konsistensi Megawati Soekarnoputri dalam mempertahankan demokrasi dan menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode. PKB juga mengapresiasi pujian Anies tanpa embel-embel kepada Megawati. Anies berharap partai politik lain dapat mengikuti jejak PDIP dalam menjaga demokrasi. Penghargaan Anies kepada Megawati menunjukkan penghormatan terhadap nilai-nilai demokrasi dan aturan main yang dijunjung tinggi.