Aparat Gabungan Berhasil Amankan Aksi Bela Palestina di Depan Kedubes AS

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Massa telah menggelar demonstrasi sebagai bentuk solidaritas untuk Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), yang terletak di Gambir, Jakarta Pusat pada pagi hari ini. Memperhatikan jumlah peserta yang banyak, ribuan aparat gabungan telah dikerahkan untuk menjaga keamanan selama demo berlangsung.

“Aksi bela Palestina di depan Kedubes AS,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (13/1/2024).

Terpisah, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan peserta aksi merupakan massa gabungan Tripilar. Tripilar terdiri atas Front Persatuan Islam, Aqsa Working Group, Majelis Ormas Islam, Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis, GNPF Ulama, dan PA 212.

“Kami telah menyiapkan sebanyak 1.391 personel gabungan untuk mengamankan aksi ini,” kata Susatyo dengan tegas.

Susatyo menjelaskan bahwa gabungan personel pengamanan telah ditempatkan di beberapa titik ruas jalan. Selain itu, dia juga menyebutkan bahwa penutupan jalan dilakukan secara khusus di Jalan Medan Merdeka Selatan.

“Nantinya personel akan ditempatkan di sejumlah titik, di antaranya depan Dubes AS, Patung Kuda, Istana Negara, Bundaran HI, Patung Tani, lapangan Banteng, dan Harmoni,” jelas Kombes Susatyo.

Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Kendaraan yang menuju ke Kedubes AS ditutup dan dialihkan.

“Untuk arus lalu lintas dari arah patung Tani yang akan menuju Jl Merdeka Selatan kita arahkan lurus menuju Jl Merdeka Timur, kemudian arus lalu lintas dari Patung kuda yang akan mengarah ke Jl Merdeka Selatan kita tutup dan diarahkan ke arah Harmoni,” sambungnya.

Polisi mengimbau masyarakat agar menghindari Jalan Medan Merdeka Selatan dan selalu menjaga ketertiban dan keamanan saat mengikuti aksi tersebut.

READ  Kasus Tembok Roboh di Tebet Makan Tiga Korban Jiwa: Kabar Terbaru dan Penyebabnya

“Peserta aksi banyak ibu-ibu dan anak-anak, untuk itu kita akan melaksanakan pengamanan ini dengan pendekatan persuasif dan tentunya dengan nilai-nilai kemanusiaan,” kata Susatyo.

“Kami mengimbau kepada koordinator aksi dan seluruh peserta aksi untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, serta melaksanakan aksi dengan sikap yang santun dan damai,” pungkasnya.

Kesimpulan

Massa demonstrasi solidaritas untuk Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta berhasil diamankan oleh ribuan aparat gabungan. Aksi tersebut dihadiri oleh massa gabungan Tripilar yang terdiri atas beberapa organisasi Islam. Polisi telah menyiapkan pengamanan dengan menempatkan personel di beberapa titik strategis serta melakukan rekayasa lalu lintas. Masyarakat diimbau untuk menjaga ketertiban dan keamanan saat mengikuti aksi tersebut, serta melaksanakan aksi dengan sikap yang santun dan damai.