Bamsoet Dukung Touring Klub Otomotif Lintas Negara

indotim.net (Selasa, 05 Maret 2024) – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan touring internasional yang akan diadakan oleh berbagai klub otomotif. Event touring ini mencakup BMW Ultimate Journey 2024, Borneo Explore 360 oleh Pajero Sport Family Seksi di sekitar Bekasi, serta Trans Nusantara 2024 oleh Indonesia 4×4 Overland.

Bamsoet menyatakan bahwa kegiatan touring lintas negara ini dapat menjadi platform yang efektif untuk memperkenalkan berbagai destinasi wisata unggulan yang dimiliki oleh Indonesia kepada dunia internasional. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu memperkuat solidaritas kebangsaan antar anggota klub otomotif dan seluruh masyarakat Indonesia.

Selain aspek promosi pariwisata, touring lintas negara juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk merasakan keramahan dan sambutan hangat dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) maupun Konsulat Jenderal di setiap negara yang mereka kunjungi. Hal ini diharapkan dapat memperkuat rasa kebangsaan serta memperluas jejaring diplomasi antarbangsa melalui kegiatan positif bersama.

“Komunitas otomotif sangat mudah melakukan touring lintas negara, karena IMI memiliki fasilitas FIA CPD yang bekerja sama dengan Bea dan Cukai. Sangat bermanfaat bagi para komunitas otomotif yang ingin menggunakan kendaraannya sendiri dari Tanah Air untuk touring melintasi berbagai negara lain,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (5/4/2024).

Setelah bertemu dengan perwakilan touring BMW Ultimate Journey 2024, Borneo Explore 360, dan Trans Nusantara 2024, di Jakarta, Bamsoet memberikan dukungannya terhadap kegiatan touring lintas negara.

Sebagai Ketua MPR, Bamsoet memberikan dukungan penuh terhadap BMW Ultimate Journey 2024 yang rencananya akan dimulai dari Jakarta pada bulan Agustus 2024.

Acara yang akan diikuti oleh sekitar 11 peserta, terdiri dari 9 pengemudi dan 2 mekanik, akan menghadirkan pengalaman unik dengan menggunakan empat kendaraan BMW seri X.

READ  Bamsoet Ajak Investor China-AS Bangun Cyber Park di Indonesia

Peserta akan diajak menjelajahi lintasan dengan tiga model BMW X5 E53 dan satu unit BMW F48 X1.

“Ekspedisi ini direncanakan menempuh jarak 28.000 kilometer selama 130 hari, dengan melintasi 28 negara. Start dari Jakarta, Indonesia hingga tiba di Museum BMW di Munich, Jerman,” jelasnya.

Sementara Borneo Explore 360 akan dilaksanakan pada Juni hingga Juli 2024. Touring ini akan diikuti sekitar 38 peserta menggunakan 14 kendaraan dengan tipe Pajero Sport 4×4 dan Double Cabin 4×4.

Nantinya, para peserta touring akan mengeksplorasi Pulau Kalimantan, termasuk menjelajahi Malaysia dan Brunei Darussalam yang berbatasan langsung dengan Kalimantan.

Menurut perwakilan klub otomotif, Trans Nusantara 2024 akan diselenggarakan mulai bulan Agustus hingga September 2024. Rencananya, acara ini akan melibatkan sekitar 20 kendaraan yang akan memulai perjalanan dari Kuching, Malaysia. Kemudian, peserta akan menjelajahi berbagai daerah mulai dari Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, IKN Nusantara, Sulawesi, hingga destinasi terakhir di Kuching, Malaysia.

Sebagai informasi, dalam pertemuan tersebut, turut hadir Wakil Ketua Umum Mobilitas IMI Pusat Rifat Sungkar, dan Deputi Mobilitas IMI Pusat Adi Wibowo. Perwakilan BMW Ultimate Journey 2024 antara lain, Team Leader Posma Panggabean, Public Relation Wijanarko Adhi Pratama, Route Leader Bruse Novan dan Wijaya Kusuma, serta member Ade Kurnia. Perwakilan Trans Nusantara 2024 antara lain Expedition Leader Harry Sanusi, Convoy Leader Reza Hariputra, dan Media Publisher Abree. Perwakilan Pajero Sport Family (PSF) Chapter Seksi (Sekitar Bekasi) antara lain Penasehat Aryo Cahyono dan Benny Erwin, serta Ketua Chapter Hartanto.

Kesimpulan

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung penuh pelaksanaan touring lintas negara oleh berbagai klub otomotif seperti BMW Ultimate Journey 2024, Borneo Explore 360, dan Trans Nusantara 2024. Dukungannya tidak hanya dalam aspek promosi pariwisata, tetapi juga dalam memperkuat solidaritas kebangsaan dan jejaring diplomasi antarbangsa melalui kegiatan positif bersama. Touring ini diharapkan dapat memperkenalkan destinasi wisata unggulan Indonesia ke dunia internasional serta memberikan pengalaman unik bagi pesertanya melalui perjalanan lintas negara yang panjang.

READ  Waka MPR Dorong Konsistensi Pengembangan Kebudayaan Nasional