Perjalanan Surutnya Banjir di Braga Bandung, Lihat Kondisinya Sekarang!

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Banjir bandang di permukiman warga Braga, Bandung, Jawa Barat telah mulai surut. Saat ini, kami akan memberikan gambaran kondisi terkini setelah musibah banjir tersebut.

Dilansir dari sumber Detik Jabar pada Jumat (12/1/2024), warga di daerah tersebut terlihat sedang membersihkan rumah masing-masing. Mereka berjuang untuk menghilangkan lumpur bekas banjir bandang yang disebabkan oleh meluapnya Sungai Cikapundung.

“Mudah-mudah tidak ada hujan lagi agar airnya tidak meluap,” ujar salah satu warga bernama Nana.

Banjir diketahui telah menyebabkan 600 rumah di empat RW terdampak. Terdapat satu rumah di permukiman tersebut yang mengalami kerusakan parah setelah diterjang banjir bandang. Lokasi rumah ini tepat di tepian Sungai Cikapundung.

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menegaskan bahwa bantuan akan diberikan kepada para korban banjir. Selain itu, ia juga meminta Pemkot Bandung untuk segera memperbaiki tanggul yang rusak.

“Pemerintah Kota Bandung harus segera memperbaiki tanggul yang rusak. Maka dari itu, perbaikan ini seharusnya dapat diselesaikan pada hari ini,” kata Bey setelah meninjau lokasi banjir.

Setelah melanda selama beberapa hari, banjir di kawasan Braga, Bandung akhirnya mulai surut. Meski begitu, masih terlihat dampak yang ditinggalkan oleh banjir tersebut.

Jalanan tergenang air membuat aktifitas warga terhambat. Beberapa toko dan rumah warga juga mengalami kerusakan akibat ketinggian air yang cukup tinggi. Tim evakuasi dan pihak berwenang terus bekerja keras untuk membersihkan lumpur dan sampah yang berserakan di sekitar kawasan.

Pasar di sekitar Braga juga mengalami penurunan pengunjung akibat banjir ini. Pedagang pun mulai membersihkan dan mempersiapkan toko mereka untuk kembali beroperasi.

Pemerintah setempat juga telah mengevakuasi warga yang terdampak banjir dan memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada mereka. Meskipun banjir mulai surut, tetap diperlukan bantuan dan perhatian dari semua pihak untuk pemulihan penuh kawasan ini.

READ  Megawati Bongkar Rahasia Pembagian Sembako, Bukti Duitnya Dari Mana?

Selain itu, perkiraan cuaca juga perlu diawasi dengan ketat untuk mengantisipasi potensi hujan lebat yang dapat menyebabkan keluarnya banjir kembali. Masyarakat diminta untuk tetap waspada dan siap menghadapi kondisi ini.

Saksikan Video ‘Ratusan Rumah di Braga Kebanjiran Buntut Tanggul Sungai Cikapundung Jebol’:

Kesimpulan

Banjir bandang di permukiman warga Braga, Bandung, Jawa Barat telah mulai surut setelah melanda selama beberapa hari. Warga saat ini sedang berjuang membersihkan rumah mereka dari lumpur bekas banjir, sambil berharap agar tidak ada hujan lagi agar air tidak meluap. Banjir telah menyebabkan 600 rumah terdampak, termasuk satu rumah yang mengalami kerusakan parah di tepian Sungai Cikapundung. Pj Gubernur Jawa Barat memberikan jaminan akan memberikan bantuan kepada korban banjir, dan meminta Pemkot Bandung untuk memperbaiki tanggul yang rusak. Jalanan masih tergenang air membuat aktifitas warga terhambat, dan beberapa toko dan rumah mengalami kerusakan. Pihak berwenang terus bekerja keras untuk membersihkan lumpur dan sampah di sekitar kawasan. Pasar di sekitar Braga juga mengalami penurunan pengunjung akibat banjir ini. Pemerintah setempat telah mengevakuasi warga terdampak dan memberikan bantuan kebutuhan pokok. Meskipun banjir mulai surut, pemulihan penuh kawasan ini masih memerlukan bantuan dan perhatian dari semua pihak. Selain itu, perlu diawasi perkiraan cuaca untuk mengantisipasi potensi banjir kembali, sehingga masyarakat diminta untuk tetap waspada.