Basuki Ungkap Strategi Infrastruktur untuk Peringatan HUT Ke-79 RI di IKN

indotim.net (Rabu, 06 Maret 2024) – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan terhadap proyek pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Salah satu aspek yang diperiksa adalah kemajuan proyek pembangunan jalan guna memastikan kesiapan penyelenggaraan upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN pada bulan Agustus nanti.

“Ini adalah proses pembangunan jalan yang kita lihat tadi dari sana, sudah hampir selesai semuanya mencapai tingkat yang diinginkan, tinggal dilakukan perapian dan pemadatan,” ujar Basuki seperti yang dilansir dari akun Instagram Kementerian PUPR @kemenpupr pada Rabu (6/3/2024).

Basuki memastikan bahwa manajemen konstruksi pengerjaan jalan di IKN dihitung dengan teliti. Bahkan untuk penebangan pohon, setiap langkahnya telah dihitung matang.

“Tadi kita lewat yang aspal terus yang tanah, mulai dari yang tanah itu pemadatan, baru ini, baru aspal. Batu ini dari Palu semua, jadi manajemen konstruksinya memang dihitung betul. Motong pohon pun dihitung betul,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Danis Sumadilaga mengungkapkan bahwa infrastruktur dasar IKN seperti bandungan dan intake telah selesai dibangun. Selain itu, jaringan listrik, fiber optik, air, dan pipa gas juga akan dialirkan ke dalam multi-utility tunnel.

“Kami berada di Bendungan Sepaku Semoi yang sudah selesai dibangun, dan intake Sepaku juga sudah selesai. Hal ini menandakan bahwa pasokan air mentah yang akan diolah menjadi air minum sudah siap. Infrastruktur pendukung seperti pasokan air bersih, listrik, fiber optik, dan gas juga telah kita persiapkan untuk masuk ke dalam terowongan multi-utility,” kata Basuki.

Rencana persiapan infrastruktur untuk menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (IKN) semakin jelas. Basuki, salah satu pejabat terkait, menegaskan kesiapan tersebut dengan menyebut beberapa hal yang menjadi fokus.

READ  TKN Apresiasi Repnas Aceh: Deklarasi Gerakan Nasional Pilpres Sekali Putaran

“Kemudian sumbu kebangsaan, kemudian yang penting juga akses jalan tol. Intinya siap lah insyaallah 17 Agustus,” ujarnya dengan mantap.

Kesimpulan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan terhadap proyek pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN. Proses pembangunan jalan dan infrastruktur dasar di IKN telah mencapai tahap yang diinginkan, dengan manajemen konstruksi yang teliti. Rencana persiapan infrastruktur untuk menyambut perayaan HUT RI ke-79 di IKN semakin jelas, dengan fokus pada sumbu kebangsaan dan kesiapan akses jalan tol.