Brigjen Mardiaz Pimpin Sertijab Waka Setukpa dan PJU Setukpa Lemdiklat Polri

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Kepala Sekolah Tinggi Kepolisian Negara (Setukpa) Lemdiklat Polri, Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum., memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Wakil Kepala Setukpa dan beberapa pejabat utama Setukpa Lemdiklat Polri. Suasana sertijab berlangsung dengan khidmat.

Upacara sertijab ini diadakan di gedung Anton Sujarwo, Setukpa Lemdiklat Polri, Sukabumi, Jawa Barat, pada Jumat (12/1/2024). Acara ini dilakukan secara terbuka dan dihadiri oleh seluruh anggota Setukpa Lemdiklat Polri.

Brigjen Pol Tony Harsono, S.I.K., M.Si, yang sebelumnya menjabat sebagai Waka Setukpa, kini beralih tugas menjadi Penyidik Utama TK II Bareskrim Polri.

Posisi Waka Setukpa saat ini dijabat oleh Kombes Pol Drs. Ignatius Agung Prasetyoko, S.H., M.H., yang sebelumnya menjabat Kabag Bimsis Setukpa.

Upacara sertijab ini dilaksanakan di gedung Anton Sujarwo, Setukpa Lemdiklat Polri, Sukabumi (dok Istimewa)

Pada hari ini, Brigjen Mardiaz memimpin upacara sertijab Waka Setukpa dan beberapa pejabat utama Setukpa Lemdiklat Polri. Upacara tersebut berlangsung di gedung Anton Sujarwo, Setukpa Lemdiklat Polri, Sukabumi.

Kombes Pol Drs. H. Darmanto, S.Pd., M.M., yang sebelumnya menjabat Kabag Diklat Setukpa, kini menjabat sebagai Kabag Bimsis Setukpa.

Kombes Pol Edi Suroso, S.H., M.H saat ini menjabat sebagai Kabag Diklat Setukpa. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Sespimen Lemdiklat Polri.

Kombes Pol Priyo Mujihad, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Bin Gadik Setukpa, kini dipindahkan tugasnya menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Gadikwa Lemdiklat Polri. Digantikan oleh Kombes Pol Ivan Setiadi, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Sespimen Lemdiklat Polri.

Selain Waka Setukpa dan tiga Kabag, juga terjadi serah terima jabatan dua Kepala Bidang (Kabid). Kombes Pol Mohammad Helmi, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Proftek, saat ini menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Sespimen dalam rangka untuk mengikuti pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-33 Tahun 2024.

READ  Kementerian Agama Siapkan 40 Layanan KUA Inklusif

Upacara digelar terbuka dan diikuti seluruh personel Setukpa Lemdiklat Polri (dok Istimewa)

Posisi Kabid Proftek saat ini diisi oleh Kombes Pol Aris Sulistyono, S.H., M.H yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolresta Bengkulu Polda Bengkulu.

Brigadir Jenderal (Brigjen) Mardiaz memimpin serah terima jabatan (sertijab) Wakil Kepala Sekolah Tinggi Kepolisian Negara (Setukpa) dan Pejabat Jenderal Utama (PJU) Setukpa Lemdiklat Polri. Sertijab tersebut dilakukan untuk memperkuat struktur organisasi dan pelayanan pendidikan di Setukpa Lemdiklat Polri.

Sebelumnya, posisi Wakil Kepala Setukpa dijabat oleh Kombes Pol Rizal Marito, S.I.K., S.H., M.Si., yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Subbagian Hanjartaka Setukpa Lemdiklat Polri. Sedangkan posisi Kabid Pengsos diisi oleh Kombes Pol Satria Rizkiano, S.I.K., M.Si., M.H. yang kini beralih tugas menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Bindiklat Lemdiklat Polri.

“Mutasi yang bersifat tour of area atau tour of duty merupakan hal yang lazim dan sering terjadi, tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada pejabat yang bersangkutan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang lebih luas,” ujar Kasetukpa Brigjen Mardiaz Kusin dalam amanatnya.

Setelah upacara serah terima jabatan (sertijab), acara dilanjutkan dengan rapat perpisahan antara pejabat lama dan pejabat baru, serta tradisi pelepasan pejabat yang pindah tugas. Serta dihadiri oleh personel Setukpa Lemdiklat Polri yang akan pensiun pada tahun 2023 hingga Januari 2024.

Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto bersama Brigjen Tony Harsono yang beralih tugas menjadi Penyidik Utama TK II Bareskrim Polri. Tony sebelumnya menjabat Waka Setukpa (dok Istimewa)

Seorang perwira tinggi Polri, yakni Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto, memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Wakil Kepala Sekolah Tinggi Kepolisian Negara (Waka Setukpa) dan Pejabat Utama Setukpa Lemdiklat Polri. Peristiwa ini merupakan bagian dari perubahan dan mutasi jabatan di dalam Polri.

Tercatat terdapat 32 personel dari Setukpa yang mengakhiri masa tugasnya, di mana sembilan orang di antaranya adalah perwira menengah Polri dan dua orang perwira pertama. Selain itu, masih terdapat 21 pegawai negeri sipil (PNS) Polri yang telah mengabdi di Setukpa selama 30 tahun.

READ  Bamsoet Terkesan dengan Prestasi 5 Atlet Fudokan RI di Serbia

Sertijab Waka Setukpa dan PJU Setukpa Lemdiklat Polri berlangsung dengan khidmat. Acara tersebut ditutup dengan tradisi pedang pora yang mengantarkan personel yang beralih tugas dan memasuki masa pensiun.