Charger Motor Listrik Subsidi dengan Daya 900 Watt: Solusi Hemat dan Efisien!

indotim.net (Senin, 11 Maret 2024) – Motor listrik memang memiliki daya tarik tersendiri. Wajar jika motor ini kerap dianggap sebagai pilihan yang tepat saat ini, karena dinilai lebih efisien seperti lebih murah dan lebih hemat dibandingkan dengan motor bensin. Lalu berapa daya yang dibutuhkan untuk bisa charger motor listrik di rumah ya.

Dalam pemberitaan detikOto dan dikutip laman resmi Gesits Motor, disebutkan bahwa kapasitas daya listrik yang terpasang di rumah minimal adalah 900 Watt. Proses pengisian baterai motor listrik ini pun tergolong mudah, hanya dengan membuka jok motor untuk mengambil baterai dan menghubungkannya ke colokan biasa. Selain itu, pengisian juga bisa dilakukan dengan mencolok langsung ke power socket di motor jika jaraknya dekat.

Jika ingin mengisi ulang baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), kini dapat dilakukan dengan menggunakan voucher token yang dibeli melalui PLN. Proses pengisian dari 0% hingga full membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam.

Nah, bagi yang berminat membeli motor listrik Gesits dengan ‘subsidi’ Rp 7 juta, penting untuk diketahui bahwa tidak semua orang dapat membelinya.

Pihak Dealer Gesits belum memberikan informasi mengenai harga motor listrik dengan subsidi. Hal ini dikarenakan penerapan insentif tersebut baru akan mulai berlaku pada 20 Maret 2023.

“Terkait insentif, kemungkinan baru akan terealisasi pada sekitar tanggal 20 Maret dan persyaratan yang diperlukan, antara lain KTP dan NPWP, untuk validasi data yang ditujukan bagi UMKM dan penerima BLT,” ujar layanan konsumen dari dealer GESITS saat dihubungi belum lama ini.

Sebelumnya, pemerintah juga menetapkan syarat untuk mendapatkan ‘subsidi’ motor listrik. Diskon sebesar Rp 7 juta diberikan kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), penerima fasilitas KUR (Kredit Usaha Rakyat), serta pelanggan dengan pemakaian listrik berkisar antara 450 hingga 900 VA.

Motor Gesits jadi operasional motor operasional pemerintah Kabupaten Aceh. Foto: dok. PT WIKA Industri Manufaktur

Dijelaskan juga motor listrik Gesits memenuhi persyaratan untuk mendapatkan ‘subsidi’ dari pemerintah. Ya, Gesits memproduksi motor listrik G1 di dalam negeri dan memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 46,73%. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita waktu itu juga memastikan motor listrik bakal mendapat bantuan Rp 7 juta.

Potongan harga tersebut membuat motor listrik Gesits dapat dibeli dengan harga sekitar Rp 20-21 jutaan. Dengan kisaran harga tersebut, motor ini mampu menjangkau jarak hingga 100 km jika membawa dua baterai. Namun, jika hanya menggunakan satu baterai, jarak tempuhnya akan mencapai 50 km. Meskipun demikian, hal tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor kecepatan, akselerasi, suhu udara, kecuraman jalan, dan berat muatan yang dibawa.

Berbeda dengan sejumlah motor listrik yang baterainya bisa diswap, baterai Gesits justru bisa dicas dimanapun, termasuk di rumah. Tidak harus rumah berdaya tinggi untuk bisa mengisi ulang baterai Gesits.

Syarat mendapatkan subsidi Motor Listrik Rp 7 juta

Dalam Peraturan Menteri Perindustrian No 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin No 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai Roda Dua.

READ  Baku Tembak Brutal Polisi vs Geng Commando Vermelho di Brasil, 7 Nyawa Melayang

Namun, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat menikmati subsidi untuk motor listrik. Lalu, apa saja syarat-syarat tersebut dan bagaimana cara memenuhinya? Simak penjelasannya di bawah ini:

Ada tiga syarat yang harus dipenuhi apabila detikers ingin mendapatkan subsidi motor listrik, yaitu:

1. Calon penerima subsidi motor listrik harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang minimal berusia 17 tahun.

2. Calon pelanggan harus memiliki e-KTP (KTP Elektronik).

3. Setiap Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP hanya diperbolehkan untuk membeli satu unit motor listrik saja.

Cara Daftar Subsidi Motor Listrik

Perlu diingat, tidak semua orang berhak mendapatkan subsidi motor listrik. Pihak dealer akan mengecek data calon pembeli melalui situs Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (SISAPIRa).

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Kunjungi dealer motor listrik yang mengikuti program subsidi pemerintah.

Sebelum melakukan pembelian, ada prosedur yang harus dijalani. 1. Antre di depan kios agar petugas bisa memberikan nomor antrian.

2. Nantinya petugas akan melakukan pengecekan NIK KTP calon pembeli lewat sistem SISAPIRa.

3. Saat calon pembeli telah dinyatakan lolos dan berhak menerima subsidi, motor listrik yang akan dibelinya akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp 7 juta.

4. Setelah memilih tipe motor listrik yang diinginkan, proses administrasi harus diselesaikan oleh calon pembeli sebelum melangkah ke langkah selanjutnya untuk melakukan pelunasan.

5. Kini, calon pembeli hanya perlu menunggu motor listriknya dikirim ke alamat rumah. Proses keluarnya STNK dan plat nomor diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu setelah proses pembelian.

Daftar Motor Listrik yang Mendapat Subsidi

Menurut informasi dari laman SISAPIRa pada Kamis (1/2/2024), sudah ada lebih dari 50 unit motor listrik yang menerima subsidi dari pemerintah. Berikut adalah daftar motor listrik yang telah mendapat subsidi:

1. Juara Bike (Selis)

– Selis Agats SLA: Rp 9,49 juta

Di era modern ini, berbagai inovasi terus muncul untuk mendukung penggunaan motor listrik. Salah satunya adalah charger motor listrik subsidi dengan daya 900 Watt yang dapat diakses dengan harga terjangkau.

Dengan hadirnya Selis Agats seharga Rp 15,9 juta, masyarakat kini dapat lebih mudah mengakses teknologi ramah lingkungan ini. Charger motor listrik subsidi ini memberikan kemudahan bagi pengguna motor listrik untuk mengisi daya dengan cepat dan efisien.

Menurut informasi dari sumber terpercaya, untuk mengisi daya motor listrik yang memiliki daya 900 watt kini sudah bisa dilakukan dengan menggunakan charger listrik subsidi. Ini menjadi kabar baik bagi para pengguna motor listrik dengan daya tersebut.

Selain itu, salah satu contoh motor listrik yang dapat diisi dayanya menggunakan charger listrik subsidi adalah Selis Emax dengan harga sekitar Rp 13,5 juta.

READ  Viral! Investigasi Tawuran Pemuda di Bogor, Polisi Bergerak Cepat

– Selis Go Plus: Rp 22,4 juta

2. Smoot Motor Indonesia (Smoot)

– Smoot Tempur: Rp 11,5 juta

Pilihan motor listrik yang cocok untuk daya listrik 900 Watt antara lain:

  • Smoot Zuzu: Rp 12,9 juta

3. Hartono Istana Teknologi (Polytron)

– Polytron Fox-R: Rp 13,5 juta

4. Artas Rakata Indonesia (Rakata)

– Rakata S9: Rp 13,5 juta

– Rakata X5: Rp 15,1 juta

5. Electra Mobilitas Indonesia (Alva)

– Alve One One: Rp 29,4 juta

Penggunaan daya listrik sebesar 900 watt kini sudah memungkinkan untuk melakukan pengisian pada motor listrik subsidi. Salah satu contohnya adalah Alva ADC-BP AT Cervo yang dijual dengan harga Rp 35,7 juta.

– Alva ADC-BP-L1R A/T (Cervo 1 Battery): Rp 30,75 juta

6. Greentech Global Engineering (Greentech)

– Scood: Rp 9,5 juta

Sebelumnya, sudah disebutkan bahwa motor listrik AERO dijual seharga Rp 8,9 juta.

– VP: Rp 9,7 juta

– Ranger: Rp 7,5 juta

– Scood VRLA: Rp 7,5 juta

Mendengar kabar gembira ini, masyarakat semakin tertarik untuk beralih ke motor listrik. Tidak hanya ramah lingkungan, namun juga ekonomis dalam jangka panjang. Peluang ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna motor listrik yang telah memiliki daya listrik 900 Watt di rumah mereka.

– Hurricane: Rp 8,5 juta

– AERO VRLA: Rp 6,9 juta

Dengan adanya kemajuan teknologi, kini daya listrik 900 Watt sudah cukup untuk mengisi baterai motor listrik subsidi. Hal ini menjadikan penggunaan motor listrik semakin ramah lingkungan dan efisien.

– VP VRLA: Rp 7,5 juta

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini daya listrik 900 watt sudah cukup untuk melakukan pengisian baterai motor listrik secara hemat. Salah satu produk yang dapat dimanfaatkan adalah VP VRLA dengan harga Rp 7,5 juta.

Mendukung mobilitas ramah lingkungan, hadirnya motor listrik subsidi semakin mempermudah transportasi masyarakat. Dengan daya listrik sebesar 900 Watt, pengguna motor listrik subsidi dapat dengan mudah melakukan pengisian daya.

Saat ini, salah satu pilihan motor listrik subsidi yang tersedia adalah Unity dengan harga Rp 5,3 juta. Unit ini menawarkan kinerja yang handal dengan fitur-fitur modern yang cocok untuk kebutuhan sehari-hari.

7. Terang Dunia Internusa (United)

– United T1800: Rp 23,5 juta

– United TX1800: Rp 26,9 juta

– United TX3000: Rp 42,9 juta

Selain United TX3000, masih ada beberapa merek lain yang juga ditawarkan dengan harga yang bersaing. Masyarakat semakin dimudahkan untuk memiliki motor listrik dengan daya 900 Watt yang bisa diisi ulang dengan harga terjangkau. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

– United MX1200 AT: Rp 8,8 juta

8. Volta Indonesia Semesta (Volta)

– Volta 401: Rp 9,9 juta

– Volta 402: Rp 11,1 juta

– Volta 403: Rp 11,9 juta

9. Triangle Motorindo (Viar)

– Viar New Q1: Rp 14,5 juta

Fitur pengisian daya listrik dengan daya 900 watt kini telah menjadi solusi praktis untuk pengguna motor listrik. Meskipun memiliki daya yang lebih rendah dibandingkan dengan pengisian listrik di rumah, namun sudah cukup untuk mengisi daya motor dengan mudah.

Dengan teknologi ini, pengguna motor listrik dapat mengisi ulang daya motor secara efisien tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Selain itu, teknologi pengisian daya 900 watt juga ramah lingkungan karena menggunakan listrik sebagai sumber energi utamanya.

READ  Dishub DKI Jakarta Menyambut Kendaraan Ramah Lingkungan dengan 5 Motor Listrik

Tidak heran, motor listrik seperti Viar NX dengan harga Rp 7,3 juta menjadi pilihan favorit di kalangan pengguna yang mengutamakan efisiensi dan kemudahan dalam menggunakan motor listrik.

– Viar EV1: 9,3 juta

10. Wika Industri Manufaktur (Gesits)

– Gesits G1: Rp 21,9 juta

– Gesits Raya: Rp 20,9 juta

Penggunaan daya listrik 900 watt kini semakin diminati karena ketersediaan charger motor listrik yang mendapat subsidi dari pemerintah. Dengan kemudahan ini, masyarakat semakin tertarik untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan yang menggunakan tenaga listrik.

11. National Assembler (Yadea)

– Yadea E8S Pro: Rp 16,9 juta

Motor listrik semakin diminati sebagai solusi transportasi ramah lingkungan. Tidak hanya itu, dengan daya listrik 900 watt, kini sudah memungkinkan untuk mengisi daya motor listrik subsidi. Salah satunya adalah Yadea T9 yang dibanderol seharga Rp 14,5 juta.

– Yadea G6: Rp 20,5 juta

12. Ninetology Indonesia

– Enine V5 Lit: Rp 15 juta

Menariknya, meski memiliki daya listrik sebesar 900 watt, motor listrik subsidi ini sudah dilengkapi dengan fitur untuk melakukan pengisian daya secara efisien. Dengan begitu, pemilik motor listrik tak perlu khawatir akan kesulitan ketika ingin mengisi daya baterai.

– Enine T1 + Lit: Rp 12,9 juta

12. Harga Motor Listrik

– Roda Pasifik Mandiri: Mulai dari Rp 6 juta

13. Roda Pasifik Mandiri

– Exotic Sterrato: Rp 5,5 juta

Sebagai alternatif ramah lingkungan, motor listrik semakin diminati masyarakat. Kini, dengan semakin mudahnya pengisian daya, motor listrik menjadi opsi menarik bagi banyak orang. Salah satunya adalah varian Exotic Vito dengan harga Rp 5,7 juta.

– Exotic Mizone: Rp 6,1 juta

Saat ini, dengan daya listrik 900 watt, ternyata sudah cukup untuk melakukan pengisian daya pada motor listrik subsidi, lho! Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi masyarakat yang mengandalkan motor listrik sebagai salah satu transportasi sehari-hari.

– Exotic Sprinter AT: Rp 7,9 juta

– Exotic Sprinter Pro-Max: Rp 7,9 juta

14. Ide Inovatif Bangsa (Quest)

– Quest Atom: Rp 20,9 juta

15. Uwinfly Indonesia Industries (Uwinfly)

– Uwinfly N9 Pro Smart: Rp 8,3 juta

– Uwinfly T3 Smart: Rp 6,3 juta

– Uwinfly GN Smart: Harganya mencapai Rp 5,9 juta, motor listrik ini dapat diisi dayanya menggunakan listrik rumah tangga biasa. Dengan daya 900 watt, motor listrik ini sudah bisa di-charge secara mudah dan hemat biaya.

– Uwinfly T5 Smart: Rp 9,9 juta

– Uwinfly BW Smart: Rp 7,7 juta

Mendukung keberlangsungan lingkungan, teknologi motor listrik semakin diminati. Uwinfly X6 Smart menjadi salah satu pilihan terbaik dengan harga Rp 15 juta.

16. Jarvis Lintas Mandiri

– Jarvis Morgan: Rp 12,9 juta

17. Green City Traffic

– ECGO 3 A/T: Rp 15,9 juta

– ECGO 5 A/T: Rp 12,9 juta

18. Alessa Motors Nusantara

– Alessa Uno: Rp 10,9 juta

Menanggapi hal ini, Alessa Duo hadir dengan harga Rp 12,9 juta.

19. Astra Honda Motor (Honda)

– Honda EM 1 e: Rp 33 juta

Demikian syarat dan cara mendapatkan subsidi motor listrik serta daftar motor listrik bersubsidi terbaru per Februari 2024. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca sekalian.