9 Fakta Seru tentang Semanggi Berdaun Empat, Bukan Hanya Tanaman Keberuntungan!

indotim.net (Rabu, 10 Januari 2024) – Kerap dihubungkan dengan keberuntungan, tanaman semanggi berdaun empat mungkin tak asing bagi pengguna emojinya di ponsel. Namun, pada kenyataannya tanaman ini tergolong langka bagi detikers.

Untuk menemukan semanggi berdaun empat atau dalam bahasa Inggris disebut four-leaf clover di padang rumput memerlukan kesabaran dan keberuntungan yang tinggi. Tanaman ini bisa dianggap berharga dan langka, tetapi mengapa demikian?

Salah satu alasan mengapa semanggi berdaun empat dianggap sebagai tanaman keberuntungan adalah karena diyakini bahwa penemunya akan merasakan keberuntungan. Akan tetapi, kemunculan keberuntungan ini sebenarnya hanya bersifat takhayul.

Menurut laman The Fat Site, takhayul tentang semanggi berdaun empat ini sudah ada sejak zaman pendeta Celtic pagan yang percaya bahwa tanaman semanggi dapat digunakan sebagai pengusir nasib buruk. Selain itu, dalam tradisi agama Kristen, dikatakan bahwa tanaman semanggi berdaun empat ini dipetik oleh Hawa ketika ia dikeluarkan dari surga atau taman eden.

Dibalik makna keberuntungan ini, ternyata tanaman semanggi berdaun empat juga memiliki fakta menarik lo. Apa saja? Berikut penjelasan selengkapnya.

9 Fakta Menarik Semanggi Berdaun Empat

1. Banyak Tiruannya

Semanggi berdaun empat memiliki nama ilmiah Trifolium repens. Biasanya, tanaman ini memiliki tiga daun dan sering kali mampu mengalami mutasi dan tumbuh daun tambahan.

Semakin banyak daun yang dimiliki, semakin sulit juga tanaman ini bisa ditemukan. Pada tahun 2009, Shigeo Obara, seorang petani di Jepang, menemukan semanggi dengan jumlah 56 daun, menjadi jumlah yang terbanyak yang pernah tercatat.

Jika Anda tertarik untuk mencarinya, perhatikan karena ada banyak tanaman yang mirip dengan semanggi berdaun empat. Seperti semanggi air, pepperwort, dan oxalis yang juga memiliki empat daun tetapi berbeda dengan four-leaf clover.

READ  Posko Aduan Pemilu di Kemenko Polhukam Dibahas TKN, Mahfud: Integritas Tanpa Batas

2. Setiap Daun Punya Makna Berbeda

Semanggi berdaun empat memiliki makna yang penting bagi bangsa Celtic. Setiap daunnya dianggap memiliki berkah bagi mereka yang menemukannya serta memiliki makna yang berbeda-beda.

Daun pertama melambangkan ketenaran, kedua mengenai kekayaan, ketiga memiliki makna cinta, dan daun keempat melambangkan kesehatan. Jika Anda menemukan semanggi dengan lebih dari empat daun, setiap helainya juga memiliki keberkahan yang berbeda.

Menurut legenda Irlandia, semanggi berdaun lima dikatakan membawa keberuntungan dalam hal keuangan, sementara daun enam dikaitkan dengan kedatangan ketenaran, dan daun tujuh melambangkan umur yang panjang.

Makna di Agama Kristen

Ketika agama Kristen menjadi agama yang lebih dominan di negara barat, semanggi berdaun empat melambangkan kebijakan Kristen. Yaitu harapan, iman, amal, dan keberuntungan.

4. Pemilik Koleksi Semanggi Berdaun Empat Terbanyak

Guinness World Records mencatat bahwa Gabriella Gerhard adalah pemilik koleksi semanggi berdaun empat terbanyak, yaitu sebanyak 118.791 tangkai pada tanggal 25 Februari 2023. Selain itu, ia juga tercatat sebagai penemu jumlah semanggi berdaun empat terbanyak dalam waktu satu jam.

5. Sangat langka

Diketahui peluang untuk memetik semanggi berdaun empat adalah 1 banding 10.000. Namun, hasil sebuah penelitian di Swiss menunjukkan bahwa kemungkinannya menjadi lebih besar yakni 1 banding 5.000.

Semanggi berdaun empat dianggap sebagai tanaman yang sangat langka karena setiap sel dalam tumbuhan ini memiliki empat salinan kromosom. Hal ini membuat mutasi empat daun menjadi mungkin terjadi, namun persyaratan utamanya adalah bahwa setiap salinan kromosom harus memiliki sifat genetik yang memungkinkan pertumbuhan daun empat. Keunikan ini terjadi karena gen yang dimiliki oleh tanaman ini memiliki sifat resesif.

Semanggi berdaun empat memiliki banyak fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui. Salah satunya adalah kepercayaan bahwa semanggi berdaun empat membawa keberuntungan. Namun, ada fakta lain yang menarik terkait dengan tanaman ini.

READ  Keindahan dan Perbedaan Edelweis Rawa yang 'Dirusak' di Ranca Upas dengan Edelweis Gunung yang Menakjubkan

Salah satu fakta menarik tentang semanggi berdaun empat adalah terkait dengan sejarahnya. Tanaman ini memiliki julukan “jimat keberuntungan Abraham Lincoln”. Hal ini karena pada masa kampanye pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 1860, Abraham Lincoln sering kali disambut dengan semanggi berdaun empat yang ditempelkan pada pakaiannya. Tanaman ini menjadi simbol keberuntungan dan perlambang ketahanan dalam perjuangan Lincoln.

Presiden Amerika Serikat ke-16, Abraham Lincoln, diketahui menggunakan semanggi berdaun empat sebagai jimat keberuntungan yang selalu ia bawa kemanapun ia pergi. Namun, tanaman ini dilaporkan ditinggalkan di rumahnya pada malam John Wilkes Booth membunuhnya.

7. Penyelamat Napoleon Bonaparte

Sejarah mencatat bahwa Napoleon Bonaparte pernah melihat semanggi berdaun empat di tengah pertempuran. Karena itu, ia pun membungkukkan badannya untuk memetiknya.

Keberuntungan memang terkadang datang dari hal-hal kecil yang tidak terduga. Salah satunya adalah keberuntungan yang dialami oleh Napoleon Bonaparte. Pada suatu kejadian, ia membungkuk dan dengan keberuntungan yang luar biasa, ia menghindari peluru yang seharusnya ditujukan kepadanya.

8. Tumbuh Berdekatan

Ternyata, semanggi berdaun empat sering kali tumbuh berdekatan dengan tanaman lainnya. Hal ini menunjukkan kemampuan semanggi berdaun empat dalam mengadaptasi diri dengan lingkungan sekitarnya. Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan menemukan bahwa semanggi berdaun empat memiliki kemampuan untuk berbagi nutrisi dan sumber air dengan tanaman lain di sekitarnya. Hal ini membuat semanggi berdaun empat menjadi tanaman yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Jika kamu ingin meningkatkan peluang untuk menemukan semanggi berdaun empat, ada tips yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah tetap berada di tempat di mana kamu menemukan semanggi yang pertama kali.

Keunikan semanggi berdaun empat tidak hanya terletak pada reputasinya sebagai tanaman keberuntungan. Ada hal menarik lain yang membuat tanaman ini menarik perhatian.

READ  Peringatan: Tanaman dan Jamur di Dunia Akan Segera Lenyap, Ilmuwan Mengungkap

Salah satunya adalah fakta bahwa cabang lain dari tanaman semanggi yang sama mungkin memiliki gen yang sama pula. Ini berarti peluang menemukan tanaman dengan daun empat ini semakin besar.

Tips kedua adalah mencarinya saat bulan-bulan mendekati musim panas. Para ilmuwan menjelaskan bahwa tanaman ini mungkin menghasilkan daun tambahan saat cuaca mulai menghangat.

Tetapi saat cuaca terlalu panas, semanggi berdaun empat menjadi sulit untuk ditemukan. Kebanyakan semanggi tumbuh subur di daerah yang lembab dan sejuk.

9. Bukan Simbol Irlandia

Ternyata, semanggi berdaun empat bukanlah simbol negara Irlandia yang sebenarnya. Simbol yang sebenarnya adalah shamrock. Meskipun keduanya merupakan tanaman yang sama secara teknis, shamrock hanya memiliki tiga daun.

Berikut adalah 9 fakta menarik tentang semanggi berdaun empat atau four-leaf clover. Apakah kamu yakin bahwa tanaman ini membawa keberuntungan?