Tinjau Pabrik VinFast, Jokowi Melejitkan Perekonomian dengan Investasi Otomotif

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik rencana investasi produsen otomotif asal Vietnam, VinFast, di Indonesia. Hal ini diungkapkan Jokowi dalam pertemuan dengan Chairman VinFast, Pham Nat Vuong, di Kantor VinFast, Hai Phong, Vietnam.

“Kami mendukung penuh rencana investasi VinFast di Indonesia. Nanti kalau ada hal-hal yang berkaitan dengan izin bisa ke menteri saya,” ujar Jokowi dalam keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Sabtu (13/1/2024).

Setelah bertemu dengan Chairman VinFast, Presiden Jokowi mendapat kesempatan untuk mengunjungi langsung pabrik mobil listrik VinFast. Usai peninjauan tersebut, Jokowi memberikan tanggapannya bahwa VinFast merupakan salah satu perusahaan otomotif yang sedang pesat berkembang.

“Ini merupakan industri yang perkembangannya sangat pesat dan akan berinvestasi di Indonesia secepatnya,” ujar Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik rencana investasi perusahaan otomotif asal Vietnam, VinFast, untuk membuka pabrik di Indonesia. Dalam kunjungan ke pabrik VinFast, Jokowi menyampaikan harapannya agar kehadiran perusahaan ini dapat mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, dan diharapkan dapat terhubung dengan industri baterai listrik.

“Kami harapkan dengan adanya proyek ini, ekosistem industri otomotif di Indonesia dapat segera berkembang seperti yang selalu saya sampaikan sebelumnya. Chairman VinFast juga menyampaikan komitmennya untuk segera memulai proses konstruksi secepat mungkin,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi menyambut baik rencana investasi produsen otomotif asal Vietnam, VinFast, di Indonesia. (Rusman-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pada kesempatan tersebut, Jokowi memberikan tanggapan positif terhadap rencana investasi VinFast, produsen otomotif asal Vietnam, untuk beroperasi di Indonesia. Presiden Jokowi juga mengunjungi pabrik VinFast dan melihat secara langsung berbagai tahapan dalam perakitan mobil listrik, termasuk pemasangan baterai mobil listrik. Selain itu, Jokowi juga merasakan sensasi duduk di balik kemudi mobil listrik VinFast.

READ  Dilema Buruh Migran Thailand: Lari dari Kedukaan Menuju Harapan

Turut mendampingi Jokowi saat peninjauan di VinFast adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, dan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi.

Saat meninjau pabrik VinFast, Presiden Joko Widodo menyambut baik rencana investasi perusahaan otomotif asal Vietnam tersebut di Indonesia. Dalam kunjungannya, turut hadir CEO VinGroup Nguyen Viet Quang, Deputy CEO VinFast Pham Nhat Quan Ang, Head of VinFast Factory Trunh Vanh Ngan, dan General Assembly Manager Hong Sia dari VinFast.

Kesimpulan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung investasi produsen otomotif asal Vietnam, VinFast, di Indonesia. Melalui kunjungan ke pabrik VinFast, Jokowi menekankan pentingnya perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Dalam meninjau pabrik, Jokowi juga menunjukkan dukungan terhadap rencana investasi VinFast. Dalam hal ini, VinFast diharapkan dapat memajukan perekonomian Indonesia dan mendukung industri otomotif di negara ini.