Jimny 5 Pintu: Menarik Konsumen Lebih Banyak

indotim.net (Rabu, 06 Maret 2024) – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah resmi merilis Suzuki Jimny 5 Pintu di pasar otomotif Indonesia. Meskipun tersedia versi dengan pintu lebih banyak, keberadaan Jimny 5 Pintu tidak mengakibatkan Jimny 3 Pintu dilupakan begitu saja.

Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning PT SIS, mengatakan Suzuki Jimny 3 pintu tetap dijual. Peminatnya tetap ada meski sudah diluncurkan Suzuki Jimny 5 pintu yang punya dimensi lebih besar.

Jakarta – Meski hadir dengan varian 5 pintu, kehadiran Jimny baru tidak membuat konsumen setia Jimny 3 pintu tergoda untuk beralih. “Jimny 3 pintu masih diminati, para konsumen tetap setia,” ungkap Joshi dalam sesi media test drive Suzuki Jimny 5 Pintu di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (5/3/2024).

Menurut Joshi, perbedaan antara Jimny 3 pintu dan 5 pintu hanyalah dari segi dimensi. Joshi menyatakan bahwa Suzuki Jimny 5 pintu lebih sesuai bagi konsumen yang sudah memiliki keluarga.

“Secara desain, Jimny 5 pintu ini lebih cocok untuk keluarga dibanding versi 3 pintu. Meskipun dari segi kenyamanan hampir sama, namun kemudahan aksesibilitas menjadi faktor utama. Pada Jimny 3 pintu, jika terdapat penumpang di kursi belakang, proses keluar masuk menjadi agak merepotkan karena perlu melipat bangku. Terlebih, ruang gerak bagi penumpang belakang juga sangat terbatas dibandingkan dengan Jimny 5 pintu,” ujar Joshi.

Ei Mochizuki, Asisten Kepala Departemen Perencanaan Strategis PT SIS, menegaskan bahwa konsumen yang memesan Jimny 3 pintu tetap ada meskipun Jimny 5 pintu telah diluncurkan. Menurut Mochizuki, meskipun peminat Jimny 5 pintu lebih banyak, namun pemesanan untuk Jimny 3 pintu juga tetap stabil.

Suzuki Jimny 5 Pintu Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

“SPK tetap ada. Yang kemarin di IIMS pun ada. Yang lima pintu memang lebih banyak, tapi yang 3 pintu ada,” ujar Mochizuki.

READ  Profil Siapa Sia Leng Salem yang Dibahas di Sidang Gratifikasi Rp 58 M?

Menurut Kepala Hubungan Masyarakat PT Suzuki Indomobil Sales, Zulfikar Rafi Al Ghany, tim sales Suzuki mendapati bahwa beberapa konsumen ternyata memilih beralih dari Jimny 3 pintu ke Jimny 5 pintu. Namun, Ghany belum dapat memastikan jumlah konsumen yang melakukan transisi tersebut.

Informasi dari tim penjualan mengindikasikan bahwa ada yang beralih dari varian 3 pintu ke varian 5 pintu. Jadi bagi yang sudah melakukan pemesanan untuk varian 3 pintu, mereka belum menerima unitnya. Ketika mengetahui bahwa tersedia varian 5 pintu, mereka memutuskan untuk beralih ke varian tersebut. Namun, masih belum diketahui seberapa banyak konsumen yang melakukan hal serupa,” ungkap Ghany dalam kesempatan yang sama.

Dari segi tampilan, Suzuki Jimny 5 Pintu memiliki desain yang mirip dengan varian 3 Pintu-nya. Perbedaan utama terletak pada adopsi aksen chrome pada gril Jimny 5 Pintu.

Dengan adopsi 5 pintu, generasi terbaru Jimny menawarkan dimensi yang sedikit lebih besar. Panjang keseluruhannya mencapai 3.965 mm, sementara lebarnya 1.645 mm dan tingginya 1.720 mm, ukuran yang identik dengan varian Jimny 3 pintu.

Suzuki Jimny 5 Pintu Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Jimny 5 Pintu hadir dengan jarak sumbu roda yang lebih jenjang, yaitu 2.590 mm. Meski begitu, ground clearance-nya tetap sama dengan Jimny 3 Pintu, yakni 210 mm.

Dimensi Jimny 5 Pintu yang lebih panjang memberikan keunggulan dengan radius putar minimum 5,7 meter. Tak hanya itu, approach angle mencapai 36 derajat, departure angle sebesar 47 derajat, dan ramp breakover angle sebesar 24 derajat.

Namun, dengan tambahan pintu belakang, Jimny Edisi 5 Pintu memberikan keleluasaan lebih bagi para pengguna. Kini, kabin belakang memiliki ukuran yang lebih besar, dapat menampung hingga tiga orang dewasa dengan nyaman. Bahkan ketika penumpang masuk, bagasi tetap memiliki kapasitas yang cukup besar, mencapai 211 liter.

READ  Bantu Pendidikan, Gubernur Kalteng Luncurkan Program Tabungan Beasiswa Berkah

Suzuki Jimny 5 Pintu hadir dengan dapur pacu dan spesifikasi kaki-kaki yang identik dengan varian Jimny 3 Pintu. Mesin yang digunakan adalah K15B dengan kapasitas 1.462 cc.

Mesin yang digunakan Suzuki untuk model MPV dan SUV mereka terbukti efisien dan bertenaga. Tenaga maksimal mencapai 100,6 HP pada 6.000 RPM dengan torsi 130 Nm pada 4.000 RPM.

Pembahasan seputar Jimny terus menghangat dengan kehadiran varian 5 pintu yang disematkan oleh Suzuki dengan sistem All Grip alias 4×4. Kelebihan utama dari Jimny 5 Pintu adalah kemampuan sistem penggerak roda ini yang dapat dengan mudah diubah dari 2H menjadi 4H, bahkan saat kendaraan sedang berjalan atau shift on the fly.

Kesimpulan

Meskipun Suzuki Jimny 5 Pintu telah dirilis dengan dimensi lebih besar dan desain yang cocok untuk keluarga, konsumen setia Suzuki Jimny 3 Pintu tetap ada dan tidak tergoda untuk beralih. Meskipun peminat Jimny 5 Pintu lebih banyak, pemesanan untuk Jimny 3 Pintu tetap stabil. Perbedaan utama antara keduanya adalah dari segi dimensi, di mana Jimny 5 Pintu memberikan keleluasaan lebih bagi pengguna dengan kabin belakang yang lebih besar. Mesin dan spesifikasi Jimny 5 Pintu masih identik dengan versi 3 Pintu, namun memiliki sistem All Grip 4×4 yang dapat dengan mudah diubah dari 2H menjadi 4H, menawarkan keunggulan performa dan kenyamanan bagi pengemudi.