Kebiasaan Ajaib Mark Zuckerberg Saat Menidurkan Anak, Ajak ‘Ngoding’-Refleksi

indotim.net (Minggu, 03 Maret 2024) – Mendongeng mungkin jadi kebiasaan orang tua kepada anak sebelum tidur. Namun, Mark Zuckerberg, sang pencipta Facebook, memiliki kebiasaan yang sedikit berbeda.

Priscilla Chan, istri Zuckerberg, membagikan pengalaman unik tentang peran Mark Zuckerberg dalam menidurkan anak-anak pada malam hari. Dia mengungkap bahwa meskipun kesibukan Mark sebagai seorang pengusaha sukses, namun ia tetap meluangkan waktu untuk terlibat langsung dalam menidurkan anak-anak.

Ketika tiba saatnya untuk Maxima dan August tidur, Mark Zuckerberg tidak seperti kebanyakan orang tua pada umumnya.

Zuckerberg Ajak Anak Ngoding Sebelum Tidur

Chan menceritakan bahwa Zuckerberg menerapkan kebiasaan ngoding sebelum tidur sejak anak-anak mereka, August dan Maxima berusia 3 tahun. Kebiasaan ini juga terungkap saat Zuckerberg membagikan foto August pada tahun 2021 silam.

Sebelum menidurkan anaknya, Mark Zuckerberg sering mengajaknya ‘ngoding’. Dalam unggahan di Facebook, August terlihat asyik melakukan coding pemrograman dengan bantuan aplikasi bernama Kano. Hal tersebut membawa refleksi tentang pentingnya pendidikan teknologi sejak dini.

Anak Mark Zuckerberg, August, saat Mengerjakan Coding. Foto: Tangkapan Layar Facebook Mark Zuckerberg

“Saya hanya ingin mengatakan bahwa mengajar anak mengetik adalah salah satu ujian kesabaran terbesar yang pernah saya alami,” tulis Zuckerberg.

“August mengetik dengan kecepatan 1-2wpm [kata per menit]. Dan ketika dia memasukkan beberapa huruf ke dalam sebuah kata lalu membuat kesalahan dan secara tidak sengaja menekan hapus tiga kali, bukan sekali, dan kemudian harus mengetik ulang seluruh kata, Aku nggak sabar liatnya,” sambungnya.

Refleksi Bersama Anak

Selain mengajak anak-anaknya ‘ngoding’, Mark Zuckerberg juga rutin melakukan sesi refleksi sebelum tidur bersama putri-putrinya. Ia menganggap momen ini sebagai bagian dari ‘goodnight things’ yang penting bagi hubungan keluarga mereka.

READ  Pengertian Pseudocode: Rahasia Bilangan Prima!

Saat akan menidurkan anaknya, Mark Zuckerberg memiliki kebiasaan unik yang mungkin jarang dilakukan oleh orang tua lainnya. Dia seringkali bertanya kepada kedua anaknya, Max dan Augie, hal apa yang menurut mereka paling penting dalam hidup.

Sebelum Mark Zuckerberg menidurkan anak-anaknya, ia memiliki kebiasaan unik yang tidak lazim dilakukan oleh kebanyakan orang. Zuckerberg percaya bahwa membicarakan hal-hal penting sebelum tidur merupakan bagian penting dari kesehatan seseorang. Menurutnya, dengan berdiskusi sebelum tidur, ia dapat mengetahui apakah Maxime dan August menjaga diri mereka sendiri, menjalin hubungan yang baik dengan teman-teman dan keluarga, serta berbagi tentang sesuatu yang mereka sukai di masa depan.

Hal terakhir yang dia tanyakan kepada mereka adalah apa yang mereka lakukan hari itu untuk membantu seseorang. Bagi putrinya yang masih kecil, bisa saja membantu menyiapkan meja atau membantu teman sekelas di sekolah.

“Jika Anda meringkas filosofi hidup saya secara keseluruhan dalam apa yang saya coba tanamkan kepada anak-anak saya, itulah hal-hal yang menurut saya sangat penting,” kata Mark Zuckerberg.

Doa Sebelum Tidur

Kebiasaan unik Mark Zuckerberg tak berhenti saat anak-anaknya akan tidur. Zuckerberg punya kegiatan khusus sebelum tidur untuk sang buah hati.

Salah satunya, Zuckerberg sering mengajak anak-anaknya belajar bahasa Mandarin sebelum tidur, bahasa yang dia kuasai dengan baik meski belajar otodidak.

Bahkan Mark Zuckerberg pernah mengadakan sesi tanya jawab selama 30 menit yang seluruhnya menggunakan bahasa Mandarin pada tahun 2014.

Kesimpulan

Meskipun Mark Zuckerberg memiliki kesibukan sebagai seorang pengusaha sukses, namun ia tetap meluangkan waktu untuk terlibat langsung dalam menidurkan anak-anaknya dengan kebiasaan ngoding sebelum tidur. Kebiasaan ini mencerminkan pentingnya pendidikan teknologi sejak dini serta kerja sama dalam keluarga. Selain itu, Zuckerberg juga melakukan sesi refleksi bersama anak-anaknya, mempertanyakan hal-hal penting dalam hidup mereka sebelum tidur, dan mengajak mereka belajar bahasa Mandarin sebagai bagian dari kegiatan sebelum tidur.

READ  Kepedihan Akibat Kecelakaan Lalu Lintas: Ekonomi Keluarga Terguncang