Wow! Kisah Wisudawan Terbaik Unpad: Lulus 3,5 Tahun & Berkarya di 4 Jurnal Terindeks Sinta

indotim.net (Rabu, 06 Maret 2024) – Mendorong kemajuan bangsa Indonesia merupakan tugas bersama seluruh masyarakat. Proses ini dapat dilakukan melalui berbagai cara yang tersedia.

Seperti dilakukan oleh Raden Farhan Syahir Herdyatomo Wibowo, wisudawan terbaik program Sarjana pada Upacara Wisuda Universitas Padjadjaran Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024, yang berlangsung pada Kamis (29/2/2024) lalu.

Raden, panggilan akrabnya, berhasil menyelesaikan studi di jurusan Ilmu Politik Unpad dalam waktu relatif singkat, tepat 3,5 tahun. Prestasinya tidak hanya itu, ia juga dikenal karena aktif dalam menyuarakan demokrasi dan politik Indonesia melalui hasil kajian ilmiah yang dihasilkannya.

“Rasanya per hari ini perlu banyak kajian-kajian, perlu banyak tulisan-tulisan dan pemikiran yang berorientasi pada pembangunan partai politik dan demokrasi. Motivasinya sesederhana itu, bagaimana kita bisa menghidupkan hal-hal yang berkaitan dengan demokrasi kita di Indonesia,” tutur Raden dikutip dari rilis di laman resmi Unpad, Selasa (5/3/2024).

Publikasi Karya Ilmiah di Jurnal Terakreditasi Sinta

Selama masa kuliahnya, Raden telah dikenal sebagai mahasiswa yang sering meraih prestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Di segi akademik, Raden telah berhasil menerbitkan 4 karya ilmiah dalam jurnal terakreditasi Sinta dengan judul sebagai berikut:

  • Analisis Pilihan Rasional Terhadap Keputusan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Mencegah Penyebaran Covid-19.
  • Urgensitas Modal Sosial Dalam Mengantisipasi Politik Transaksional: Studi Kasus Penyelenggaraan Pilkades di Desa Ngadas Kabupaten Malang.
  • Digitalisasi Desa Berbasis Aplikasi “Simpeldes: Inovasi Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Berkelanjutan di Desa Cibiru Wetan”.
  • Pelanggaran Kode Etik Lembaga Penyelenggara Pemilu Pada Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Kebumen Tahun 2020.

Sedangkan di bidang non-akademik, prestasi Raden diraih melalui organisasi mahasiswa (ormawa). Menurutnya, ormawa adalah wadah untuk mengasah kepemimpinan, disiplin, dan menunjang kegiatan akademiknya.

READ  Wow! Kreativitas Siswa SD Lampung Melahirkan Puluhan Game dengan Tema Pancasila

Melanjutkan pembicaraan, Raden menyatakan, “Kita terlalu serius di bidang akademik tanpa memperoleh nilai-nilai sosial yang penting. Namun, jika terlalu fokus pada kegiatan sosial, kemungkinan kinerja akademik terbengkalai. Menurut saya, keseimbangan tercapai saat kedua aspek ini dapat saling mendukung satu sama lain.”

Setelah menyelesaikan studi jenjang Sarjana, Raden menyampaikan ingin melanjutkan pendidikan S2 dengan konsentrasi serupa yakni ilmu politik. Ingin terus memperdalam ilmu politik, Raden juga tengah aktif dalam forum “Bincang Muda”.

“Forum ini berfokus pada pendidikan politik dan demokrasi dengan anak muda sebagai targetnya. Melalui forum ini, saya berharap dapat memberikan dampak terhadap demokrasi dan demokratisasi di Indonesia,” jelasnya.

Kesimpulan

Raden Farhan Syahir Herdyatomo Wibowo telah menjadi teladan bagi masyarakat dalam mendorong kemajuan bangsa Indonesia melalui kiprahnya sebagai wisudawan terbaik Unpad yang lulus dalam waktu singkat dan aktif dalam menyuarakan demokrasi. Dengan publikasi karya ilmiah di 4 jurnal terakreditasi Sinta, Raden juga menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan ilmu politik. Dengan rencana melanjutkan studi S2 dan terlibat dalam forum “Bincang Muda”, Raden terus berkontribusi dalam pendidikan politik dan demokrasi untuk generasi muda Indonesia.