Lalu Lintas Padat di Depok karena Kerusakan Gorong-gorong, Keluhan Warga Meningkat

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Penutup gorong-gorong di kawasan Grand Depok City (GDC), Depok, Jawa Barat, mengalami kerusakan lagi yang mengakibatkan lalu lintas di lokasi tersebut macet parah hingga siang ini. Warga yang berada di sekitar area tersebut mengeluhkan bahwa kemacetan semakin parah.

Pantauan media di lokasi, Jumat (12/1/2024), pukul 12.19 WIB terjadi kemacetan yang masih berlanjut di Jl GDC. Petugas terlihat sedang memperbaiki penutup gorong-gorong di tempat tersebut.

Tampak water barrier terpasang sebagai pengaman. Hal ini dilakukan agar warga, terutama pengendara motor, dapat waspada dan menghindari terjerembap. Pengendara diwajibkan untuk melintasi titik itu dengan kecepatan perlahan dan bergantian.

Seorang warga bernama Hafizah (20) menyampaikan kekhawatiran tentang semakin parahnya kemacetan di lokasi tersebut. Ia mengungkapkan bahwa kemacetan sudah terjadi sejak sebelum adanya kerusakan pada penutup gorong-gorong tersebut.

“Jadi macetnya makin parah aja padahal buru-buru udah mau kerja. Hari biasa aja macet apalagi pas rusak,” kata Hafizah.

Seorang warga mengungkapkan harapannya agar penutup gorong-gorong tersebut segera diperbaiki. “Kami berharap agar segera diperbaiki agar tidak terjadi kemacetan, meskipun kemungkinan tetap akan terjadi kemacetan,” jelasnya.

Kemacetan di GDC Depok, Jawa Barat. (Dok Istimewa)

Seorang warga bernama Agus (45) mengaku bahwa lalu lintas di kawasan GDC (Grand Depok City), Depok seringkali macet. Ia menyebutkan bahwa meskipun kendaraan tidak padat, namun kendaraan terus melintas dengan intensitas tinggi.

Hal tersebut membuat keadaan semakin buruk, terutama saat gorong-gorong di sekitar GDC mengalami kerusakan. Warga merasa bahwa kemacetan semakin parah saja, sehingga kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan dan kekesalan bagi para pengguna jalan.

“Di GDC memang sering macet. Lalu lintas sih ngga terlalu padat, tapi kendaraannya cukup intents. Soalnya di daerah situ kan akses jalan dari mana-mana, dari Cibinong, Citayam, Cilodong dan sebagainya,” kata Agung.

READ  Tabrakan Beruntun di Puncak: Korban Bertambah, Total 17 Orang Meninggal Dunia

Agung mengatakan bahwa kemacetan semakin parah karena adanya pekerjaan perbaikan pada penutup gorong-gorong yang rusak. Dia meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok agar segera mempercepat proses perbaikan tersebut untuk menghindari penumpukan kendaraan yang semakin parah.

“Ditambah lagi di sana sedang ada perbaikan. Kita minta Pemkot Depok mempercepat perbaikannya. Kalo nggak, akan lebib banyak penumpukan kedndaraan di situ,” pungkasnya.

Macet Sejak Pagi Hari

Kasatlantas Polres Metro Depok, Kompol Multazam Lisendra, mengungkapkan bahwa kemacetan telah terjadi sejak pukul 06.43 WIB. Petugas kepolisian turut serta membantu para pekerja guna menjaga kelancaran lalu lintas.

“Macetnya dari pagi (pukul 06.43 WIB),” kata Multazam saat dihubungi.

Multazam menjelaskan bahwa kemacetan di jalan GDC Depok disebabkan oleh volume kendaraan yang tinggi pada jam pergi dan pulang kantor. Masalah ini semakin memburuk karena adanya kerusakan pada gorong-gorong di area tersebut.

“Selain volume kendaraan cukup tinggi yang melintas di Depok saat jam pergi dan pulang kantor,” ujar seorang warga.

Kesimpulan

Lalu lintas di kawasan Grand Depok City (GDC), Depok, Jawa Barat, mengalami kemacetan parah akibat kerusakan pada penutup gorong-gorong. Warga sekitar mengeluhkan semakin buruknya kondisi kemacetan tersebut. Meskipun petugas sedang melakukan perbaikan, kemacetan tetap terjadi. Warga berharap agar penutup gorong-gorong segera diperbaiki guna menghindari kemacetan yang semakin parah. Selain itu, polisi juga membantu menjaga kelancaran lalu lintas. Namun, masalah volume kendaraan yang tinggi saat jam pergi dan pulang kantor semakin memperburuk kemacetan. Semoga perbaikan segera dilakukan untuk mengatasi masalah lalu lintas yang padat di Depok.