Manfaat Menakjubkan Daun Suji dalam Masakan dan Perbedaannya dengan Daun Pandan

indotim.net (Rabu, 10 Januari 2024) – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman daun suji. Daun suji memiliki beragam manfaat yang sudah dimanfaatkan sejak lama dalam bidang pengobatan, kosmetik, dan pangan.

Dikutip dari Repository Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, daun suji memiliki manfaat yang sangat beragam. Daun suji dapat digunakan dalam pengobatan berbagai keluhan kesehatan seperti beri-beri, keputihan, disentri, galakta gogum, dan kencing nanah. Selain itu, menurut skripsi yang ditulis oleh Yusri Haniyah Aprilita dalam e-prints Universitas Wahid Hasyim, daun suji juga memiliki manfaat dalam bidang kosmetik yaitu dalam menyuburkan rambut.

Lalu, apa manfaat daun suji dalam bidang pangan? Berikut penjelasannya:

Manfaat Daun Suji untuk Makanan

Berdasarkan buku berjudul “Keamanan Pangan” yang ditulis oleh Sri Anggrahini, pigmen klorofil yang terkandung dalam daun suji dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami. Daun suji memberikan warna hijau yang segar dan menarik selera.

Biasanya, pewarna ini digunakan pada makanan tradisional seperti cendol. Daun suji memberikan warna hijau yang lebih pekat dibandingkan daun pandan. Meski begitu, daun suji tidak memiliki aroma yang harum.

Perbedaan Daun Suji dan Daun Pandan

Daun suji dan daun pandan memiliki morfologi yang hampir sama, namun pada kenyataannya kedua tanaman tersebut memiliki perbedaan. Daun suji lebih umum digunakan sebagai pewarna hijau dalam makanan.

Daun suji memiliki manfaat yang berbeda dengan daun pandan. Daun suji banyak digunakan sebagai pewarna alami pada makanan. Kandungan klorofil yang tinggi pada daun suji memberikan warna hijau yang kuat pada makanan. Selain itu, daun suji juga memberikan aroma segar yang khas.

READ  Tips Menanam Buncis dan Cara Merawatnya

Sedangkan daun pandan digunakan sebagai pemberi aroma atau pewangi pada makanan namun tidak sekuat efek warna daun suji. Kandungan klorofil pada daun pandan juga dapat memberikan warna hijau pada makanan, tetapi tidak seintens daun suji. Itulah sebabnya daun pandan jarang digunakan sebagai pewarna pada makanan.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Daun Suji

Menurut Repository Universitas Islam Negeri Sultan Kasim Riau, tanaman daun suji memiliki klasifikasi berikut:

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Angiospermae
  • Ordo: Liliopsida
  • Kelas: Liliaceae
  • Genus: Pleomele
  • Spesies: Pleomele angustifolia.

Daun suji memiliki akar tunggang yang berwarna putih. Batang daun suji tegak, berkayu, beralur, dan melintang dengan tinggi 6 hingga 8 cm. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau gelap. Daunnya meruncing dengan panjang 10-25 cm dan lebar 0,9-1,5 cm.

Selain di bidang pangan, daun suji juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Daun suji dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mengurangi efek radikal bebas. Dengan beragam manfaatnya, tidak mengherankan jika daun suji telah digunakan sejak zaman dahulu hingga saat ini.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, dikemukakan bahwa daun suji memiliki beragam manfaat yang telah dimanfaatkan sejak lama dalam bidang pengobatan, kosmetik, dan pangan. Daun suji dapat digunakan dalam pengobatan berbagai keluhan kesehatan, seperti beri-beri, keputihan, disentri, galakta gogum, dan kencing nanah. Selain itu, daun suji juga bermanfaat dalam bidang kosmetik dengan kemampuannya menyuburkan rambut. Dalam bidang pangan, daun suji dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami yang memberikan warna hijau yang segar dan menarik selera. Perbedaan antara daun suji dan daun pandan terletak pada manfaatnya, di mana daun suji lebih umum digunakan sebagai pewarna hijau dalam makanan, sedangkan daun pandan digunakan untuk memberikan aroma pada makanan. Tanaman daun suji memiliki morfologi yang dapat diklasifikasikan dan memiliki akar yang berwarna putih, batang yang tegak dan berkayu, serta daun berwarna hijau gelap yang meruncing. Selain manfaat di bidang pangan, daun suji juga memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan imunitas tubuh dan mengurangi efek radikal bebas.

READ  Apa Cairan pada Bunga yang Diserap Lebah? Temukan Prosesnya Menjadi Madu!