Panglima TNI Usulkan Kenaikan Tukin 80% agar Lebih Menarik dan Interaktif!

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto telah mengusulkan kenaikan tunjangan kinerja (tukin) sebesar 80% dalam pertemuan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

“Selain melakukan efisiensi sistem kinerja, TNI juga akan mempercepat pelaksanaan program-program kesejahteraan masyarakat seperti penanganan stunting, pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Program-program kesejahteraan ini diharapkan dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja dan jumlah tunjangan yang diberikan negara kepada TNI,” ujar Agus dalam keterangan pers tertulisnya pada Jumat (12/1/2024).

Pada kesempatan yang sama, Menpan RB Abdulllah Azwar Anas mengungkapkan bahwa pemerintah saat ini sedang memproses pemangkasan gaji (tukin) pegawai pemerintah secara bersamaan. Azwar Anas menjelaskan bahwa dalam waktu dekat, gaji pegawai TNI akan diturunkan sebesar 80%.

“Proses bisnis kemudian ada perbaikan sistem kerja yang ada dalam rangka efisiensi, termasuk tumpang tindih dan ini telah dilakukan. Sehingga, dengan demikian mudah-mudahan tidak lama akan segera kami usulkan terkait dengan proses tunjangan kinerja TNI,” ujar Panglima TNI.

Selain itu, Panglima TNI Agus mengatakan bahwa pertemuan ini juga bertujuan untuk melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait reformasi birokrasi di TNI. Salah satu hal yang dibahas adalah peningkatan dan penurunan tingkat pangkat seorang perwira tinggi yang memimpin satu institusi di lingkungan TNI.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, mengusulkan kenaikan Tunjangan Kinerja (Tukin) bagi anggota TNI sebesar 80%. Agus Supriatna, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), menyambut baik usulan tersebut.

Menurut Agus, kenaikan tersebut dapat mendorong semangat dan motivasi para prajurit TNI dalam menjalankan tugasnya demi kepentingan bangsa dan negara. Selain itu, kenaikan Tukin akan memberikan apresiasi yang layak kepada anggota TNI yang telah bekerja keras untuk menjaga keamanan dan pertahanan negeri.

READ  Odor Issue Forces Temporary Shutdown of Chemical Plant in Cilegon

“Peningkatan status Komandan Korps Marinir dari bintang 2 menjadi bintang 3, kemudian RSPAD, Puspomad dari bintang 3 menjadi bintang 2,” ujar Agus.

Kesimpulan

Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, mengusulkan kenaikan tunjangan kinerja (tukin) anggota TNI sebesar 80% dalam pertemuan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas. Panglima TNI berharap kenaikan ini dapat meningkatkan kinerja dan motivasi prajurit TNI dalam menjalankan tugasnya demi kepentingan bangsa dan negara. Selain itu, pertemuan ini juga membahas reformasi birokrasi di TNI, termasuk peningkatan dan penurunan tingkat pangkat seorang perwira tinggi.