Pegadaian Kolaborasi dengan Startup Fairbanc: Mudahkan Akses Pembiayaan untuk Nasabah

indotim.net (Selasa, 05 Maret 2024) – PT Pegadaian telah menjalin kerja sama dengan platform berbasis kecerdasan buatan (AI) milik PT Fairbanc Technologies Indonesia. Melalui kerjasama ini, perusahaan PT Fairbanc Technologies Indonesia akan memberikan rekomendasi kepada pengguna layanan ERP (Enterprise Resource Planning) Fairbanc untuk memanfaatkan produk Pinjaman Modal Produktif (Invoice Financing) dari Pegadaian.

Chief of Transformation Office PT Pegadaian Mulyono mengungkapkan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari transformasi Pegadaian dalam sektor digital lending. Mereka akan menyediakan produk pendanaan bagi pelaku usaha kecil dan menengah, dengan menggunakan jaminan surat tagihan (invoice).

“Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat membantu nasabah dalam mendapatkan pembiayaan secara lebih mudah dan terpercaya serta meminimalisir risiko gagal bayar. Selain itu, kerjasama ini juga akan membantu mengubah tantangan yang ada menjadi peluang untuk mewujudkan visi bersama, yaitu mendukung inklusi keuangan di Indonesia,” ungkap Mulyono dalam keterangan resminya pada Selasa (5/3/2024).

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan strategis antara Chief of Transformation Office PT Pegadaian, Mulyono, dan President Director Fairbanc Technologies Indonesia Mir Haque mengenai penggunaan layanan ERP platform Digital Fairbanc untuk merekomendasikan calon nasabah Produk Pinjaman Modal Produktif. Penandatanganan kesepakatan dilakukan pada Jumat (1/3/2024).

Pada kenyataannya, Fairbanc akan ikut memantau pinjaman dan transaksi para nasabah. Hal ini memastikan bahwa transaksi nasabah yang telah direkomendasikan bisa berlangsung lancar.

Pegadaian menjalin kemitraan dengan startup Fairbanc guna mempermudah nasabah dalam mendapatkan akses pembiayaan. President Director of Fairbanc Technologies Indonesia, Mir Haque, mengungkapkan, “Kami menyambut baik kerja sama ini, dengan harapan dapat membentuk ekosistem dimana para pelaku usaha bisa mendapatkan kredit dengan mudah dan nyaman untuk pembelian produk retail bernilai tinggi.”

READ  WNI di Kazakhstan Tetap Aman Setelah Gempa M 6,7 Membuat Getaran

Dengan memberikan kemudahan akses kredit bagi para pelaku usaha, Pegadaian berkolaborasi dengan startup Fairbanc untuk mempermudah nasabah dalam mendapatkan pembiayaan yang dibutuhkan. Langkah ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga semakin unggul dan berdaya saing di tingkat global.

Kesimpulan

PT Pegadaian telah sukses menjalin kerja sama dengan startup Fairbanc Technologies Indonesia dalam upaya mempermudah akses pembiayaan bagi nasabah. Dengan adanya kolaborasi ini, Pegadaian memenuhi kebutuhan pembiayaan bagi pelaku usaha kecil dan menengah melalui produk Pinjaman Modal Produktif. Langkah ini tidak hanya membantu dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia, tetapi juga diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.