Pemprov Papua Mengenang Lisa Rumbewas: Binaragawan Terbaik Indonesia yang Menginspirasi

indotim.net (Minggu, 14 Januari 2024) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua turut berdukacita yang mendalam atas meninggalnya atlet angkat besi asal Papua, Raema Lisa Rumbewas. Pemprov Papua mengenang sosok Lisa sebagai binaragawan terbaik Indonesia.

“Kami turut berduka cita atas meninggalnya sang legenda Raema Lisa Rumbewas, masyarakat Papua sangat kehilangan sosok beliau yang pernah menjadi binaragawan terbaik Indonesia,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Jeri Agus Yudianto, seperti dilansir Antara, Minggu (14/1/2024).

Jeri mengungkapkan bahwa Lisa Rumbewas adalah seorang legenda yang berhasil memenangkan tiga medali Olimpiade, yaitu pada tahun 2000 di Sydney, 2004 di Athena, dan 2008 di Beijing. Jeri menambahkan bahwa Lisa telah membawa Indonesia, terutama Papua, mendapatkan pengakuan di panggung internasional.

“Meninggalnya atlet Papua ini sangat mengejutkan dan meninggalkan luka mendalam bagi kita semua. Melalui bakatnya yang luar biasa, Lisa telah mengharumkan nama Indonesia, khususnya Papua, hingga mencapai dunia internasional,” ujar Jeri. Dia berharap generasi muda dapat mengambil contoh dari semangat juang Lisa dalam mengharumkan nama baik bangsa Indonesia di kancah olahraga dunia.

Raema Lisa Rumbewas berhasil meraih medali perak pertamanya di panggung olahraga tertinggi di dunia pada Olimpiade 2000 Sydney dalam kategori putri kelas -48 kg. Tidak berhenti di situ, ia juga berhasil meraih medali perak di Olimpiade 2004 Athena dalam kategori putri kelas -53 kg. Pada Olimpiade ketiganya, yaitu Olimpiade 2008 Beijing, Lisa meraih medali perunggu dalam kategori putri kelas -53 kg. Medali tersebut secara resmi diberikan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang diwakili oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) pada tanggal 3 Desember 2017 di Hotel Sheraton Gandaria, Jakarta.

READ  Kesedihan KSP Berduka atas Kematian Lisa Rumbewas, Atlet Level Dunia yang Berprestasi

Kesimpulan

Pemerintah Provinsi Papua mengenang dengan penuh duka cita atas meninggalnya Lisa Rumbewas, seorang binaragawan terbaik Indonesia. Lisa telah menyumbangkan tiga medali Olimpiade bagi Indonesia, membawa nama baik Indonesia dan terutama Papua di panggung internasional. Melalui semangat juangnya, Lisa menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk mengharumkan nama bangsa di dunia olahraga.