Polisi Berperan Aktif dalam Menjaga Harmoni Masyarakat selama Masa Kampanye Terbuka

indotim.net (Jumat, 26 Januari 2024) – Polsek Pademangan sedang melaksanakan kegiatan cooling system di Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan suasana pemilu 2024 yang damai tanpa adanya konflik, terutama saat masa kampanye terbuka saat ini.

“Kami hadir untuk menghimbau agar pelaksanaan Pemilu 2024, baik pada masa kampanye maupun saat pencoblosan, berjalan dengan aman,” ujar Kapolsek Pademangan, Kompol Binsar Hatorangan Sianturi, dalam keterangan pada Kamis (25/1/2024).

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Wakapolsek Pademangan AKP Siallagan, Kanit Binmas Pademangan AKP Kusmayadi, Babinkamtibmas Ancol Aipda Boyke Simarmata, Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Jakarta Utara Amin Wirta, serta ketua RW dan RT setempat.

Menurut Binsar, perbedaan pilihan merupakan hal yang wajar dan merupakan hak setiap individu dalam masyarakat. Untuk itu, Binsar mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam menciptakan kontestasi politik yang damai.

“Kita sama-sama berupaya menciptakan situasi yang aman dan kondusif agar semua aktivitas keagamaan, sosial, budaya, dan ekonomi dapat berjalan sesuai harapan bersama. Semoga apa yang telah kita lakukan selama masa Pemilu dapat mencapai apa yang kita harapkan dari para pemimpin bangsa ini,” jelasnya.

Selain itu, polisi juga mengimbau masyarakat untuk mengaktifkan kembali Satkamling guna mencegah terjadinya tindak kejahatan. Binsar menyampaikan bahwa pihaknya telah menerima aduan dari masyarakat untuk mendirikan posko anti tawuran guna mencegah terjadinya aksi tawuran.

“Kami akan melakukan konsolidasi terkait pembangunan Polsubsektor. Namun, mengenai posko anti tawuran, kami akan berkoordinasi dengan jajaran kami,” ujar sang narasumber.

“Dengan berdirinya Pos Satkamling RW 008, diharapkan dapat membangun komunikasi dan sistem pemerintahan terkecil di masyarakat,” ungkap narasumber.

READ  Truk Rem Blong Tercebur ke Laut saat Naik Kapal: Kisah Mencekam di Pelabuhan Gilimanuk

Kesimpulan

Polisi berperan aktif dalam menjaga harmoni masyarakat selama masa kampanye terbuka Pemilu 2024. Dalam kegiatan cooling system di Kelurahan Ancol, Pademangan, Polsek Pademangan menghimbau agar pelaksanaan pemilu berjalan dengan aman dan damai. Polisi juga mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam menciptakan kontestasi politik yang damai. Selain itu, polisi mengimbau masyarakat untuk mengaktifkan Satkamling guna mencegah terjadinya tindak kejahatan dan mendirikan posko anti tawuran. Dengan berdirinya pos Satkamling RW 008, diharapkan dapat membangun komunikasi dan sistem pemerintahan terkecil di masyarakat.