Supaya Tanamanmu Berbuah Lebat Gunakan Pupuk KCL!

By | November 14, 2021

Supaya Tanamanmu Berbuah Lebat Gunakan Pupuk KCL!

Sobat tani, kali ini kita akan berkenalan secara khusus dengan salah satu zat an-organik, yakni pupuk kcl. Pupuk ini tentunya sudah sangat tidak asing di kalangan petani.

Pengertian pupuk kcl

Pupuk kcl adalah jenis pupuk anorganik yang memiliki nutrisi kalium yang dibutuhkan oleh tanaman. Kepanjangannya adalah kalium clorida. Secara kimia pupuk ini dapat lebih dikenal sebagai kalium klorida. Ini memiliki warna merah atau putih dan dapat dilarutkan dalam air. Di tempat kita, pupuk ini hanya tersedia dua jenis, KCl 80 dan KCl 90.

Jenis kcl 80 memiliki kandungan kalium (K20) antara 52 % – 60% dengan tekstur warna merah. Sedangkan jenisĀ  90 ini memiliki kandungan kalium 90 % dengan tekstur warna putih. Tetapi jenis pupuk ini juga sangat sulit ditemukan.

Bagi sobat tani yang bermaksud menumbuhkan tanaman dengan posisi tegak dan subur dapat menggunakan jenis jenis 80, yang mudah ditemukan. Tetapi sebaliknya, jika kita bisa mendapatkan jenis pupuk KCl 90, maka sobat tani dapat mencoba menggunakannya.

Manfaat pupuk kcl

Berikut adalah beberapa manfaat dari pupuk KCL untuk tanaman, antara lain;

1. Meningkatkan hasil panen.

Kandungan klorida pada pupuk KCL dapat membantu meningkatkan hasil panen, yakni dengan meningkatkan resistensi terhadap penyakit pada tanaman.

2. Tingkatkan kualitas.

Fungsi umum nutrisi kalium yang terkandung dalam pupuk KCL adalah menghasilkan kualitas buah yang baik, seperti membuat buah lebih besar, lebih berat dan lebih manis. Ini karena kalium dapat membantu transformasi glukosa di tanah. Tentunya, hal ini akan mengoptimalkan manfaat buah atau sayuran yang ditanam.

3. Perkuat batang tanaman.

Dasaran yang bagus adalah tanaman yang memiliki batang yang kuat. Oleh sebab itu dapat membuat tanaman anda bertahan hidup lebih lama, dan tidak mudah runtuh atau rapuh sebelum dapat menghasilkan buah. Isi K2O pada pupuk KCL dapat memberikan solusi akan hal ini, menyebabkan tanaman lebih kuat dan tahan.

READ  Pupuk Super Interfos Agar Mempercepat Fase Perkecambahan

4. Tumbuhan lebih resisten terhadap penyakit

Pupuk kcl ini membuat tanaman lebih tahan terhadap risiko stres dan kekeringan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan tanaman mati sebelum dapat menghasilkan buah. Fungsi kalium yang terkandung dalam KCL dapat memenuhi kebutuhan akan tanaman tersebut yang berguna melindungi dari gangguan hama dan penyakit. sehingga tanaman selanjutnya akan menghasilkan panen yang lebih baik.

Penerapannya akan sangat tepat ketika tanaman mulai memasuki periode berbunga. Ini dapat membantu meningkatkan aktivitas pembentukan benih atau buah. Sehingga dapat menghasilkan biji atau buah-buahan yang sempurna, dan dapat mengurangi risiko kerusakan saat panen diangkut atau selama periode penyimpanan.

Jenis pupuk kcl

Sebenarnya, jenis pupuk kalium ada banyak, di antaranya; kalium klorida (KCl), kalium nitrat (KNO3), dan kalium sulfat (ZK). Akan tetapi, pupuk kcl yang tersedia hanya 2 jenis saja, yakni jenis 80 dan 90.

Beberapa merek pupuk kcl yang ada di sekitar kita;

a. Pupuk kcl Mahkota MOP

Pupuk ini dihasilkan oleh PT SADP yang masih berafiliasi dengan perusahaan PT Wilmar Group. Spesifikasinya sebagai berikut; asli dari Canada. Berisi K20: 60% dengan bentuk padatan kristal berwarna kemerahan dan memiliki kadar air 0,09%.

Fungsi pupuk kcl Mahkota pada tanaman:
– Dapatkan hasil (pengembalian) dan kualitas panen.
– Enzim pertumbuhan lebih aktif dan mempercepat proses mereaksikan zat pengatur tumbuh.
– Meningkatnya pertumbuhan akar dalam fase vegetatif akhir.
– Meningkatnya sistem resistensi kekeringan / kekurangan air.
– Meningkatkan sistem transportasi / translokasi fotosintesis dalam fase generatif.
– Menambah kekebalan tanaman dalam serangan hama dan penyakit.

Mahkota MOP termasuk salah satu pupuk kcl terbaik yang ada saat ini.

READ  Berilah Pupuk NPK Sebagai Kebutuhan Nutrisi Tanaman!

b. Pupuk kcl Meroke MOP

Sama dengan merek Mahkota, Meroke juga mengandung 60 % K2O. Hanya saja, pupuk kcl Meroke ini adalah produk dalam negeri. Diproduksi pupuk ini oleh PT Meroke Tetap Jaya dengan bentuk kristal halus warna merah muda. Fungsi secara keseluruhan sangat mirip dengan kcl merek Mahkota.

Penggunaan pada beberapa tanaman

Pupuk kcl untuk cabe berguna memperkuat dinding sel, sehingga tanaman akan tahan terhadap penyakit. Dengan kcl yang cukup, maka perakaran akan bertambah banyak dan panjang, sehingga lebih efektif dalam penyerapan unsur hara.

Sebaliknya, apabila kekurangan kcl tanaman cabe akan terhambat pertumbuhannya dan daun menjadi kecil, berwarna hijau tua keunguan sedangkan tepi daun berwarna coklat serta rontok.

Namun perlu diwaspadai juga. Jika pemberian kcl berlebihan akan menyebabkan tanaman cabe kekurangan kalsium dan magnesium.

Pupuk kcl untuk bawang merah adalah pupuk ZK alias kalium sulfat. Mengapa tanaman bawang merah tidak menggunakannya? Karena tanaman bawang merah sangat sensitif terhadap klorida pada kcl. Penggunaan klorida pada tanaman bawang merah akan menyebabkan terjadinya pembusukan.

Pada dasarnya pupuk adalah makanan untuk tanaman. Ada 2 jenis pupuk, yaitu, pupuk anorganik (pabrik) dan pupuk organik. Untuk mendapatkan hasil biji-bijian tinggi sementara kesuburan tanah dipertahankan, kombinasi pemupukan antara pupuk anorganik dengan pupuk organik diperlukan.

Pupuk kcl untuk padi terkumulasi dalam bentuk jerami. Jika petani bersedia mengembalikan semua jerami ke tanah, tidak perlu menambahkannya, karena mereka menyerap hingga 80% kalium clorida

Kenyataan yang terjadi, sebagian besar petani lebih suka membakar jerami atau menghilangkannya dari ladang mereka untuk media jamur sampai sekarang atau dibuang. Dampak negatif lainnya dari jerami yang terbakar termasuk organisme mikro tanah yang terputus, tanah menjadi padat, kesuburan tanah berkurang karena bahan organik tanah terbakar dan polusi udara terjadi.

READ  Mengenal Lebih Dalam Tentang Pupuk L Top Dan Aplikasi Penggunaannya

Demikian sekelumit wawasan mengenai pupuk kcl. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.