Terkejut! Rp 1,6 Miliar Muncul Tanpa Diduga

indotim.net (Rabu, 06 Maret 2024) – Seorang pria di Kentucky, Amerika Serikat (AS), secara tak terduga menerima rezeki yang luar biasa. Ia dengan tanpa sengaja berhasil memenangkan lotre senilai US$ 108 ribu atau sekitar Rp 1,6 miliar (dengan kurs Rp 15.685).

Sebuah kisah menarik datang dari seorang pria bernama Charles Stallard. Dilansir dari CNN Business pada Rabu (6/3/2024), Stallard menceritakan bagaimana pada 9 Februari 2024, ia iseng membeli tiket lotre saat sedang berbelanja di sebuah toko.

Setelah Stallard menggosok tiket lotre tersebut, terlihat tulisan ’50x’ yang menandakan hadiah nominal di tiketnya akan dikalikan lima puluh.

Pada mulanya, Stallard mengira dia hanya akan menerima hadiah kecil. Namun, tak disangka, Stallard justru mendapatkan hadiah lotre yang besar senilai US$ 3.000 atau sekitar Rp 47 juta.

“Saat saya menerima US$ 3.000, saya benar-benar terkejut dan langsung menangis. Saya sama sekali tidak percaya!” ungkap Stallard.

Lanjut dari kisah sebelumnya, ternyata pria tersebut memutuskan untuk menukarkan tiketnya setelah beberapa hari. Dan, kejutan datang saat ia dinyatakan sebagai pemenang hadiah utama senilai US$ 108 ribu atau sekitar Rp 1,6 miliar. Dengan hadiah yang ia terima, rencananya adalah untuk melunasi hutang serta membayar sisa pelunasan rumah.

Setelah berhasil melunasi utangnya, Stallard pun akhirnya menjadi bagian dari 23% orang Amerika yang kini hidup tanpa beban hutang. Menurut Federal Reserve New York, total utang rumah tangga di Amerika mencapai US$ 17,5 triliun atau sekitar Rp 274 kuadriliun.

Di tahun 2023, utang rumah tangga di Amerika mencapai jumlah yang mengkhawatirkan. Kartu kredit mencapai US$ 1,13 triliun atau sekitar Rp 17 kuadriliun, sedangkan hipotek atau kredit pemilikan rumah sebesar US$ 12,25 triliun atau sekitar Rp 19 kuadriliun.

READ  Negara Berkembang Terjerat Utang: Sri Mulyani Sebut 52%

Selain itu, terdapat pula utang kredit kendaraan bermotor sebesar US$ 1,61 triliun atau sekitar Rp 25,2 kuadriliun, serta pinjaman mahasiswa yang mencapai US$ 1,6 triliun atau sekitar Rp 25 kuadriliun.

Di samping itu, sumber utang lainnya meliputi utang dari kartu kredit ritel, pinjaman konsumen, dan pengeluaran non-rumah tangga lainnya. Berdasarkan informasi dari Kentucky Lottery, terdapat dua tiket pemenang yang berhak atas hadiah sebesar US$ 150.000 atau sekitar Rp 2,3 miliar.

Kesimpulan

Seorang pria di Kentucky, AS, berhasil memenangkan lotre senilai Rp 1,6 miliar secara tak terduga, yang membantunya melunasi hutang dan mencapai kebebasan finansial. Kisahnya memberikan inspirasi di tengah situasi utang rumah tangga yang mengkhawatirkan di Amerika.