Rumah-rumah Warga Lembang Terendam Banjir Lumpur 1,5 Meter: Kisah Menggugah!

indotim.net (Kamis, 11 Januari 2024) – Permukiman warga di kawasan Lembang, Bandung Barat mengalami banjir lumpur yang luar biasa. Banjir ini terjadi ketika hujan deras terus-menerus mengguyur daerah dataran tinggi ini.

Dilaporkan oleh detikJabar, peristiwa ini terjadi pada Kamis (11/1/2024) sore. Banjir terjadi di Kampung Cibodas RT 03 RW 14, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

“Hujan itu mulai turun sejak jam 2 siang. Tak lama kemudian, banjir melanda. Air bah yang datang membawa lumpur dan material bebatuan juga berhasil masuk ke dalam permukiman warga,” ujar Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif ketika ditemui di lokasi kejadian.

Ada tiga rumah yang terkena dampak banjir tersebut dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter. Untungnya, tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut meskipun banjir datang secara tiba-tiba.

Kejadian banjir yang tak terduga terjadi di Lembang disebabkan oleh sungai di sekitar wilayah tidak mampu menampung debit air yang sangat deras. Selain itu, lumpur yang melanda juga berasal dari bantaran sungai dan lahan perkebunan yang longsor.

“Banjir tersebut mencapai ketinggian 1,5 meter. Meskipun tidak semua rumah terendam banjir, namun ada beberapa yang terkena dampaknya. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa,” ujar Arsan.

Pada kejadian yang tidak terduga, rumah-rumah warga di Lembang dilanda banjir lumpur dengan ketinggian mencapai 1,5 meter. Kejadian ini membuat warga mengalami kerugian besar dan kehilangan banyak barang berharga.

Menurut salah satu warga yang menjadi korban banjir, Bapak Tono mengatakan, “Saya tidak pernah mengalami banjir sebesar ini sejak saya tinggal di Lembang. Banjir lumpur masuk ke dalam rumah dan menghancurkan perabotan serta membuat lantai rumah terendam lumpur.”

READ  Banjir Menerjang Dayeuhkolot Bandung, Warga Terkejut dengan Kekuatannya yang Mirip Tsunami

Warga sekitar berusaha membantu membersihkan rumah dan menyelamatkan barang-barang yang masih bisa diselamatkan. Namun, kerusakan yang terjadi sangat parah dan membutuhkan upaya yang lebih besar untuk memulihkan kondisi rumah warga.

Selain rumah warga, banjir lumpur ini juga merendam beberapa jalan di sekitar Lembang. Beberapa mobil terjebak dan sulit untuk dievakuasi. Tim penyelamat sudah dikerahkan untuk membantu evakuasi warga dan membersihkan jalan yang tertutup lumpur.

Pemerintah daerah setempat diharapkan segera mengambil tindakan dan memberikan bantuan kepada para korban banjir. Perlu dilakukan upaya pencegahan agar kejadian seperti ini tidak terulang di masa yang akan datang.

Kesimpulan

Pada Kamis (11/1/2024) sore, permukiman warga di Lembang, Bandung Barat mengalami banjir lumpur akibat hujan deras yang terus-menerus mengguyur daerah dataran tinggi tersebut. Banjir ini melanda Kampung Cibodas RT 03 RW 14, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter. Meskipun tidak ada korban jiwa, beberapa rumah mengalami kerusakan parah dan banyak barang berharga hilang. Banjir lumpur ini juga merendam beberapa jalan di sekitar Lembang dan menyulitkan evakuasi mobil. Tim penyelamat telah dikerahkan untuk membantu evakuasi warga dan membersihkan jalan yang tertutup lumpur. Penting bagi pemerintah daerah untuk segera mengambil tindakan dan memberikan bantuan kepada para korban banjir, serta melakukan upaya pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang di masa depan.