Sampaikan Visimu di Unhas, Mahfud: Mengubah Juga Penting

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md menyampaikan visi dan gagasannya dalam acara bertajuk ‘Bedah Gagasan & Visi Calon Pemimpin Bangsa’ di Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dia menyebut bahwa tidak ada pertentangan antara melanjutkan dan perubahan dari program pemerintah.

“Kami memiliki visi Indonesia Unggul. Indonesia Unggul adalah Indonesia yang lebih baik. Ada yang bertanya, ‘Apakah melanjutkan program pemerintah saat ini atau melakukan perubahan?’. Menurut saya, keduanya tidak bertentangan, melanjutkan dan juga melakukan perubahan,” ucap Mahfud dalam sambutannya pada Sabtu (13/1/2024).

Menurut Mahfud, melanjutkan itu juga harus mengubah. Ia mengatakan bahwa perubahan tidak bisa dilakukan secara keseluruhan, karena hal-hal yang baik perlu diteruskan.

“Melanjutkan itu harus mengubah juga, nggak bisa melanjutkan begitu saja. Mengubah itu, tidak bisa begitu mengubah. Harus ada yang dilanjutkan. Oleh sebab itu ketika saya ditanya tentang itu, saya katakan kalau dalam agama Islam kita memelihara yang lama yang baik, dan membangun yang baru kalau ada yang lebih baik,” kata Mahfud.

Mahfud mengatakan tidak perlu dipertentangkan antara melanjutkan dan mengubah program pemerintah itu. Dia mengatakan harus ada jalan tengah.

“Jadi tidak usah dipertentangkan. Kan orang bertanya ini apa sih posisinya memperbaharui atau mengubah, melanjutkan atau mengubah. Nggak ada, sama sekali tidak mungkin menurut saya hanya melanjutkan atau hanya mengubah, memang harus jalan tengah,” tuturnya.

Mahfud menegaskan bahwa secara spesifik, dia ingin mengubah hukum agar menjadi panglima kesejahteraan rakyat. Baginya, hukum harus berpihak pada rakyat untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik.

“Oleh sebab itu kalau saya diminta datang pertanyaan yang spesifik dari visi tersebut adalah menjadikan hukum sebagai panglima untuk kesejahteraan rakyat. Kesejahteraan rakyat, panglimanya adalah hukum atau penegakan hukum untuk kesejahteraan rakyat,” imbuhnya.

READ  Prabowo Kalahkan Ganjar Maupun Anies: Simulasi LSI Menarik dengan 2 Putaran

Kesimpulan

Cawapres nomor urut 3, Mahfud Md, menyampaikan visi dan gagasannya dalam acara ‘Bedah Gagasan & Visi Calon Pemimpin Bangsa’ di Universitas Hasanuddin. Dia mengungkapkan bahwa melanjutkan dan melakukan perubahan dari program pemerintah tidak saling bertentangan. Menurut Mahfud, melanjutkan program juga harus berarti melakukan perubahan yang lebih baik. Dia menegaskan bahwa dalam agama Islam, kita memelihara yang baik dan membangun yang lebih baik. Mahfud juga menekankan pentingnya mengubah hukum agar menjadi panglima kesejahteraan rakyat. Baginya, hukum harus berpihak pada rakyat untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik.