Tips Menanam Kacang polong dan Cara Merawatnya

Kacang polong telah lama dikenal sebagai tanaman yang mudah ditanam dan berbuah dalam jangka waktu yang relatif cepat. Menanam dan merawat tanaman Kacang polong mungkin tampak mudah, tetapi butuh banyak pengetahuan dan keterampilan untuk menanam tanaman dengan optimal.

Untuk mendapatkan hasil yang oke, berikut ada tips dan cara merawat tanaman Kacang polong seperti diletakkannya ke tempat dengan cahaya matahari, melakukan pemupukan, hingga menjaga tanaman dari serangan hama. Selain itu, beberapa tips lain untuk mengurangi gabungan-gabungan juga berguna.

Manfaat Kacang Polong

Kacang polong sudah lama menjadi bahan makanan yang terkenal karena kandungan nutrisinya yang luar biasa. Itu mengandung lemak yang rendah, karbohidrat kompleks, protein dan vitamin. Kesehatan jantung, diare, dan kekebalan tubuh meningkat hanya dengan menambahkan kacang polong ke makanan Anda. Berikut adalah manfaat penting dari kacang polong:

1. Mengandung Nutrisi Tinggi

Kacang polong memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, mereka mengandung asam amino esensial, vitamin dan mineral penting. Mereka juga mengandung karbohidrat kompleks seperti serat dan polisakarida, yang bermanfaat untuk kesehatan usus dan sistem pencernaan.

2. Mengandung Protein

Kacang polong adalah sumber protein tanpa hewani yang hebat. Setiap 6 ons kacang mengandung sekitar 7 gram protein, yang membuatnya cukup untuk menjaga orang kenyang dan memberi mereka cadangan energi.

3. Mengandung Lemak yang Sehat

Konten lemak kacang polong relatif tinggi, dengan 10 gram dalam 6 ons kacang. Namun, karena lemak ini diganti oleh asam lemak jenuh, mereka secara signifikan menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kacang polong mengandung nutrisi yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Mereka meningkatkan produksi melatonin, yang membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, kandungan mineral dan vitaminnya membuat mereka disebut sebagai ‘superfood’.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Kacang polong mengandung serat sehingga mampu menurunkan kadar gula darah. Ini membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

READ  Pemkot Bogor Akan Percepat Proyek Trem dan Integrasi LRT

6. Kaya Vitamin dan Mineral

  • Kalsium: Mengatur denggalakan kerja otot dan mekanisme kontraksi
  • Zat Besi: Mengatur metabolisme dan produksi energy.
  • Vitamin A: Memelihara kesehatan serta proses regenerasi sel tubuh.
  • Kobalamin (Vitamin B12): Perlu untuk sintesis DNA dan produksi hemoglobin.

Kacang polong merupakan bahan makanan yang sangat sehat dan sangat baik untuk kesehatan. Mereka mengandung nutrisi yang penting dan menawarkan manfaat besar bagi jantung, usus, dan kekebalan tubuh. Pastikan untuk mengonsumsinya secara teratur guna menikmati manfaatnya yang luar biasa!

Tips Menanam Kacang Polong

Tips Menanam Kacang polong

Kacang Polong merupakan jenis tanaman yang mudah dipelihara dan tumbuh subur. Dengan kecukupan air dan cahaya matahari, buah kacang polong akan tumbuh dengan baik dan berbuah kurang lebih 45 hari setelah penanaman bibit. Berikut adalah beberapa tips menanam kacang polong:

  • Usahakan bibit yang digunakan masih segar. Jika bibit sudah kering, sebaiknya hindarilah dan cari bibit yang baru;
  • Berikan cahaya matahari langsung berupa sinar matahari selama 4 – 5 jam;
  • Tanam pada musim semi atau saat cuaca panas;
  • Letakkan buah kacang polong pada media tanam dengan pasir dan pupuk cair. Dengan persentase 60% pasir, 30% organis pasir, dan 10% pupuk cair;
  • Pilih tanah yang gembur atau berpori-pori agar pasokan air dan oksigen yang cukup;
  • Air secara rutin setiap hari, menyiram sedikit tetapi secara berkala;
  • Hindari penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, karena bisa mengganggu jalur metabolisme tanaman;
  • Siapkan jaring antinyamuk atau jaring laba-laba untuk menangkal serangan hama tanaman;
  • Pindahkan pohon jika ada tanda tanaman terserang hama atau penyakit;
  • Berikan pupuk bila tanaman mengalami kekurangan makanan.

Tahapan menanam kacang polong memang tidak mudah, diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam mengerjakannya. Dengan melakukan usaha-usaha seperti di atas, kamu sudah dapat memelihara tanaman kacang polong dengan baik dan akan memperoleh hasil panen dengan jumlah yang memuaskan.

Daftar Pupuk Kacang polong

Daftar Pupuk Kacang polong

Kacang polong dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang dapat menghasilkan banyak buah. Agar tanaman tersebut dapat berproduksi maksimal, perlu diberikan pupuk berkualitas untuk meningkatkan kesiapan tanah dan ketersediaan hara yang diperlukan oleh tanaman. Berikut ini adalah daftar beberapa pupuk yang terbaik untuk kacang polong.

1. Pupuk Organik

Pupuk Organik merupakan pupuk yang dibuat dari limbah-limbah seperti kulit buah-buahan, daun-daunan atau serbuk gergaji. Pupuk organik menyediakan nutrisi penting untuk imbangan nutrisi tanaman. Ketersediaan unsur hara dari pupuk organik pun dapat bertahan lebih lama karena sulit dicerna oleh bakteri tanah. Hal ini sangat efektif untuk menjaga kondisi tanah agar tetap subur.

READ  Analisis Heru Budi Pasca Hujan di Pompa Ancol

2. Pupuk Hayati

Pupuk hayati merupakan segala macam pupuk yang didapat dari tanaman, binatang atau microorganisme hidup. Pupuk hayati, misalnya, mengandung unsur hara yang sangat penting untuk tanaman kacang polong seperti nitrogen, fosfor, kalsium, magnesium, sulfur, potasium, zinc, mangan, dan boron. Selain itu, pupuk hayati juga dapat menghasilkan kilang benih yang dapat menghasilkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

3. Pupuk Kimia

Pupuk kimia juga merupakan salah satu jenis pupuk yang dapat diperoleh dengan mudah. Pupuk kimia biasanya memiliki formula yang sangat spesifik untuk menyediakan kandungan hara tertentu. Seperti pupuk lainnya, pupuk kimia juga dapat meningkatkan kemampuan tanah untuk meresap nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Dibandingkan dengan pupuk lainnya, pupuk kimia juga dapat diakses dengan lebih mudah dan lebih murah.

4. Pupuk NPK

Pupuk NPK dibuat dari formula yang kompleks dan memiliki kandungan yang berbeda-beda. Kandungan tersebut terutama terdiri dari unsur nitrogen, fosfor, dan kalisium. Pupuk NPK secara khusus dapat memberikan keuntungan bagi tanaman kacang polong dalam meningkatkan kualitas tanah dan menstabilkan pH tanah. Selain itu, pupuk NPK juga dapat membantu meningkatkan produktivitas tanaman karena memiliki nilai nutrisi yang tinggi.

Cara Merawat Tanaman Kacang Polong

  • Aplikasikan pupuk majemuk atau biasa yang berguna untuk mengatur pertumbuhan kacang polong dengan baik
  • Redamlah media tanam dengan cara menyiram tanah dengan air sedikit demi sedikit secara teratur untuk mencegah tanah terlalu berair
  • Benahi tanah dengan cara menggunakan pupuk organik seperti anggur, sisa makanan, dan sampah organik yang lain
  • Gunakan pupuk hayati agar telur serangga yang berada di dalam tanah dapat dibasmi
  • Gunakan pupuk NPK agar kandungan unsur hara yang terdapat pada tanah dapat diperbaiki
  • Hindari aerasi yang buruk pada tanaman kacang polong dengan cara mendinginkan tanah dengan menyiramkannya saat siang hari, lalu menutup tanah tersebut pada malam hari.

Olahan Dari Kacang Polong Yang Harus Anda Coba

Kacang polong sama halnya dengan beragam jenis produk pertanian yang terdapat di Indonesia, selalu menjadi variasi makanan yang populer. Sayangnya, banyak orang tidak memanfaatkan kacang polong untuk membuat olahan yang lebih bervariasi. Padahal, dengan olahan kacang polong, Anda bisa mendapatkan alternatif makanan yang lezat. Berikut ini beberapa olahan kacang polong yang bisa Anda coba.

  • Tutup Bumi. Tutup Bumi merupakan salah satu olahan khas yang dibuat dari kacang polong. Resep ini tidak jauh berbeda dengan masakan lainnya namun dengan rasa yang spesial. Tutup Bumi terbuat dari kacang polong bersama dgn bawang merah, cabai, dan bawang putih yang dihaluskan. Anda pun juga bisa menambahkan cabai rawit atau rasa lainnya sesuai selera.
  • Sate Kacang Polong. Siapa yang tidak kenal dengan sate? Dengan sedikit modifikasi, Anda bisa menikmati sate kacang polong yang terbuat dari kacang polong yang dipanggang, lalu dimarinasi dengan saus sambal. Variasi sate kacang polong ini pun semakin menggugah selera.
  • Gorengan Kacang Polong. Tidak hanya gorengan tahu atau tempe, Anda juga bisa bikin gorengan yang menggunakan kacang polong. Cara membuatnya pun mudah, tinggal campurkan kacang polong dengan tepung terigu, bawang putih, dan bawang merah. Goreng dengan minyak panas dan Anda pun sudah bisa menikmatinya.
  • Gado-gado. Satu lagi makanan yang populer di Indonesia, yaitu Gado-gado. Penggunaan kacang polong pun tidak melupakan olahan ini. Tambahkan kacang polong kedalam gado-gado dan rasanya pun semakin mantap.
READ  Gibran 'Cekal' kepada Cak Imin: Tim Kampanye Bicara Soal LFP tapi Cawapresnya Kebingungan

Itulah 4 olahan kacang polong yang bisa Anda coba untuk mengolah kacang polong. Dengan mencoba olahan dari kacang polong, Anda pun bisa menemukan beragam variasi menu baru untuk keluarga Anda. Jadi, manfaatkan lah semua ketersediaan makanan yang ada di rumah agar tertarik untuk mencobalah olahan dari kacang polong.

Kesimpulan

Dari artikel tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa tanaman kacang polong adalah tanaman yang mudah tumbuh dan dijumpai dimana saja. Namun, untuk memastikan produktivitas tanamannya, kita harus menjaga agar kondisi tanah tetap baik dan melakukan pemupukan secara teratur serta melakukan perawatan lainnya. Dengan demikian, tanaman kacang polong akan tumbuh subur dan kita dapat menikmati hasil panen yang baik.

Merawat tanaman kacang polong bukanlah hal yang sangat sulit. Cara terbaik adalah dengan mengenali jenis tanaman ini dengan baik, kemudian menciptakan kondisi yang sesuai di mana tanaman tumbuh. Tentunya, pemupukan yang tepat dan perawatan lainnya juga diperlukan untuk menjaga tanaman ini dan mendapatkan hasil panen yang optimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil!