Tips Menanam Ubi jalar dan Cara Merawatnya

Kebutuhan untuk berkebun dirumah makin meningkat, membuat tanaman-tanaman berkebun seperti ubi jalar kian populer. Hidup sehat makin lama makin menjadi prioritas bagi masyarakat Indonesia dan konsumsi ubi jalar merupakan cara tepat untuk mendukungnya.

Ubi jalar tidak hanya bermanfaat dari sisi kesehatan, namun juga dari sisi estetika. Dengan warna, bentuk, dan tipe yang berbeda, menanam dan merawatnya bisa menjadi media terapi untuk merilekskan jiwa.

Manfaat Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu jenis umbi-umbian yang banyak dimanfaatkan oleh konsumen. Tidak hanya yang dikonsumsi setiap hari, ubi jalar juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari ubi jalar.

1. Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral

Ubi jalar memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, termasuk kandungan Vitamin B kompleks, Vitamin C, juga tidak luput mineral seperti fosfor dan kalsium. Kandungan nutrisi ini tentu saja akan memberikan manfaat yang luas untuk kesehatan tubuh.

2. Dapat Meredakan Gejala PMS

Gejala PMS umumnya disertai rasa nyeri di daerah sekitar panggul. Ubi jalar sangat kaya akan kandungan vitamin B kompleks, dimana Vitamin B adalah nutrisi yang sangat penting untuk mengurangi rasa sakit akibat PMS. Kandungan nutrisinya yang cukup akan membantu mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan mood Anda.

3. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh. Sadar atau tidak, ada kandungan bahan kimia yang dapat membuat tubuh kehilangan sensitivitas pada insulin. Vitamin B kompleks dalam ubi jalar mampu menekan risiko Anda untuk terkena diabetes jenis 2.

READ  Ganjar Kunjungi Pondok Pesantren di Lampung, Didoakan Menang Pilpres Tanpa Putaran Kedua

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Konsumsi Vitamin B dari ubi jalar akan membantu menyelaraskan sistem saraf pusat dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, kandungan asam folat yang ada juga akan membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ubi jalar sangat kaya akan mineral seperti zinc, magnesium, dan kalsium. Kandungan minyak esensial juga akan membantu meningkatkan kesehatan tulang dan melindungi dari kerusakan.

Tips Menanam Ubi Jalar yang Menghasilkan Hasil yang Subur

Tips Menanam Ubi jalar

Ubi jalar merupakan tanaman yang mudah dibudidayakan, dan juga sangat abadi. Walaupun sulit menentukan tanaman apa yang akan menghasilkan bibit bagus, hal ini bisa dipelajari dengan mempersiapkan bibit, melakukan penanaman, dan memelihara tanaman dengan baik.

Persiapan Bibit Ubi Jalar

Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan bibit ubi jalar sebelum melakukan penanaman:

  • Cari ubi jalar yang memiliki kualitas yang baik dan terlindungi dari hama.
  • Buat infus air dan jadikan sebagai substrat, infus ini membantu menahan air dan bisa membantu dalam pertumbuhan akarnya.
  • Cari lokasi yang cukup terang, namun jangan terlalu banyak sinar matahari langsung yang bisa merusak bibit.
  • Pilih medium yang baik untuk menanam bibit. Medium yang terbaik adalah yang bersifat poros, seperti pasir, kerikil, atau lignite.
  • Periksa bibit tersebut dengan seksama sebelum ditanam. Pilih yang memiliki batang yang kuat dan tajam.

Menanam Ubi Jalar

Berikut adalah beberapa tips untuk menanam ubi jalar agar bisa berhasil dengan baik:

  • Jauhi daerah yang tropis atau yang memiliki air yang berlebih. Ubi jalar bisa stress dengan air yang berlebih.
  • Beri jarak yang cukup antar setiap tanamannya agar udara bisa mengalir dengan baik.
  • Hindari pemupukan berlebihan agar tanaman dapat tumbuh dengan subur.
  • Pertahankan kelembaban tanah ubi jalar dengan sesekali melakukan irigasi.
  • Hindari tempat penanaman yang dari pemukiman penduduk, atau hewan yang dapat menyebabkan hama.
  • Tindakan pemangkasan juga dibutuhkan untuk menjaga tanaman tetap sehat.
READ  Keluhan Warga soal Harga Sembako Naik Diampu Sandiaga pada Kampanye di Lebak

Cara Merawat Tanaman Ubi Jalar

Cara Merawat Tanaman Ubi jalar

Tumbuhan ubi jalar daun besar memiliki banyak batang yang bakal berbuah. Tanaman ini bisa beradaptasi dengan baik di dataran rendah oleh karena iklim subtropis yang panas dan lembab. Namun, agar dapat tetap tumbuh dengan baik, tanaman ubi jalar juga memerlukan beberapa perawatan dan perhatian.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat tanaman ubi jalar:

  • Cobalah memberikan tanaman ubi jalar dengan air yang bervariasi. Suhu air yang tepat bisa memperluas kesuburan tanaman ubi jalar.
  • Untuk menjaga tanaman ubi jalar supaya tetap subur dan bebas dari penyakit, sebaiknya lakukan pemupukan rutin menggunakan pupuk organik yang kaya akan bahan-bahan organik.
  • Lakukan penyiangan tanah di sekitar ubi jalar dengan bertahap. Ini akan membantu untuk membuang gulma-gulma yang berasal dari tanah.
  • Kadang-kadang tanaman ubi jalar akan dihidupkan oleh hama pada daun. Oleh karena itu, usahakan biarkan air menetes dari daun. Ini akan membantu memutuskan siklus hidup hama.
  • Kondisi pencahayaan terhadap tanaman ubi jalar juga sangat penting. Jangan biarkan tanaman ini berada di bawah sinar matahari langsung karena dapat merusak daun tanaman.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk merawat tanaman ubi jalar agar tetap subur dan tumbuh sehat.

Daftar Pupuk Ubi Jalar

  • Pupuk NPK Augeroz YC
  • Pupuk NPK Racun Super Nova
  • Pupuk NPK Racun Nutrigreen
  • Pupuk SP36-KCL
  • Pupuk Kotoran Ayam
  • Pupuk Kano Khiyang
  • Pupuk Urea
  • Pupuk ZA

Olahan dari Ubi Jalar yang Harus Anda Coba

Olahan dari Ubi Jalar merupakan salah satu makanan yang paling disukai orang. Banyak sekali makanan yang terbuat dari Ubi Jalar, mulai dari kuah, gorengan, sampai camilan. Nah, berikut ini adalah beberapa olahan dari Ubi jalar yang harus Anda coba!

  1. Tumis Ubi Jalar
  2. Sup Ubi Jalar
  3. Pelangi Ubi Jalar
  4. Ubi Goreng Tepung
  5. Tumis Bumbu
  6. Ubi Rebus
  7. Roti Ubi Jalar
  8. Cheese Stick Ubi Jalar
  9. Ubi Bakar Saus Manis
READ  Misteri Kematian Pria Tanpa Identitas di Depan Rumah Warga Bogor

Tumis Ubi Jalar dan Ubi Rebus adalah salah satu makanan yang paling mudah dan simple untuk dibuat. Biasanya, Ubi Jalar yang digunakan dalam makanan tersebut adalah Ubi Ungu atau Ubi Kuning. Untuk sup Ubi Jalar, Anda bisa menambahkan mentimun, tomat, wortel, buncis, jamur, dan jagung untuk rasa yang lebih nikmat.

Selain itu ada juga olahan Ubi Jalar yang unik, seperti Pelangi Ubi Jalar, Ubi Goreng Tepung, Tumis Bumbu, Cheese Stick Ubi Jalar, dan Ubi Bakar Saus Manis. Pelangi Ubi Jalar biasanya terbuat dari campuran beberapa warna Ubi Jalar dengan tambahan air sampai tercipta bentuk pelangi. Ubi Goreng Tepung adalah olahan Ubi Jalar yang dicelup sebelum digoreng dan tabur dengan tepung panir. Tumis Bumbu biasanya terdiri dari saus kecap, saus sambal, kelapa parut, dan bumbu lain seperti cabai rawit dan bawang merah. Cheese Stick Ubi Jalar merupakan Ubi Jalar rebus yang dibaluri dengan tepung keju sebelum digoreng. Sedangkan Ubi Bakar Saus Manis adalah olahan Ubi Jalar yang telah dibumbui dengan saus manis sebelum dibakar diatas bara api.

Itulah beberapa olahan Ubi Jalar yang wajib Anda coba. Yuk, coba resep-resep olahan Ubi Jalar kreatif diatas dan rasakan kelezatannya!

Kesimpulan

Ternyata menanam dan merawat tanaman ubi jalar sangatlah mudah. Enam tahapan yang disebutkan dalam artikel ini dapat memberikan panduan yang baik untuk Anda yang baru merencanakan untuk memasukkan ubi jalar dalam taman kesukaan Anda. Penanaman yang benar akan tercermin pada hasil panen yang dimiliki.

Jika proses memanen sudah selesai, Anda juga disarankan untuk menjaga kualitas dan ketahanan jaringan ubi jalar. Hal ini bisa dilakukan dengan mengontrol kelembaban tanah, curah hujan, dan memberikan nutrisi yang tepat. Tanaman yang sehat akan memperoleh hasil yang maksimal.