Setelah Vietnam, Jokowi Melanjutkan Kunjungan Kenegaraan ke Brunei

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Bandar Udara Brunei. Ini adalah kunjungan kenegaraan yang dilakukan oleh Jokowi setelah sebelumnya mengunjungi Hanoi, Vietnam.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Biro Pers Sekretariat Presiden, pesawat kepresidenan Indonesia-1 tiba di Bandar Udara Brunei, Bandar Seri Begawan, Sabtu (13/1/2024), sekitar pukul 17.10 waktu setempat.

Jokowi tiba di Brunei dan disambut oleh sejumlah pejabat penting, antara lain Menteri Pertahanan II Mayjen (Purn) Pehin Halbi bin Mohd Yussof, Kepala Kepolisian Diraja Brunei Mohammad Irwan bin Hambali, Kepala Angkatan Bersenjata Diraja Brunei Mayjen Muhammad Haszaimi bin Bol Hassan, Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah beserta istri, dan Atase Pertahanan RI Bandar Seri Begawan Kolonel Arm Doddy Suhadiman beserta istri.

Dari Bandara Brunei, Presiden Joko Widodo langsung menuju tempatnya bermalam sebelum melanjutkan kegiatan di hari berikutnya. Saat tiba di lokasi, Presiden Jokowi disambut dengan hangat oleh masyarakat setempat, diiringi tarian merak yang memukau dan nyanyian anak-anak yang ceria.

Setelah berakhirnya kunjungan kenegaraan di Vietnam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan perjalanan ke Brunei. Di Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei, Jokowi dijadwalkan untuk menghadiri pertemuan bisnis yang bertujuan untuk memperkuat kerjasama perdagangan antara kedua negara.

Tidak hanya itu, pada hari berikutnya, Jokowi juga akan menghadiri undangan pernikahan putra Sultan Hassanal Bolkiah, yaitu Pangeran Abdul Mateen. Acara tersebut menjadi salah satu momen penting dalam kunjungan kenegaraan Jokowi ke Brunei, yang juga bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

Dalam kunjungannya ke Brunei, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto.

READ  Warga Sukabumi Terkejut! Rasakan Getaran Gempa M 5,7 Bayah

Kesimpulan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melanjutkan kunjungan kenegaraannya ke Brunei setelah sebelumnya mengunjungi Vietnam. Ia disambut oleh sejumlah pejabat penting dan masyarakat setempat dengan hangat. Selama di Brunei, Jokowi dijadwalkan untuk menghadiri pertemuan bisnis dan undangan pernikahan putra Sultan Hassanal Bolkiah. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama perdagangan dan hubungan bilateral antara kedua negara. Jokowi turut ditemani oleh beberapa menteri dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden.