Wamen BUMN Ungkap Respons Terkait Pertanyaan Calon Menkeu Prabowo

indotim.net (Selasa, 05 Maret 2024) – Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, sedang menjadi sorotan karena disebut-sebut akan masuk dalam daftar calon menteri dalam kabinet capres Prabowo Subianto. Saat ditanya mengenai kabar tersebut, pria yang akrab disapa Tiko itu hanya terkekeh dan berkata, “Belum ada kepastian.”

Menanggapi pertanyaan mengenai kemungkinan masuk dalam bidikan calon Menteri Keuangan, Prabowo, Wamen BUMN tertawa santai. “Hahaha, belum ada itu, belum ada,” ujarnya saat berbicara dalam acara Mandiri Investment Forum 2024 di Jakarta, pada hari Selasa (5/3/2024).

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo, juga memberikan tanggapannya terkait isu yang beredar.

Ia menjelaskan bahwa belum ada pendekatan yang dilakukan kepadanya terkait hal tersebut. “Belum, belum, itu belum belum ada,” tambahnya dengan tegas.

Tiko memang irit bicara saat diminta respons mengenai kabar jika dirinya masuk daftar calon menteri. Sebelumnya, ia juga mengatakan jika hal tersebut terlalu dini.

“Belum ada belum ada, terlalu dini, masih terlalu dini,” ujar Tiko di BPKP Jakarta pada hari Senin (4/3) yang lalu.

Sebelumnya, dilaporkan oleh Bloomberg bahwa Sri Mulyani Indrawati tidak akan lagi menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam kabinet yang dipimpin oleh Prabowo Subianto. Calon presiden tersebut telah dikabarkan telah mempertimbangkan beberapa nama untuk posisi Menteri Keuangan.

Menurut laporan dari Bloomberg, Prabowo sedang mempertimbangkan sejumlah tokoh dengan latar belakang bankir untuk posisi Menteri Keuangan. Prabowo disebut tengah mencari teknokrat yang mampu menjaga stabilitas keuangan negara, mengelola kebijakan fiskal dengan bijak, dan memenuhi janji-janji kampanyenya.

Menurut informasi dari sumber Bloomberg, Prabowo, yang memimpin hasil survei quick count Pemilu 2024, sedang mempertimbangkan setidaknya empat nama calon Menteri Keuangan. Keempat nama tersebut adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, dan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar.

READ  Serangan Drone Rusia ke Odesa Ukraina: 8 Korban Tewas, Termasuk 2 Balita

Kesimpulan

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, memberikan respons yang santai dan diplomatis terkait pertanyaan mengenai kemungkinan masuk dalam daftar calon Menteri Keuangan dalam kabinet Prabowo Subianto. Meskipun diberitakan sebagai salah satu nama yang dipertimbangkan, Kartika menegaskan bahwa belum ada kepastian dan belum ada pendekatan yang dilakukan kepadanya terkait hal tersebut. Sejumlah tokoh dengan latar belakang bankir juga sedang dipertimbangkan oleh Prabowo untuk posisi Menteri Keuangan, termasuk Kartika Wirjoatmodjo.