3 Faktor Kunci Pencapaian Marc Marquez di Tahun Ini

indotim.net (Selasa, 05 Maret 2024) – Marc Marquez akan berusaha menghidupkan kembali karier balapnya bersama tim Gresini. Mantan bintang MotoGP, Jorge Lorenzo, meyakini bahwa ada tiga faktor utama yang dapat memengaruhi performa Marquez di musim ini.

Di musim MotoGP 2024, Marc Marquez, superstar balap motor asal Spanyol, akan menunggangi Desmosedici GP23. Motor Ducati ini sebelumnya telah digunakan oleh dua pebalap top, yaitu Francesco Bagnaia dan Jorge Martin, pada musim sebelumnya.

Marquez menunjukkan performa yang menjanjikan setelah finis keempat di tes Valencia, meskipun hanya finis keenam di Sepang dengan selisih 0,6 detik dari Bagnaia. Juara dunia delapan kali ini menutup tes pramusim dengan finis keempat di tes Qatar dengan selisih hanya 0,383 detik, sekali lagi bersaing ketat dengan Bagnaia.

Sebagian pihak memprediksi Marc Marquez akan menjadi pesaing utama Pecco Bagnaia dalam perlombaan merebut gelar juara dunia MotoGP 2024. Namun, menurut Lorenzo, keberhasilan Marquez bergantung pada tiga faktor utama, yaitu adaptasi, performa motor dibandingkan dengan rival, dan kondisi lengannya.

“Well, setelah hari pertama di Valencia yang sangat impresif, semua orang mengira Marc akan memenangi semua balapan. Namun, saya tidak mengira akan seperti itu. Seperti yang sudah kita lihat di Sepang, dia menghadapi kesulitan dan saya punya beberapa pertanyaan kepada Marc,” ucap Lorenzo kepada podcast MotoGP.com.

Para penggemar MotoGP akan terus memperhatikan performa Marc Marquez sepanjang musim ini. Berikut adalah tiga faktor kunci yang dapat mempengaruhi nasib pembalap Spanyol tersebut:

Salah satunya adalah durasi waktu yang diperlukan Marquez untuk beradaptasi dengan motor Ducati. Pengamat motorsport menilai Marquez masih belum sepenuhnya memahami gaya berkendara yang dibutuhkan oleh motor baru tersebut. Perlu waktu untuknya mencapai kenyamanan maksimal, seperti yang ia lakukan dengan motor Honda seperti yang dibahas dalam percakapannya dengan Pecco.

READ  Jorge Martin Juara Sprint Race MotoGP Qatar 2024, Marquez Finish di Posisi ke-5

“Pertanyaan kedua, seberapa besar perbedaan di antara GP23 dan GP24. Seberapa besar evolusi motor Ducati dalam setahun? Jika perbedaannya cukup besar; Jorge Martin dan Pecco Bagnaia itu ‘kan bukan pebalap yang buruk, mereka itu dua pebalap terbaik dan jika mereka memakai motor yang lebih baik daripada motor Marc, yang juga tidak memiliki pengalaman dengan Ducati, ini bisa menjadi kuncinya.”

Pertanyaan ketiga berkaitan dengan kondisi fisik Marc Marquez. Apakah lengannya sudah benar-benar pulih atau masih memerlukan waktu lebih lama untuk berfungsi secara optimal, atau bahkan tidak akan pernah sama seperti sebelum cedera? “Pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh Marquez dan timnya,” ujar Jorge Lorenzo.

Kesimpulan

Marc Marquez, pembalap MotoGP asal Spanyol, akan menantang keberuntungan dalam balapan musim ini bersama tim Gresini. Tiga faktor utama yang dapat memengaruhi kinerjanya adalah adaptasi terhadap motor Ducati GP23, performa motor dibandingkan dengan rival, dan kondisi lengannya yang menjadi pertanyaan besar bagi para pengamat dan penggemar MotoGP. Kesuksesan Marquez dalam meraih gelar juara dunia MotoGP 2024 sangat bergantung pada seberapa cepat ia bisa beradaptasi dengan motor baru, sejauh mana evolusi motor Ducati dalam setahun, dan apakah kondisi fisik lengannya sudah benar-benar pulih atau masih memiliki dampak terhadap performanya di lintasan.