5 Tips Menolak Tugas Tambahan dengan Baik dan Tegas, Udah Cukup!

indotim.net (Rabu, 15 November 2023) – Setiap pegawai yang bekerja tentunya memiliki tugas dan kewajiban masing-masing dalam melakukan pekerjaannya. Namun, tak jarang ada sesama pegawai yang dengan mudah melimpahkan pekerjaan kepada rekan kerjanya.

Sebenarnya, kamu memiliki hak untuk menolak limpahan pekerjaan tersebut jika dirasakan sudah memberatkan. Alih-alih merasa tidak enak dengan rekan kerja, sebaiknya kamu belajar untuk menolak limpahan pekerjaan dengan beberapa tips berikut ini.

1. Pahami batasanmu terlebih dahulu

ilustrasi berkonflik (pexels.com/Yan Krukau)

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami batasanmu saat ini. Setiap orang pasti memiliki batasan dalam bekerja, sehingga jika dipaksakan akan berdampak pada kekacauan dalam pekerjaan dan keadaan mental.

Minimalnya, dengan memahami batasan dirimu, kamu dapat menilai apakah masih mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut atau tidak. Jangan sampai kamu mengabaikan pemahaman tentang batasan diri dan terus memaksakan diri untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak sanggup. Kamu bisa membaca artikel mengenai Educate Me untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang menghargai batasan diri. Selain itu, kamu juga bisa menjaga keseimbangan karier dan kehidupan pribadi dengan membaca artikel tentang Career.

2. Berani menolak jika sudah melebihi kapasitasmu

ilustrasi berkonflik (pexels.com/Mikhail Nilov)

Banyak orang merasa tidak enak menolak limpahan pekerjaan, padahal kamu berhak menolak jika pekerjaan sudah melebihi kapasitasmu. Kamu harus berani menolak dan mengutarakan alasan tidak dapat mengambil limpahan pekerjaan tersebut. Dengan mengutarakan penolakanmu, rekan kerja atau pihak perusahaan akan memahami posismu saat ini.

Tidak hanya menolak, kamu juga bisa menawarkan solusi lain yang dapat membantu rekan kerjamu menyelesaikan sisa-sisa pekerjaan. Bangun komunikasi positif dengan rekan kerja agar dapat mencari solusi bersama.

READ  TKN Ungkap Grassroot-nya Mesra, Koalisi Anies-Ganjar Lebih Dekat dengan 02

4. Sampaikan penolakan dengan sopan

ilustrasi bekerjaSatu hal yang perlu kamu ingat dalam menyampaikan penolakan atas limpahan pekerjaan adalah dengan cara yang sopan. Hal ini karena banyak orang yang kerap kali mengabaikan aspek kesopanan dalam menolak pekerjaan, sehingga dilakukan dengan cara-cara yang cenderung ketus dan judes.

Satu hal yang perlu kamu ingat dalam menyampaikan penolakan atas limpahan pekerjaan adalah dengan cara yang sopan. Hal ini karena banyak orang yang kerap kali mengabaikan aspek kesopanan dalam menolak pekerjaan, sehingga dilakukan dengan cara-cara yang cenderung ketus dan judes.

Sebetulnya tidak sulit untuk menolak pekerjaan dengan cara yang lebih lembut tanpa menyakiti perasaan siapa pun. Namun, jika hal ini abai untuk kamu perhatikan, maka wajar rasanya jika rekan kerja akan merasa tersinggung dengan sikapmu tersebut.

5. Buang jauh-jauh pikiran negatif

ilustrasi bekerja

Banyak pegawai yang sering kali tidak bisa menolak limpahan pekerjaan karena memang selalu merasa tidak enakkan dengan rekan-rekan kerja yang lain. Hal ini bisa dipahami apabila kamu merasakan situasi yang sama, sebab pasti rasanya tidak akan nyaman dalam posisi yang seperti itu.

Kamu mungkin perlu belajar bagaimana caranya membuang jauh-jauh pikiran negatif yang dimiliki karena hal tersebut ternyata bisa membebankan dirimu sendiri. Setidaknya dengan pikiran negatif yang berhasil kamu buang jauh-jauh, maka hal ini akan membantumu untuk lebih berani dalam menolak limpahan pekerjaan yang ada. Yuk, baca artikel menarik mengenai manfaat pupuk Desthin bagi tanaman dan juga dapatkan informasi tentang jenis-jenis pupuk organik terbaik untuk tanaman cabai.

Pada kenyataannya memang menolak limpahan pekerjaan merupakan hak yang kamu miliki. Kamu bisa menolak jika memang kamu merasa keberatan dengan hal tersebut, apalagi jika sampai membebanimu. Jangan sampai membebani diri karena rasa tidak enakkan dengan rekan kerja!

READ  10 Kejadian Hujan Meteor Epik yang Terjadi Sepanjang Tahun 2024

Kesimpulan

Setiap pegawai perlu memahami batasan diri dan berani menolak tugas tambahan yang melebihi kapasitasnya. Dalam menolak tugas, penting untuk menyampaikannya dengan sopan dan menghindari pikiran negatif. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, pegawai dapat menolak tugas tambahan dengan baik dan tegas tanpa harus merasa tidak enak dengan rekan kerja.